Menuju Tegaknya Khilafah dan Syariat Islam (6)



Posting ini berawal dari tulisan di salah satu kolom di blog aku yang isinya dimungkinkan mengalami revisi setiap kali diperlukan.



Dan orang-orang yang beriman, lelaki dan perempuan, sebahagian mereka (adalah) menjadi penolong bagi sebahagian yang lain. Mereka menyuruh (mengerjakan) yang ma'ruf, mencegah dari yang munkar, mendirikan shalat, menunaikan zakat dan mereka taat pada Allah dan Rasul-Nya. Mereka itu akan diberi rahmat oleh Allah; sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana. [Q.S. At Taubah (9): 71]

Di hari Sabtu, 13.12.2014 -> 20 Shafar 1436 H, aku menerima surat dengan pengirim atas nama Zhahir Ahmad Zakariyya dari Kal Sel. Ia mengungkapkan beberapa hal dan menasehatkan aku yang intinya mengenai saran untuk tidak mencintai non Muslim. Ia juga mengingatkan aku mengenai ayat Al Qur’an Q.S. At Taubah (9): 71 yang terjemahannya tertulis di atas.


33. Sebaik-baik kamu adalah yang terbaik terhadap keluarganya, dan aku adalah yang terbaik dari kamu terhadap keluargaku. Orang yang memuliakan kaum wanita adalah orang yang mulia, dan orang yang menghina kaum wanita adalah orang yang tidak tahu budi. (HR. Abu 'Asaakir) [Dr. Muhammad Faiz Almath, "1100 Hadits Terpilih: Sinar Ajaran Muhammad", hal.233.]

  
Seiring berjalannya waktu, teman aku ini telah beberapa kali mengirimkan surat, hanya saja, maaf, sejauh ini aku tidak dapat membalasnya langsung dengan cara bersurat. Aku ucapkan terima kasih atas kepedulian dan do’a yang baik dari Z. Ahmad Zakariyya kepada aku sebagai teman, terutama sebagai sesama Muslim. Aamiin ya rabbal’alamin. Syukron. Jazakallah khoiron.
Wallahu'alam.

15.12.2014 -> 22 Shafar 1436 H
Revisi:
15.12.2014 -> 23 Shafar 1436 H
2324.12.2014 -> 0102 Robiul Awal 1436 H
26.12.2015 -> 14 Robiul Awal 1437 H



Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebahagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar). [Q.S. Ar Ruum (30): 41]
Innalillahi wa inna ilaihi rojiun. Turut prihatin atas bencana yang terjadi di beberapa wilayah di Indonesia seperti longsor di Banjarnegara, dan banjir di beberapa tempat di Bandung. Aku merasa aku yang masih banyak melakukan dosa dan maksiat, ikut memberikan sumbangsih untuk timbulnya bencana yang terjadi di Indonesia. Semoga Allah melimpahkan maghfirah kepada aku dan kaum Muslimin. Aamiin.
Wallahu’alam.
23.12.2014 -> 01 Robiul Awal 1436 H
Revisi:
24.12.2014 -> 02 Robiul Awal 1436 H
1119.01.2015 -> 2028 Robiul Awal 1436 H



Innalillahi wa inna illaihi rojiun. Ada banyak hal yang ada di pikiran aku, diantaranya:

Selama beberapa waktu belakangan aku liat berita mengenai kasus PT Berkah, Cipta TPI, Harry Tanoesodibjo dan Siti Hardiyanti Rukmana. Aku prihatin atas terjadinya kasus tersebut, I feel upset cuz I can do nothing, aku ngga tau gimana hukum Islam untuk kasus tersebut dan kasus-kasus sejenis. Yang pasti aku harap, pihak yang memenangkan perkara tidak memberatkan pihak yang kalah, terlebih sepertinya dulu anda-anda bekerja sama dan saling tolong menolong.
Semoga Allah mengaruniakan kepada para non Muslim terkait kasus ini hidayah iman Islam. Semoga Allah mengaruniakan kepada para Muslim terkait kasus ini taufiq dan hidayah untuk bertaqwa. Aamiin.

dan apabila aku sakit, Dialah Yang menyembuhkan aku, Q.S. As syu’araa (26): 80
Mba Ria Irawan yang sedang sakit. Mba Ria ini beda banget sama aku yang jika sakit aku biasanya nampak lesu, tidak bersemangat dan manja, Mba Ria meskipun sakit tetap terlihat tegar dan semangat, salut. Mudah-mudahan sakit yang diderita menjadi kifarat atas dosa-dosa. Semoga Allah memberikan kesembuhan dan kekuatan. Syukron telah mengenakan hijab, mudah-mudahan dapat berhijab syar’i kemudian istiqomah. Aamiin.
Wenda Tan yang juga sedang sakit. Semoga Allah memberikan kesembuhan. Menurut hemat aku, jika sakit tidak perlu mengganti nama. Mengganti nama dapat dilakukan jika non Muslim masuk Islam dan bermaksud mengganti namanya dengan nama Islami, atau jika Muslim yang namanya tidak/belum Islami mengganti nama dengan nama yang Islami, nama yang syar’i. 
Anw, Ruben, suami Wenda, sering membuat naskah/ cerita untuk film-film Islami? Jika ia, aku ucapkan terima kasih untuk keikutseraannya dalam pembuatan film-film Islami. Semoga film-film dapat dibuat sesuai syariat Islam. Semoga Allah mengaruniakan kepada Wenda dan Ruben hidayah iman Islam. Aamiin.

“Orang-orang Islam itu sepadan jiwanya dan yang lebih rendah dari mereka menanggung janji mereka. Dan mereka adalah satu tangan dalam menghadapi orang-orang selain mereka.” Bidayatul Mujtahid Jilid 5, Hal 141.
…, yakni sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Al Hasan dari Samurah bin Jundab bahwa Nabi Saw. bersabda:
“Barangsiapa membunuh hambanya, maka kami kenakan hukuman mati atasnya karena dia.” Ibid, Hal 141-142.
Kasus pembunuhan dan penganiayaan terhadap beberapa asisten rumah tangga di Medan. Innalillahi wa inna ilaihi rojiun, turut berduka untuk para korban maupun keluarga korban pembunuhan maupun penganiayaan tersebut.
-> Anw Abi aku pernah bilang hal yang intinya: Orang yang lebih jahat adalah orang yang mengetahui adanya kejahatan tetapi membiarkan atau tidak melaporkan kejahatan tersebut. -> Terlebih dalam kasus pembunuhan.
Terdapat dua pendapat untuk hukum Islam bagi majikan yang membunuh budak/ hamba/ pekerja yakni: 1. majikan tidak dikenai qishah
2. majikan dikenai hukuman mati, dikenai qishash.
Terdapat pula ketentuan hukum Islam untuk kasus pembunuhan terhadap perempuan yakni:
1. laki-laki tidak dihukum mati karena membunuh perempuan;
2. laki-laki dihukum mati karena membunuh perempuan namun pihak keluarga perempuan diharuskan membayar separuh diyat kepada pihak laki-laki (keluarga pembunuh)
3. laki-laki dihukum mati karena membunuh perempuan.
Namun demikian, aku berpegang pada hadits yang terjemahannya tertera di atas yakni mengenai hukum mati untuk pembunuhan yang dilakukan seorang Muslim terhadap Muslim. Terlebih pembunuhan dilakukan bukan hanya sekali, terdapat beberapa korban jiwa. Untuk kasus pembunuhan seperti demikian, sesuai syariat Islam, bisa jadi, seluruh anggota keluarga, yang telah baligh, yang terlibat dalam pembunuhan dihukum mati.
Wallahu’alam.
23.12.2014 -> 01 Robiul Awal 1436 H
Revisi:
2324.12.2014 -> 02 Robiul Awal 1436 H
111617.01.2015 -> 202526 Robiul Awal 1436 H
16.02.2015 -> 2627 Robiul Akhir 1436 H.



846. Dari Abu Qotadah ra, dia berkata: “Nabi saw bersabda: “Mimpi yang benar –dalam riwayat: ”mimpi yang baik”- adalah dari Allah, dan mimpi (jelek) dari setan, maka barangsiapa bermimpi tentang sesuatu yang ia benci hendaknya ia meniup kesamping kirinya tiga kali, dan berlindung kepada Allah dari setan, karena itu tidak akan membahayakannya.” (HR. Bukhari – Muslim) Bidayatul Mujtahid Jilid 2, Hal 114.
Mimpi yang buruk dan keliru datang melalui setan, sedangkan mimpi yang baik dan benar datang dari Allah.
Buat kamu “si perancang busana*”: Beberapa hari lalu aku mimpiin kamu, kamu sedih dan murung. Jadi pengen bilang “Kamu kenapa?”
*Semoga Allah mengaruniakan kamu hidayah iman Islam. Aamiin.
Anw aku lupa, apa saat mimpi itu, aku melaksanakan anjuran Rasulullah: meniup ke samping kiri 3 kali? Astaghfirullah.
Berikut ini bukan mimpi, tapi kenyataan:
Anw should I tell you that beberapa waktu belakangan aku nelfon BNN dan nelfonin Balai Besar Rehabilitasi BNN, bertanya perihal “si aktor*”?
*Semoga Allah mengaruniakan kamu hidayah iman Islam. Aamiin.

Oia aku juga sempat bertanya mengenai “sang pelawak” yang merupakan seorang Muslim, kami sesama Muslim.
Aku sempet nangis waktu pertama nelfon Babes Rehab BNN, soalnya aku inget waktu “sang aktor sekaligus host ternama” masuk BNN, aku cuek aja, paling cuma nontonin dia di tv, padahal, walaupun dia ngga kenal aku, aktor sekaligus host ternama tersbut pernah aku liat langsung terlebih kami sesama Muslim. Feeling guilty, semestinya saat itu ada yang bisa aku lakukan seperti misalkan menasehati atau minimal mendoakan. Untuk kekeliruan yang aku maksud kepada “sang aktor sekaligus host ternama”: maafin aku ya.
Semoga Allah mengaruniakan kepada aku, “sang pelawak”, “sang aktor sekaligus host ternama”, dan kaum Muslimin taufiq dan hidayah untuk bertaqwa. Aamiin.
->Terpikir, saat aku nelfon sepertinya ada yang aneh dengan nada tunggu telfon BNN? Baiknya nada tunggunya lagu nasyid atau lagu sesuai syariat Islam. Kepada Mba Desla di BNN, makasi ya udah respons telfon aku.
Anw aku sempet emosi jiwa waktu nelfonin nomor-nomor yang “mengaku” maupun yang diduga nomor Babes Rehab BNN, karena ada beberapa no yang tersambung tapi tidak diangkat. Aku sempet marah-marah sendiri kalo ngga salah pake basa Sunda, jika dalam bahasa Indonesia seperti ini: ‘Pelayanan publik, jam kerja, bukan di saat libur’ “Kalo punya telepon ngga diangkat-angkat udah aja ngga usah punya telepon.” atau menurut salah satu sepupu aku yang sempat menyimak cerita aku “Ngga usah cantumin no telepon”. Astagfirullah, maaf. Tapi akhirnya ada juga no yang dapat dihubungi dan memberikan respons yang baik. Alhamdulillah. Kepada Pa Agus di Babes Rehab BNN, makasi udah respons telfon aku, menjawab pertanyaan dan pernyataan aku yang aga cerewet, maaf jika ada penyampaian aku yang belum sesuai syariat Islam. Syukron.
Untuk diingat: Hukum Islam untuk konsumsi khamr, juga narkotika adalah hukum dera/cambuk.
1805. Dari Saib bin Yazid r.a. katanya: Di masa Rasulullah saw. Dibawa kepada kami orang yang meminum minuman yang memabuk dan di masa pemerintahan Abu Bakar dan permulaan pemerintahan Umar. Kami berdiri memukul orang itu dengan tangan, terompah dan mantel kami. Tetapi di akhir pemerintahan Umar, dipukulnya orang minum itu empat puluh kali. Dan setelah melampaui batas dan bertambah jahatnya dipukulnya delapan puluh kali. Sahih Bukhari IV Hal. 94.
Semoga Allah meridhai kaum Muslimin di dunia dan di akhirat. Aamiin.
Wallahu’alam.
23.12.2014 -> 01 Robiul Awal 1436 H
Revisi:
2324.12.2014 -> 02 Robiul Awal 1436 H
08.01.2015 -> 17 Robiul Awal 1436 H
11.01.2015 -> 20 Robiul Awal 1436 H



1.Tunaikanlah amanat terhadap orang yang mengamanatimu dan janganlah berkhianat terhadap orang yang mengkhianatimu. (HR. Ahmad dan Abu Dawud) 1100 Hadits Terpilih: Sinar Ajaran Muhammad. Hal: 192.

27.12.2014 -> Sabtu, 05 Robiul Awal 1436 H, aku minta tolong adik untuk membeli dua jenis sayur mayur di warung sayur dekat rumah,  untuk saudara aku yang sedang sakit. Ternyata kami kehabisan sayur yang dimaksud, akhirnya aku dan adik memutuskan untuk membeli sayur yang dimaksud di supermarket dengan mengendarai motor. Kami pergi ke Giant supermarket, dahulu Hero, atau sekarang Sukabumi Indah Plaza. Di Giant, kami mendapatkan salah satu jenis sayur yang aku maksud (wortel), untuk mencari salah satu jenis sayur lainnya kami berjalan kaki dari Giant ke Yogya department store, dan di dept. store itu kami mendapatakan salah jenis sayur yang kami maksud (bayam hijau). Alhamdulillah.

->Maaf, ada beberapa item yang dibeli saat itu yang tidak disebutkan dalam tulisan ini.
Kami kembali ke Giant, setelah kami selesai dengan berbagai keperluan kami, kami bermaksud untuk pulang. Ketika kami di parkiran, adik aku menyadari kunci motornya hilang. Setelah melakukan recalling, sepertinya sebelumnya adik aku lupa mencabut kunci setelah ia menaruh sesuatu pada bagian belakang motor. Aku pun lalai tidak memeriksa atau mengingatkan adik aku. Akhirnya adik aku berinisiatif menanyakan kepada orang yang merupakan staff juru parkir Giant. Ternyata benar saja, juru parkir telah membantu kami dengan mengamankan kunci motor. Alhamdululillah, Allah menolong dan melindungi kami melalui perantara juru parkir yang amanah.

Kepada pihak juru parkir Giant/ Sukabumi Indah Plaza (SIP), kami ucapkan terima kasih banyak. Kepada A Gugun, juru parkir yang telah mengamankan kunci motor milik adik aku, kami ucapkan syukron jiddan, jazakallah khoiron.

->Aku melihat beberapa juru parkir yang sepertinya berasal dari wilayah Indonesia bagian Timur. Jika mereka non Muslim, aku berdo’a semoga Allah mengaruniakan kepada mereka hidayah iman Islam. Aamiin.

Semoga Allah meridhai kaum Muslimin di dunia dan di akhirat. Aamiin.

Wallahu’alam.

08.01.2015 -> 1718 Robiul Awal 1436 H
Revisi:
080916.01.2015 -> 171825 Robiul Awal 1436 H



Dan Yang menciptakan semua yang berpasang-pasangan dan menjadikan untukmu kapal dan binatang ternak yang kamu tunggangi. Supaya kamu duduk di atas punggungnya kemudian kamu ingat nikmat Tuhanmu apabila kamu telah duduk di atasnya; dan supaya kamu mengucapkan: "Maha Suci Tuhan yang telah menundukkan semua ini bagi kami padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya, dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami". [Q.S. Az Zukhruf (43): 12-14]

Terkait musibah kecelakaan alat transportasi. Aku aga ngga enak hati karena ketika ada kapal laut kecelakaan, misalnya kapal Oryong 501 yang berisikan para TKI tenggelam, aku sama sekali tidak memberikan statement apa pun. Sedangkan ketika pesawat kecelakaan, misalnya MH 17 jatuh, yang mungkin penumpangnya adalah para eksekutif, aku memberikan ucapan  turut berbela sungkawa.

Aku turut prihatin dan berduka cita atas berbagai musibah kecelakaan alat transportasi, termasuk kapal Oryong 501 dan pesawat Air Asia QZ 8501. Semoga Allah mengampuni dosa-dosa para korban yang beragama Islam dan menerima iman Islam mereka. Semoga keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan dan kesabaran. Semoga Allah mengaruniakan kepada para keluarga korban yang beragama non Islam hidayah iman Islam. Semoga Allah mengaruniakan kepada aku dan para keluarga korban yang beragama Islam taufiq dan hidayah untuk bertaqwa kepada Allah. Aamiin.

Sehubungan dengan berita kecelakaan Air Asia QZ 8501, aku menyesal karena sebelumnya tidak mengungkapkan keprihatinan terhadap seorang remaja perempuan non Muslim yang dikabarkan kehilangan seluruh anggota keluarga intinya, semoga Allah mengaruniakan hidayah iman Islam kepada anak perempuan tersebut. Kemudian, aku pun prihatin terhadap seorang balita, yang sepertinya dari keluarga Muslim, yang kehilangan ibu dan kakaknya, semoga Allah menjadikan anak balita tersebut sebagai anak shaleha. Selain itu, menyaksikan para keluarga korban terlebih yang tua renta membuat hati iba. Do'a yang sama seperti do'a sebelumya untuk para keluarga korban.

Paragraf ini aku perbaiki sbb: Sehubungan dengan musibah kecelakaan yang menimpa berbagai alat transportasi, pertama-tama seyogianya berbagai pihak lebih berhati-hati dan meningkatkan keamanan berkendara; kemudian diharapkan tidak ada manusia yang jahat misalnya melakukan sabotase, kecuali dalam kondisi perang di jalan Allah. Terlebih lagi, yang utama, khususnya kepada kaum Muslimin sepatutnya kita memperbanyak berdoa kepada Allah swt, memohon kebaikan dan keselamatan dunia akhirat. -> Jika ditakdirkan meninggal, semoga Allah mematikan kita dalam keadaan khusnul khotimah, dalam keadaan Islam.
Aku sekedar memberi masukan, baiknya setiap penumpang alat transportasi misalnya kapal laut dan pesawat terbang diberi gelang yang merupakan gelang identitas yang dipakai saat menjelang keberangkatan dan baru boleh dilepaskan jika telah mencapai tempat tujuan dengan menggunakan alat transportasi yang dimaksud. Dalam Islam, pria memang sebaiknya tidak mengenakan gelang, hanya dalam kondisi terpaksa dan untuk waktu yang sementara dalam perjalanan, bukan untuk perhiasan, mudah-mudahan mengenakan gelang identitas tidak mengapa. -> Gelang identitas seperti gelang untuk jemaah haji.
Cukup satu gelang yang dimiliki penumpang, gelang tersebut dapat digunakan untuk beberapa jenis alat transportasi misalnya alat transportasi  laut dan udara. Gelang tersebut tidak boleh digunakan oleh orang lain selain pemilik identitas; serta tidak boleh hilang, jika hilang maka pemilik gelang/ wali dari pemilik gelang wajib melaporkan pada pihak berwajib, kemudian pemilik/ wali dari pemilik gelang dikenai biaya untuk membuat “gelang identitas” baru.
Gelang dirancang sedemikian rupa: tidak terbuat dari emas, diberi nama sesuai nama pemilik identitas, untuk pria gelang identitas dibuat dengan model maskulin sedangkan untuk wanita gelang identitas dibuat dengan model feminin, gelang dibuat agar dapat bertahan dalam air, atau cuaca sangat dingin maupun sangat panas. Gelang ini berfungsi jika apabila terjadi kecelakaan, selama kecelakaan tidak membuat jasad hancur lebur (jasad tetap utuh), mudah-mudahan gelang tersebut menjadi alat yang akan memudahkan proses identifikasi korban. Semakin cepat korban terindentifikasi adalah semakin baik, berdasarkan syariat Islam, baiknya jenazah segera dikuburkan. Bagi umat Islam, jenazah dikuburkan secara syar’i.
Untuk para awak alat transportasi, mereka tidak perlu mengenakan gelang, tapi seperti yang sudah berlangsung saat ini: mengenakan seragam dengan mencantumkan identitas, seragam sepatutnya dibuat sesuai syariat Islam.

Khususnya untuk musibah Air Asia QZ 8501: Kepada berbagai pihak seperti TNI AL, Basarnas, nelayan juga pihak-pihak dari berbagai negara seperti Cina, Jepang, dan Amerika yang telah bekerja keras dalam melakukan evakuasi jasad para korban maupun bangkai pesawat, dan pihak yang juga telah bekerja keras dalam melakukan identifikasi terhadap jasad para korban: POLRI dan tim DVI, serta seluruh pihak yang membantu penanganan musibah ini, aku ucapkan terima kasih.

->Hanya saja, aku menyaksikan tayangan ada pakaian tim yang melakukan evakuasi  tidak menutupi aurat, celan terlalu pendek. Namun ada pula tim yang telah berusaha berpakaian Islami, syukron aku ucapkan kepada para anggota tim yang telah berusaha berpakaian Islami. Aku sarankan agar setiap pakaian dapat dibuat sesuai syariat Islam, syar’i. Semoga Allah mengaruniakan kepada seluruh tim evakuasi dan pihak-pihak terkait yang beragama non Islam hidayah iman Islam. Semoga Allah mengaruniakan kepada aku dan seluruh tim evakuasi dan pihak-pihak terkait yang beragama Islam taufiq dan hidayah untuk bertaqwa kepada Allah. Aamiin.

Ingat untuk berdo’a kepada Allah sebelum menaiki kendaraan/ atau alat transportasi, minimal membaca Basmallah, doa naik kendaraan sesuai syariat Islam terdapat dalam surah Az Zukhruf ayat 13-14.

Semoga Allah meridhai kaum Muslimin di dunia dan di akhirat. Aamiin.

Wallahu’alam.

08.01.2015 -> 17 Robiul Awal 1436 H
Revisi:
0809.01.2015 -> 1718 Robiul Awal 1436 H
11161719.01.2015 -> 20252628 Robiul Awal 1436 H
16.02.2015 -> 27 Robiul Akhir 1436 H



Aku suka lagu “Sakura”, bagus, enak didenger. Sangat disayangkan pengarang lagunya terlibat kasus narkoba. Turut prihatin.
Sekedar mengingatkan kembali mengenai hukum Islam untuk konsumsi khamr juga narkotika adalah hukum dera/cambuk.
Semoga Allah mengaruniakan taufiq dan hidayah kepada aku, “sang pengarang lagu” dan kaum Muslimin untuk bertaqwa. Aamiin.

Wallahu’alam.
11.01.2015 -> 20 Robiul Awal 1436 H
Revisi:
17.01.2015 -> 26 Robiul Awal 1436 H




Sesungguhnya pembalasan terhadap orang-orang yang memerangi Allah dan Rasul-Nya dan membuat kerusakan di muka bumi, hanyalah mereka dibunuh atau disalib, atau dipotong tangan dan kaki mereka dengan bertimbal balik[414], atau dibuang dari negeri (tempat kediamannya). Yang demikian itu (sebagai) suatu penghinaan untuk mereka di dunia, dan di akhirat mereka beroleh siksaan yang besar, kecuali orang-orang yang taubat (di antara mereka) sebelum kamu dapat menguasai (menangkap) mereka; maka ketahuilah bahwasanya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. [Al Maa’idah (5): 33-34]
[414]. Maksudnya ialah: memotong tangan kanan dan kaki kiri; dan kalau melakukan lagi maka dipotong tangan kiri dan kaki kanan.
Terkait berita putusan pengadilan yang disetujui presiden dan ditindaklanjuti oleh kejaksaan agung mengenai pelaksanaan hukum mati terhadap produsen dan pengedar narkotika yang, insya Allah, akan dilaksanakan pada Ahad, 18.01.2015 (27 Robiul Awal 1436 H): Menurut pendapat aku, sesuai syariat Islam, hukuman mati tersebut memang dimungkinkan untuk dijatuhkan kepada para terpidana pria produsen maupun pengedar narkoba jika mereka bukan Muslim. Kecuali jika mereka mau masuk dan memeluk Islam, mungkin hukuman mati bisa dibatalkan.

Jika terpidana pria adalah seorang Muslim, maka hukuman mati ada baiknya ditinjau kembali karena jika kasusnya tidak terlalu berat dan baru sekali melakukan kesalahan, maka hukuman yang dimungkinkan sesuai syariat Islam adalah hukuman potong tangan dan kaki (masih memberikan hak hidup) atau pengasingan. Terlebih hukuman mati tersebut sepatutnya tidak dijatuhkan kepada terpidana wanita yang merupakan kurir narkoba, RA, seorang Muslimah. Terpidana wanita tersebut, sepatutnya hanya dihukum dengan hukuman pengasingan.

Setelah eksekusi dilakukan:
Innalillahi wa innailaiahi rojiun.

Setelah eksekusi terjadi, aku baru ngeh ada terpidana mati wanita non Muslim.

Aku memberi saran kepada pemerintah untuk meringankan hukuman, agar hukuman mati tidak dilaksanakan kepada terpidana Muslim yang aku maksud tapi menggantikan dengan hukuman lain, yang masih memberikan hak hidup, sesuai syariat Islam atas pertimbangan terjemah hadits berikut:
19. Hindarkanlah tindakan hukuman terhadap seorang Muslim sedapat mungkin karena sesungguhnya lebih baik penguasa bertindak salah karena membebaskannya daripada salah karena menjatuhkan hukuman. (HR. Attirmidzi dan Al Baihaqi) 1100 Hadits Terpilih: Sinar Ajaran Muhammad. Hal: 175.
Sangat disayangkan, ternyata eksekusi terhadap terpidana Muslim tetap dilaksanakan. Semoga Allah melimpahkan maghfirah dan rahmat-Nya kepada terpidana mati yang beragama Islam, semoga Allah menerima iman Islam mereka. Aamiin.
Anw berdasarkan berita, ada dua negara non Muslim yang marah karena ada warga negara mereka  yang merupakan para terpidana narkotika, non Muslim, dieksekusi mati. Pa Presiden R.I. dan jajarannya, sabar ya. Tetap teguh dalam menegakkan hukuman sesuai syariat Islam.
->Untuk berbagai hal dan hukum yang belum sesuai syariat Islam, semoga kelak Allah mengubah berbagai aspek yang belum sesuai syariat Islam agar menjadi sesuai syariat Islam. Aamiin.

Catatan:

Berdasarkan berita aku menarik simpulan bahwa nampaknya masih banyak eksekutor yang belum kuat jiwanya/ mentalnya untuk melakukan eksekusi mati sampai musti ada 7 orang eksekutor padahal yang senjatanya berisi selongsong peluru yang mematikan hanya 1 orang. Bagi aku hal seperti ini upaya menipu diri sendiri dan juga orang lain. Mungkin untuk bisa mengeksekusi meskipun seorang diri musti belajar kekuatan mental untuk membunuh sama KOPASSUS atau belajar kepada para pasukan/algojo Islamic State, belajar kekuatan mental untuk membunuh meskipun seorang diri di jalan Allah. -> Disamping berlatih juga berdo’a memohon kepada Allah agar diberi kekuatan untuk menegakkan syariat Islam, termasuk memohon kepada Allah agar diberi kekuatan untuk dapat membunuh berdasarkan Al Qur’an dan As sunnah, membunuh sesuai syariat Islam.

->Aku pernah membaca pendapat seorang ulama yang intinya bahwa hukuman mati boleh dilakukan dengan cara menembak menggunakan senapan dengan peluru tajam, hanya menurut pendapat aku lebih baik jika mengeksekusi dengan cara memenggal kepala, menggunakan pedang. Hal ini dikarenakan mengeksekusi menggunakan pedang adalah sesuai As Sunnah. Pertimbangan lainnya adalah dengan menggunkan pedang diharapkan dapat lebih mengasah kekuatan/ketahan jiwa dan keberanian para eksekutor; lalu agar lebih efisien, tidak perlu mengeluarkan proyektil dari jenazah yang telah dieksekusi, hanya perlu merapikan posisi kepala dan tubuh secara syar’i.

Semoga Allah meridhai kaum Muslimin di dunia dan di akhirat. Aamiin.

Wallahu’alam.
17.01.2015 -> 26 Robiul Awal 1436 H
Revisi:
171819.01.2015 -> 2728 Robiul Awal 1436 H


Source:
Televisi: tv one, Global, MNC, Metro tv, Trans7, RCTI, TVRI
Internet: Google, Merdeka.com, Republika Online
Koran: Pikiran Rakyat
09.01.2015 -> 18 Robiul Awal 1436 H
Revisi:
1719.01.2015 -> 262728 Robiul Awal 1436 H 
2426.12.2015 -> 1214 Robiul Awal 1437 H

Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah utusan Allah.


0 komentar: