Muhammad Ibrahim


Apakah akan Aku beritakan kepadamu, kepada siapa syaitan- syaitan itu turun? Mereka turun kepada tiap-tiap pendusta lagi yang banyak dosa, mereka menghadapkan pendengaran (kepada syaitan) itu, dan kebanyakan mereka adalah orang-orang pendusta. Dan penyair-penyair itu diikuti oleh orang-orang yang sesat. Tidakkah kamu melihat bahwasanya mereka mengembara di tiap- tiap lembah[1089], dan bahwasanya mereka suka mengatakan apa yang mereka sendiri tidak mengerjakan(nya)? kecuali orang-orang (penyair-penyair) yang beriman dan beramal saleh dan banyak menyebut Allah dan mendapat kemenangan sesudah menderita kezaliman. Dan orang-orang yang zalim itu kelak akan mengetahui ke tempat mana mereka akan kembali. QS: As Syu’araa (26): 221-227
[1089]. Yang dimaksud dengan ayat ini ialah bahwa sebagian penyair-penyair itu suka mempermainkan kata-kata dan tidak mempunyai tujuan yang baik yang tertentu dan tidak punya pendirian.

Tulisan kali ini mengenai aktor bernama  Muhammad Ibrahim atau dikenal dengan Baim Wong. Aku dulu sempet cukup suka sama aktor ini soalnya good looking, oriental look, abis gitu suaranya lucu, cempreng tapi bikin terngiang-ngiang. Aku suka sama Baim tapi ga sampe bikin aku kumpulin foto-foto dia atau nonton setiap sinetronnya, masih taraf suka biasa. Eh, tapi aku pernah simpen satu majalah Muslim yang covernya Baim Wong dan Dude Harlino, selama beberapa waktu. Aku simpen majalah tersebut mungkin karena ada profil dua aktor yang aku suka kemudian ada artikel Islami yang menarik. Aku belum pernah ketemu Baim, namun demikian ada beberapa hal yang ingin aku sampaikan mengenai Baim, berupa pendapat, saran dan permohonan maaf aku kepada Baim.
Di tulisan ini akan ada kata-kata seperti: keturunan China, Tionghoa, orang China, atau China maksud intinya orang berdarah China. 

è AGAMA

Sesungguhnya agama (yang diridhai) disisi Allah hanyalah Islam. Tiada berselisih orang-orang yang telah diberi Al Kitab[189] kecuali sesudah datang pengetahuan kepada mereka, karena kedengkian (yang ada) di antara mereka. Barangsiapa yang kafir terhadap ayat-ayat Allah maka sesungguhnya Allah sangat cepat hisab-Nya. Ali Imraan (3): 19
[189]. Maksudnya ialah Kitab-Kitab yang diturunkan sebelum Al Quran.

Yang pertama-tama akan aku sampaikan adalah mengenai agama. Waktu awal-awal, aku sudah mengira bahwa Baim merupakan seorang keturunan China (Tionghoa), dari wajah dan dari nama tenarnya tercermin demikian. Pas belum tau nama aslinya, aku sempet bertanya-tanya mengenai agamanya, kebanyakan orang Tionghoa kan non-Muslim, dari dulu aku aga-aga gimana gitu kalo tau ada orang China apalagi cakep terus agamanya bukan Islam, tapi untungnya Baim beragama Islam, ia seorang Muslim. ‘Terima kasih ya Allah, Baim Wong agamanya Islam’. Alhamdulillah.


è NAMA

Abu Daud meriwayatkan dengan sanad hasan dari Abi ‘d-Darda’ ra. Ia mengatakan bahwa Rasulullah saw bersabda:

Sesungguhnya pada hari kiamat nanti kamu sekalian akan dipanggil dengan nama-nama kamu sekalian dan nama-nama bapak-bapak kamu sekalian. Oleh karena itu, buatlah nama-nama yang baik untuk kamu sekalian. [Pedoman Pendidikan Anak dalam Islam Jilid 1. P. 65]

Abu Daud dan An-Nasa’I meriwayatkan dari Abu Wahab Al Jasyimi ra. Ia mengatakan bahwa Rasulullah saw. pernah bersabda:

Ambillah nama-nama kamu sekalian dari nama para Nabi, nama-nama yang paling disukai Allah adalah Abdu’l-Lah dan Abdu ‘r-Rahman. Nama-nama yang paling benar adalah Harits dan Hammam,. Sedangkan yang paling jelek adalah Harb (perang) dan Murrah (pahit). Ibid.

Menurut pendapat aku nama Baim, Muhammad Ibrahim, itu perfect, sesuai sunnah. Terjemah hadits mengenai nama tercantum di atas. Jadi jika nama Baim digandeng dengan nama ayahnya maka menjadi Muhammad Ibrahim bin Johnny Wong. -> Nama depan ayah Baim sama ya sama nama depan mendiang ayah “seseorang”. Ayahnya Baim kan Muslim, mualaf, jadi bagusnya ganti nama pake nama Islam. Kalo nama Muhammad Ibrahim, diambil dari nama-nama nabi, Muhammad merupakan nabi dan rasul terakhir dan Ibrahim adalah nabi yang dijuluki sebagai “bapakanya para nabi”. Dengan demikian, ayahnya Baim bagusnya namanya Muhammad Adam, nama Muhammad adalah nama nabi seperti yang dijelaskan sebelumnya, sedangkan nama Adam adalah nama nabi yang dikenal sebagai “bapakanya umat manusia”.

->Aku pernah protes nama panggilan “seseorang” karena aku anggap seperti anak kecil tapi untuk panggilan Baim, sepertinya aku ga protes, aku setuju aja. Menyebut nama Baim, teringat artis cilik dan pemain musik.

->Berhubung Baim Wong seorang Muslim, dan dia lebih tua dari aku, beserta dia memiliki darah Sunda, maka kalo untuk sapaan mungkin aku akan memanggil dia bukan dengan sebutan Koko Baim tapi Aa Baim. Saat nulis ini aku belum biasa memanggil para pria Muslim dengan sebutan akhi.

è TALENTA DAN HOBBY

*Seni Peran (Acting)

Terjemah dalil Al Qur’an yang dapat dikaitkan dengan seni peran udah aku tulis di bagian awal tulisan ini. Ayat tersebut dapat berlaku untuk berbagai bidang seni lainnya.
Dari salah satu artikel mengenai profil Baim yang aku dapat di internet, Nova.com, didapat informasi bahwa Baim memiliki kemampuan seni diantaranya: acting, menyanyi, menari, musik: seruling, dan gitar, ngeband. ‘Alhamdulillah, ternyata Aa Baim multitalenta ya.’ 

Ga ga inget kesemua sinetron yang pernah dibintangi Baim sekaligus yang pernah aku tonton, paling belakangan sesekali aku nonton Catatan Hati Seorang Istri. Akting Baim di setiap sinetronnya yang pernah aku tonton memang memadai, namun demikian aku bermaksud mengingatkan Baim untuk selalu berhati-hati dalam menekuni bidang seni atau menjalani karir seninya. Seperti misalnya, dalam bidang acting sedapat mungkin Baim memilih peran yang baik, selektif dalam memilih peran, seyogianya sesuai syariat Islam.
-> Begitu juga aku, harus lebih berhati-hati dalam berkarya seperti menulis atau melukis, musti selalu berusaha berkarya sesuai syariat Islam.


Aa, aku sedih dan khawatir (ngeri) sama para pelaku seni peran termasuk yang bergerak di bidang teater juga acting, walaupun tidak semua, banyak diantara mereka yang senang bahkan bangga jika berhasil, dalam niat jahat/menentang syariat, membohongi orang lain dengan acting mereka. Astagfirullahaladzim.
 
Pengalaman aku pribadi di dunia seni peran, pernah nyoba jadi figuran tapi aku ngga melanjutkan kegiatan aku tersebut. Aku ga mau bahas ini, sedih, inget “seseorang”. Sedihnya terutama karena seseorang itu orang yang aku suka tapi agamanya bukan Islam.

->Aa Baim aku kesel sama aktor China yang namanya Joe Taslim soalnya dia maen film super geje dengan tema “Ga jadi masuk Islam”. -> Piambekeun pisan, hanas mah dibandungan eta pelem teh. Astagfirullah. Jika sebuah film menceritakan mengenai karakter orang cerdas, walaupun ga jadi nikah sama cewe Muslim yang dia suka, tentunya karakter tersebut mencari minimal 1 alasan untuk tetap masuk dan memeluk Islam. Semoga Allah mengaruniakan hidayah kepada Joe Taslim untuk masuk dan memeluk Islam. Aamiin.

Syukron aku ucapkan jika Baim pernah dan aku harap selalu memilih peran yang dapat menjadi teladan yang baik bagi khalayak, peran sesuai syariat Islam. 

*Seni Musik

Dari Amir bin Sa’ad Radhiyallahu Anhu, ia menceritakan: “Aku pernah mendatangi Qurdhah bin Ka’ab dan Ubay Mas’ud Al-Anshari dalam suatu pesta pernikahan, di mana ada beberapa orang budak perempuan menyanyi. Lalu aku bertanya kepada mereka berdua: “Kalian adalah sahabat Rasulullah, siapa Ahlul Badar yang mengerjakan ini di tempat kalian? Keduanya menjawab: Jika mau, engkau boleh bergabung dengan kami mendengarkannya dan jika tidak, maka boleh juga engkau pergi. Karena, Rasulullah telah memberikan keringanan kepada kita untuk mengadakan permainan dalam pesta pernikahan.” (HR. An-Nasa’I, Al Hakim dan ia mengshahihkan hadits ini). Fiqih Wanita Edisi Lengkap. Hal: 431-432.

Masih dari artikel yang sama yang aku baca tertulis hal yang intinya bahwa Baim berbakat dalam bidang musik, sepertinya bagus jika memang Baim dapat bermain musik, bermain gitar, alhamdulillah. Jangan bikin boyband ya A baim, bikin band aja, atau nasyid. Aku request lagunya, lagu pujian/ pujaan kepada Allah swt, kemudian lagu cinta dan kesetiaan di jalan Allah, atau lagu mengenai poligami di jalan Allah. Jika Baim hobby bermusik, semoga dapat bermain musik sesuai syariat Islam.

*Seni Tari

Untuk menari, aku ngga menyarankan, sepengetahuan aku dalam Islam pria menari itu merupakan hal yang kurang baik. Dibanding menari, untuk pria, aku lebih merekomendasikan bela diri seperti silat, kungfu, karate, aikido, wing chun? Atau gulat sesuai as sunnah. Untuk wanita, menari dengan gerakan, pakaian dan segala aspek sesuai syariat Islam.

*Matematika

Berdasarkan informasi yang aku baca, Baim juga pintar Matematika, pernah juara Matematika ya?Jika memang benar, alhamdulillah, ini bagus. -> Aku pribadi ga terlalu suka Matematika, dan kalo menghitung aku lebih suka pake kalkulator. Semoga kemampuan matematika Baim dapat digunakan di jalan Allah. Aamiin.

*Bahasa Inggris

Baim dikabarkan menggemari Bahasa Inggris sampe pernah ikut pertukaran pelajar ka luar negeri. Semoga kemampuan Bahasa Inggrisnya bisa digunakan untuk syiar Islam. Aamiin.

*Olah Raga

…, Hadits yang diriwayatkan Ath-Thabrani dengan sanad jayyid, dari Rasulullah saw. Bahwasannya beliau bersabda:
“Segala sesuatu yang di dalamnya tidak ada dzikru ‘I-Lah, mengingat Allah, maka ia adalah permainan yang melalaikan, kecuali empat macam: memanah, melatih kudanya, bercumbu dengan istrinya dan belajar berenang…”Pedoman Pendidikan Anak dalam Islam 2. Hal. 343.
“Hak anak dari seorang ayah ialah hendaknya ayah mengajarinya menulis, berenang, memanah, dan memberi rizki yang halal.” (HR. at-Tirmidzi) Tanggung Jawab Ayah Terhadap Anak Laki-Laki. Hal. 362.

Aku baca di tabloid Nova.com kalo Baim suka basket. -> Ups, jadi inget para mantan orang yang aku cintai. Aku ga mau bahas lebih lanjut mengenai basket, tapi aku mau bilang buat aku basket itu berkesan sama halnya dengan sepak bola, meskipun sekarang aku bersikap biasa terhadap kedua olah raga tersebut. Masih terkait olah raga, aku pernah liat tayangan Baim menggunakan alat olah raga di rumahnya.
Sekedar mengingatkan beberapa jenis olah raga sesuai as sunnah diantaranya: Lomba lari, gulat, main panah, main tombak, menunggang kuda, berenang dan berburu. 

*Bisnis

6. Sesungguhnya Allah Ta’ala senang melihat hambaNya bersusah payah (lelah) dalam mencari rezeki yang halal. (HR. Adailami) 1100 Hadits Terpilih: Sinar Ajaran Muhammad. Hal: 183.

16. Allah memberi rezeki kepada hambanNya sesuai dengan kegiatan dan kemauan kerasnya serta ambisinya. (HR. Aththusi) Ibid. Hal: 185

17. Mata pencaharian paling afdol adalah berjualan dengan penuh kebaikan dan dari hasil keterampilan tangan. (HR. Al-Bazzar dan Ahmad) Ibid. Hal: 185

->Tentunya, pekerjaannya/ mata pencaharaiannya dan apa yang dijual atau dihasilkan musti sesuai syariat Islam.

Baim juga terjun ke dunia bisnis, sewajarnya orang China lha ya. Aku pernah sekilas liat Baim punya usaha rumah makan, pastinya sebagai Muslim Baim sudah mengetahui bahwa makanan itu haruslah hallal dan thayib. Moga sukses ya, A usaha rumah makannya, semoga Allah memberkahi. Aamiin.
Aa Baim, walaupun udah sukses ingat untuk tetap hidup sederhana di jalan Allah, ya.

Aa aku pengen share image produk "The Johnny Wong's Butter", tadinya kalaupun aku belum sempet beli aku promosiin gitu, tapi aku ragu karena ga ada label hallalnya. Berikut belakangan nampak tertera simbol-simbol tidak Islami misalnya tulisan tahun Masehi serta tahun China, oh tidaak. A, kita sebagai Muslim musti yakin, bahwa Muslim itu kapanpun selalu beruntung selama taat kepada Allah dan Rasul-Nya, insya Allah. Aa, mohon pastikan kehallallannya dan sertakan label hallal ya. Syukron atas perhatiannya.

*Membaca

Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang menciptakan, Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Maha Pemurah, Yang mengajar (manusia) dengan perantaran kalam[1589], [Q.S. Al’alaq (96): 1-4]
[1589]. Maksudnya: Allah mengajar manusia dengan perantaraan tulis baca.

Dari sebuah tayangan aku jadi tau kalo Baim suka membaca, baca buku-buku motivasi dan buku agama, ini baik dan sangat menarik. Aa Baim tentunya suka baca Al Qur’an kan?



->Aku liat tayangan wawancara Baim, yang pernyataan Baim aku simpulkan bahwa di tengah kesibukannya, adakalanya ia menyempatkan diri membaca Al Qur’an. Tapi Qur'an yang biasanya ia baca akan dihadiahkan kepada orang lain. Semoga Baim masih punya Qur'an lain, supaya tetep bisa baca Al Qur'an. Semangat ya A untuk terus membaca dan sedapat mungkin mempelajari Al Qur’an.
 
Disamping membaca berbagai buku yang sesuai syariat Islam, seyogianya kaum Muslimin saling mengingatkan untuk membaca dan mempelajari Al Qur’an dan Al Hadits.



*Hewan Peliharaan

Baim hobby memelihara kucing, ini sangat bagus, seperti halnya Rasulullah Muhammad saw sangat menyukai kucing.  





-> MAKANAN KESUKAAN

Di artikel majalah Nova, disebutkan bahwa Baim menggemari makanan berikut: sayur asem, ikan peda, ikan goreng dan petai goreng. Kemudian aku pernah liat tayangan masak di pagi hari, Baim mengujicobakan menu dengan bahan jengkol. 'Ternyata artis juga makan yang begini ya?'
Aku pribadi ga terlalu suka pete, tapi aku makan sesekali. Aku suka jengkol/ sepi tapi juga hanya makan makanan tersebut sesekali, dalam Islam bebauan macam itu makruh ya. Anw, ada anggota keluarga aku yang mengabadikan momen masa kecil aku dan adik aku bersama pete, sepertinya saat itu aku sedang mempersiapkan hidangan Idul Fitri: sambal goreng pete, dandanan akunya agak kayak “Neneng PA”, suasananya terkesan ndeso:

Foto telah diedit untuk penghilangan ciri-ciri makhluk bernyawa.



Aku tulis "Neneng PA", khawatir ada yang tersinggung. Sekedar informasi aku memang sering kali terlihat asik dengan dunia aku sendiri, aku sering kali menyendiri bahkan pas udah gede ada temen-temen aku yang menjuluki aku autis hal ini mungkin karena sedari kecil aku suka menggambar/ melukis juga membuat berbagai kriya seni yang membutuhkan konsentrasi dan imajinasi sehingga aku sering nampak sibuk dengan dunia aku sendiri.
 

Mengenai pernyataan makruhnya pete maupun jengkol, hal ini bukan masalah suka atau tidak suka menurut aku pribadi, kemudian menyatakan bahwa bebauan tersebut makruh tidak termasuk dalam kategori mencela makanan karena menghukumi makruh untuk makanan yang berupa bebauan adalah sesuai syariat Islam. Hal ini sebagaimana Rasulullah menghukumi bawang putih, bawang putih yang pada satu sisi beliau sebut sebagai obat namun di sisi lain beliau mewanti-wanti bau bawang putih terutama jika akan mendekat ke mesjid. 

“Makanlah bawang putih dan berobatlah dengannya, karena di dalamnya terkandung obat untuk 70 penyakit.” 1] Buku “Pola Makan Rasulullah”, hal. 188.
1]Disebutkan oleh Imam as-suyuthi dalam Jami’ al-Jawami (v8) dan Imam ad-Dailami menyebutkannya dari riwayat Ali.

1712. Dari Jabir ra, ia berkata: “Nabi Saw bersabda: “Barangsiapa makan bawang putih atau bawang merah, maka hendaklah menjauh dari mesjid kami!.”
Dalam riwayat Muslim: “Barangsiapa makan bawang putih, bawang merah, dan daun bawang, maka janganlah mendekati mesjid kami, karena sesungguhnya para malaikat merasa terganggu dengan sesuatu yang mengganggu manusia.”  Tarjamah Riyadhus Shalihin Jilid 2, hal. 675-676.


Aku bukan penggemar sayur asem, hanya makan sesekali saja itu pun sayur asemnya rasanya musti manis, bagi aku, sejauh ini sayur asem yang enak itu buatan Umi aku dan sayur asem rumah makan Bunut, Sukabumi. Namun demikian jika ada yang memberi biasanya aku makan. Ikan peda bukan ikan favorit aku hanya aku suka banget ikan: ikan nila, ikan kakap merah, ikan asin dan ikan manis. Makanan yang aku suka: sup brokoli telur puyuh; sup ceker ayam buatan Umi; oseng-oseng; tumis-tumis pokonya berbagai masakan buatan Umi aku. Lalu aku suka siomay.
Oia, aku sebut nama-nama makanan kesukaan aku tapi bukan berarti yang sering aku makan, karena aku lebih sering makan makanan sederhana misalnya: tahu, tempe, telur: telur pake terigu, telur ceplok, atau telur dadar.

->Makanan hallalan thayiban sesuai syariat Islam apa aja ya?
Menurut salah satu ustad di tv, intinya makanan yang syar'i itu makanan yang baik, menyehatkan tidak memabukkan dan tidak membahayakan. 

è POLITIK

Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengambil orang-orang Yahudi dan Nasrani menjadi pemimpin-pemimpin(mu); sebahagian mereka adalah pemimpin bagi sebahagian yang lain. Barangsiapa diantara kamu mengambil mereka menjadi pemimpin, maka sesungguhnya orang itu termasuk golongan mereka. Sesungguhnya Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang zalim. [Q.S. Al Maa’idah (5): 51]

14. Barangsiapa yang merusak hubungan pelayannya dengan keluarganya bukanlah dia termasuk dari golongan kami dan barangsiapa yang merusak hubungan seorang wanita dengan suaminya maka dia juga bukan golongan kami. (HR. Al Baihaqi). 1100 Hadits Terpilih: Sinar Ajaran Muhammad. Hal: 254.

Aku sempet check account twitter atas nama Baim Wong juga fan page twitter Baim Wong, dari situ aku jadi sedikit mengetahui mengenai pandangan politik Baim. Aku sempet berpikir bahwa Baim gengnya Pa Jokowi. FYI, aku pribadi akan selalu berusaha mengingat jasa Pa Prabowo dan Pa Hatta, karena atas izin Allah, ketika pilpres lalu mereka berhasil mempersatukan aku, keluarga dan saudara-saudara aku. Alhamdulillah.

Ada hal yang sangat aku sesalkan dari Baim, ia mendukung kepemimpinan seorang non Muslim, Ahok, padahal dijelaskan bahwa di dalam Islam terdapat larangan mengangakat orang kafir sebagai pemimpin, pemimpin kaum Muslimin haruslah orang Islam. -> Sepertinya aku berniat bakal menuntut Aa Baim di akhirat kelak kalo Aa Baim tetep setuju sama kepemimpinan non Muslim. Aa Baim musti tanggung jawab, dengan cara menentang kepemimpinan Ahok jika dia tetap kafir atau mengajak Ahok masuk dan memeluk Islam.

Oya, Aa Baim suka Soekarno kah, udah baca “Di Bawah Bendera Revolusi?”? Dulu, aku sempet baca-baca sekilas buku tersebut. 

Pesan penting: A Baim aku menghimbau Aa untuk tidak menjadikan orang yang mengganggu apalagi merebut istri orang sebagai panutan, bahaya, khawatir dosa. Kemudian khawatir Aa mengidentifikasi atau meniru perilaku yang merupakan kefasikan tersebut. Mudah-mudahan Aa Baim mah sholeh. Aamiin.
->Aku juga musti berhati-hati dalam mengagumi seseorang.

Aa maafin aku, waktu itu salah satu anggota keluarga aku bilang hal yang intinya Baim Wong cocok jadi presiden, pas aku denger hal tersebut aku ketawa, puas banget ketawa. Sikap aku tersebut kesannya aku ngga menghargai Aa, maaf ya A. Besides, dalam Islam pun dilarang tertawa berlebihan karena menyerupai setan. Astaghfirullah. Sejujurnya aku ga setuju sistem presidensial, aku setuju sistem khilafah Islamiyah.


è CINTA

Dan jika kamu takut tidak akan dapat berlaku adil terhadap (hak-hak) perempuan yang yatim (bilamana kamu mengawininya), maka kawinilah wanita-wanita (lain) yang kamu senangi : dua, tiga atau empat. Kemudian jika kamu takut tidak akan dapat berlaku adil[265], maka (kawinilah) seorang saja[266], atau budak-budak yang kamu miliki. Yang demikian itu adalah lebih dekat kepada tidak berbuat aniaya. [Q.S. An Nisaa’ (4): 3]
[265]. Berlaku adil ialah perlakuan yang adil dalam meladeni isteri seperti pakaian, tempat, giliran dan lain-lain yang bersifat lahiriyah.

[266]. Islam memperbolehkan poligami dengan syarat-syarat tertentu. Sebelum turun ayat ini poligami sudah ada, dan pernah pula dijalankan oleh para Nabi sebelum Nabi Muhammad s.a.w. Ayat ini membatasi poligami sampai empat orang saja.



Dan janganlah kamu mendekati zina; sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji. Dan suatu jalan yang buruk. [Q.S. Al Israa’ (17): 32]

Wanita yang pernah dikabarkan menjalin hubungan sama Baim diantaranya Marshanda, Vonny Cornellya (sumber: Wikipedia), Jasmine Wildblood, dan Elfira Loy.

->Anw aku berharap banget Marshanda tetep jadi istrinya Ben. Aa kasih saran Chacha buat balik lagi/rujuk sama Ben.

->Mengenai Vonny Cornellya, sepengetahuan aku, dia cantik, terlihat baik dan lembut. Aku pernah ketemu Vonny, dia nampak seperti yang aku sebutkan. Menurut pendapat aku, kalo Vonny belum punya pasangan, Baim cocok sama Vonny. Vonny agamanya apa ya? Setelah aku searching di internet, ternyata Vonny seorang Muslimah. Alhamdulillah.


->Oia akan sangat menakjubkan kalo Aa Baim nikah sama Umi Pipik, sangat meneladani Rasulullah saw. Hanya saja baiknya, Umi Pipik dinikahi oleh kyai atau ustad, misalnya kawan dari almarhum Jeffry Al Bukhory, seperti pada masa Rasulullah, istri dari mujahid yang gugur di medan perang dinikahi oleh kawan sesama mujahid yang masih hidup.

Oia aku nonton tayangan Baim memberikan statement mengenai salah satu artis Malaysia yang selama ini dikabarkan menjalin kedekatan dengannya, bahkan diberitakan bahwa mereka akan menikah, sementara di tayangan itu Baim menyatakan dan menganggap artis tersebut hanya sebagai teman. Tau ngga A, apa reaksi aku saat itu? Aku yang saat itu lagi pegang gelas, spontan bilang kira-kira “Pengen lempar muka Baim Wong pake gelas.”  Astaghfirullah. Aa maafin aku, adakalanya kalo kesel banget terhadap sesama Muslim, aku mengeluarkan komen geje, sepertinya ini harus diubah karena ga sesuai syariat Islam. 

-> Dalam Islam ada aturan mengenai melempar, misalnya saat hukum rajam, itu pun tidak boleh melempar muka.

-> Untuk diingat, Muslim tidak boleh mencaci maki sesama Muslim. Kemudian, khususnya penyair Muslim, dianjurkan untuk mencerca kaum kafir, terlebih kaum kafir yang keterlaluan.



Anw sekitar satu minggu setelah aku mempublikasikan sebut saja pernyataan "pengen lempar gelas", suatu sore saat memegang piring yang tadinya bermaksud aku simpan, megang piring sambil ngerasa bersalah atas pembicaraan yang tidak tepat  mengenai aktor itu sambil mikir aktor itu cocoknya sama siapa ya? Tiba-tiba piring yang aku maksud jatuh ke lantai dan pecahannya ada yang mengenai kaki aku, kaki aku berdarah, dikit. Sepertinya ada bagian kaki aku yang terasa aga sakit, sakitnya kerasa sampe sekitar 3 hari. Innalillahi.

-> Aku menangkap pelajaran yang intinya aku ga bisa semena-mena berbicara -yang tidak sesuai syariat Islam- terhadap Muslim.

-> Aku pernah berdoa kepada Allah, do’a yang intinya bahwa jika aku berbuat jahat, yang tidak dibenarkan oleh Allah dan Rasul-Nya, maka aku meminta agar aku segera mendapatkan balasan atas perbuatan jahat aku tersebut di dunia ini, mudah-mudahan Allah segera membalas perbuatan jahat aku di dunia ini, sehingga aku dapat kembali kepada-Nya dalam keadaan bersih, diridhai oleh-Nya. Aamiin.
  
Jadi Aa Baim cocoknya sama siapa ya? sama Elfira terlihat cocok, dan mungkin sama Aura Kasih juga cocok, aku kan setuju poligami sesuai syariat Islam. Aa Baim, suka sama Nikita Willy ya, menurut aku Nikita lebih cocok sama Diego Muhammad, dan menurut pendapat aku, baiknya Nikita minta maaf sama Bara. Kalo Teh Syahrini, cocoknya sama Mas Anang, jadi Mas Anang istrinya 3: Mba Ashanty, Mba KD dan Teh Syahrini. 
Elfira, Mba Aura, Nikita, Mba Ashanty, Mba KD dan Teh Syahrini ini lebih cantik kalo pake hijab syar'i, cantik Islami.
Aku doakan, semoga Allah mengaruniakan kepada Aa Baim jodoh terbaik menurut-Nya, jodoh yang diridhai-Nya. Aamiin.
Penting: Aku suka banget cowo yang disukai banyak cewe tapi aku ngga suka cowo playboy, cowo yang kesannya ngacak cewe atau hanya mempermainkan cewe, kami cewe bukan mainan. Jadi para cowo kalo mau banyak cewe, poligami aja di jalan Allah.
-> Aku mustinya berkaca diri, ga boleh mempermainkan cowo. Tentunya ga boleh poliandri.



-> Untuk diingat, saling mengingatkan, di dalam Islam tidak ada pacaran yang ada ta’aruf, dilarang mendekati zina.






è Mengenai kekasih yang merupakan non Muslim
Dan janganlah kamu menikahi wanita-wanita musyrik, sebelum mereka beriman. Sesungguhnya wanita budak yang mukmin lebih baik dari wanita musyrik, walaupun dia menarik hatimu. Dan janganlah kamu menikahkan orang-orang musyrik (dengan wanita-wanita mukmin) sebelum mereka beriman. Sesungguhnya budak yang mukmin lebih baik dari orang musyrik, walaupun dia menarik hatimu. Mereka mengajak ke neraka, sedang Allah mengajak ke surga dan ampunan dengan izin-Nya. Dan Allah menerangkan ayat-ayat-Nya (perintah-perintah-Nya) kepada manusia supaya mereka mengambil pelajaran. [Q.S. Al Baqoroh (2): 221]
Pada hari ini dihalalkan bagimu yang baik-baik. Makanan (sembelihan) orang-orang yang diberi Al Kitab itu halal bagimu, dan makanan kamu halal (pula) bagi mereka. (Dan dihalalkan mangawini) wanita yang menjaga kehormatan[402] diantara wanita-wanita yang beriman dan wanita-wanita yang menjaga kehormatan di antara orang-orang yang diberi Al Kitab sebelum kamu, bila kamu telah membayar mas kawin mereka dengan maksud menikahinya, tidak dengan maksud berzina dan tidak (pula) menjadikannya gundik-gundik. Barangsiapa yang kafir sesudah beriman (tidak menerima hukum-hukum Islam) maka hapuslah amalannya dan ia di hari kiamat termasuk orang-orang merugi. [Q.S. Al Ma’aidah (5): 5]
[402]. Ada yang mengatakan wanita-wanita yang merdeka.

Mengenai kekasih yang merupakan non Muslim, aku ingin menyatakan pendapat sebagai berikut:

->Jika seorang pria Muslim memiliki kekasih wanita non Muslim, terlebih beberapa kali memiliki kekasih wanita non Muslim, namun hubungan mereka tidak berujung pada pernikahan sesuai syariat Islam, apalagi jika sang wanita non Muslim sudah menyerahkan keputusan mengenai hubungan mereka kepada sang pria Muslim, terlebih sang pria tidak berhasil dalam mengajak sang wanita masuk dan memeluk Islam, kemungkinan besar kesalahan ada pada sang pria Muslim. Kemungkinan kesalahannya terutama dikarenakan sifat dari pria Muslim tersebut adalah kurang bertanggung jawab dan pengecut.

Aku bermaksud share pengalaman salah seorang yang pernah menjadi sahabat aku, seorang wanita Katholik, saat itu ia memiliki kekasih seorang pria Muslim, sang wanita sebenarnya bersedia pindah agama ke dalam Islam namun ia dan keluarganya ingin sang pria Muslim membuktikan kesungguhan cintanya kepada sang wanita dan kesungguhan dalam mengajak sang wanita ke dalam Islam. Istilahnya sebagai pria musti berani untuk meminta kepada keluarga sang wanita untuk meng-Islamkan kemudian menikahi sang wanita dalam Islam. -> Kalo perlu berani digebukin dulu sama keluarga sang cewe, demi mengajak sang cewe masuk dan memeluk Islam, lalu menikah di dalam Islam. Jadi intinya para cowo Muslim, jadilah pria yang bertanggung jawab dan berani di jalan Allah.

Menurut pendapat aku, kalo ga bener-bener niat mengajak wanita non Muslim masuk dan memeluk Islam lalu menikahi mereka, lebih baik ga usah deketin/ "pdkt-in" mereka, tidak usah menjadikan mereka sebagai kekasih. Menurut pendapat Abi aku, pria Muslim lebih baik memilih wanita Muslim/Muslimah untuk dijadikan istri.


->Maaf bagian ini sebelumnya keliru, namun saat ini telah mengalami perbaikan sbb: Jika seorang wanita Muslim (Muslimah) memiliki kekasih pria non Muslim, terlebih beberapa kali memiliki kekasih pria non Muslim, namun hubungan mereka tidak berujung pada pernikahan sesuai syariat Islam terlebih sang wanita tidak berhasil dalam mengajak sang pria masuk dan memeluk Islam, hal ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor misalnya pihak pria non Muslimnya memang keras kepala, jahil/bodoh dalam hal keimanan, ngga mau masuk dan memeluk Islam, pria non Muslim model begini memang musti ditinggalkan saja. Hanya jika seorang Muslimah mencintai non Muslim kemudian tidak berhasil mengajak kekasihnya ke dalam Islam dan tetap di dalam Islam, terlebih jika hal demikian berulang kali terjadi, maka kemungkinan besar kesalahan ada di pihak sang Muslimah. Kesalahan utama untuk kasus ini adalah karena Muslimah seharusnya TIDAK mencintai atau menyayangi pria non Muslim, Muslimah sewajarnya mencintai atau menyayangi pria Muslim.

Aku berdiskusi dengan Abi aku yang intinya mengenai Muslimah mencintai atau men yayangi pria non Muslim termasuk juga memiliki kekasih pria non Muslim, ternyata selama ini aku keliru telah kerap mencintai atau sangat menyayangi pria non Muslim. Menurut pendapat Abi aku, jika ada pria non Muslim mencintai aku, itu tidak mengapa, hanya aku tidak perlu mencintai mereka karena jauh lebih baik jika aku mencintai pria Muslim. Jika pria non Muslim tersebut benar-benar mencintai aku, maka ia wajib masuk dan memeluk Islam, jika ia sudah menjadi Muslim, barulah aku boleh mencintai pria –yang sudah menjadi- Muslim tersebut.

Namun demikian aku pun hendak menyatakan bahwa jika terlanjur memiliki kekasih pria non Muslim, tidak sepatutnya seorang Muslimah selingkuh, apalagi jika setelah selingkuh lalu semena-mena mencampakkan pria non Muslim yang mencintai Muslimah tersebut dalam keadaan bersedih atau terluka. -> Hal ini tidak dibenarkan karena khawatir berperkara di akhirat. Sebaiknya lebih baik berterus terang mengenai jalinan kasih yang sedang dijalani, dan ada baiknya bersikap ma’ruf/ bersikap baik terhadap pria non Muslim yang mencintai Muslimah, selama pria non Muslim tersebut tidak memerangi Islam. Jika pria non Muslim yang mencintai Muslimah tidak bersedia masuk dan memeluk Islam sudah sepatutnya pria non Muslim tersebut ditinggalkan. Pesan dari Abi aku khususnya untuk  aku dan umumnya untuk para Muslimah, inti pesannya adalah lebih baik menghindari mencintai pria non Muslim, kecuali jika pria non Muslim memang mencintai Muslimah lalu masuk dan memeluk Islam, tetap di dalan Islam. Aku dan para Muslimah lebih baik mencintai dan menyayangi pria Muslim.

[Astagfirullah.  Ternyata selama ini aku yang salah mencintai dan –berlebihan- menyanyangi dua orang non Muslim. Aduh, aku malu banget berprilaku salah. Kemudian, sepertinya aku sudah salah bersikap terhadap dua orang pria non Muslim dalam hal aku mencintai dan menyayangi mereka. Aku yang duluan godain mereka padahal mereka non Muslim, yang mana hal sepatutnya tidak aku lakukan. Kapan ya aku minta maaf sama mereka? -> Aku tidak minta maaf untuk mengajak mereka masuk dan memeluk Islam, serta tidak meminta maaf untuk melarang maksiat dan kemungkaran.
Khususnya kepada kaum Muslimin, maafin aku telah berperilaku salah lebih mencintai dan –berlebihan- menyayangi pria-pria  non Muslim dibandingkan mencintai  dan menyayangi pria Muslim.]


->Jika seorang pria maupun wanita non Muslim diajak untuk masuk dan memeluk Islam namun kekeuh tidak mau masuk dan memeluk Islam, atau pria maupun wanita Muslim yang keluar dari Islam, itu dikarenakan mereka JAHIL/BODOH dalam hal iman. Sedangkan jika seorang pria maupun wanita non Muslim bersedia untuk masuk dan memeluk Islam dan tetap di dalam Islam, hal tersebut menandakan bahwa mereka cerdas, Allah mengaruniai mereka kecerdasan dalam hal iman, dan tentunya berkat hidayah iman Islam yang Allah berikan kepada mereka.

è CURHAT

Di tulisan ini aku bermaksud cerita tepatnya curhat ditujukan kepada Baim Wong.

*Menulis

Tulisan ini bener-bener hadir di luar rencana, awalnya gara-gara Abi aku marah karena aku mencintai dan menyayangi  dua cowo sebut saja “cowo-cowo Hongkong, Tiongkok, Taiwan, China, Mandarin or whatever they are called” dan mereka non Muslim. Masalah utamanya adalah mereka non Muslim. Baim pasti tau bahkan mungkin kenal mereka karena mereka adalah public figure, satu aktor dan satu lagi desainer. 

Abi aku menasihati aku untuk tidak mencintai pria non Muslim, aku musti cari pria Muslim, berhubung “cowo Hongkong, Tiongkok, Taiwan, China, Mandarin” yang bisa jadi pengibaratan dari cowo yang aku cintai dan cowo yang aku sayangi adalah Baim karena Baim merupakan public figure Tionghoa tapi Muslim maka disebutlah nama Baim Wong oleh Abi aku. Waktu itu Abi aku bilang intinya “Dari pada ngejar-ngejar non Muslim, kalo kamu suka orang China kenapa ga kamu kejar-kejar aja Baim Wong?”. Waktu itu aku bingung, dan sempet berpikir kurang lebih ‘Ngapain aku ngejar-ngejar Baim Wong, dia mah udah Islam.’ Gara-gara beberapa pernyataan dan juga pertanyaan Abi terkait Baim, aku jadi uring-uringan dan jadi malah ngata-ngatain Baim “begini-begitu.”

Aku punya temen, juga ada saudara-saudara dari temen-temen aku yang bekerja sebagai kru film/sinetron, dan DULU dari temen-temen aku itu, aku biasanya mendapat berbagai informasi mengenai perilaku para artis di balik layar kaca. Aku dapat informasi tidak menyenangkan mengenai Baim, Baim playboy.  Trus Abi sempet bilang intinya “Ya bikin Baimnya ga playboy lagi, ajak Baim supaya insyaf?” -> Sayang sekali aku bukan wanita penakhluk pria playboy. Paling sebagai syariat aku hanya mencoba memberikan saran dan nasihat supaya dia bisa lebih serius dan bertanggung jawab terhadap wanita. Hakikatnya hanya Allah yang dapat memberikan hidayah kepada seseorang untuk menjadi hanif, shaleh atau taqwa.

-> Aa Baim, maafin aku sama temen-temen dan anggota keluarga aku  ya udah gibah mengenai Aa. Tapi kalo Aa Baim ga tobat, aku justru bakal kasih warning ke para cewe dan menghimbau, siapa pun, untuk dapat membina Aa di jalan Allah.

Oia penting disampaikan bahwa aku pernah liat tayangan Baim shalat, pemandangan yang menenangkan, contoh yang baik bagi pemirsa. -> Shalat merupakan perintah Allah yang wajib didirikan oleh setiap Muslim.


->Actually, Abi dan Umi aku ga setuju aku mencintai public figure, Abi dan Umi maunya aku mencintai cowo biasa aja, cowo Muslim yang ga terkenal dan kalo perlu cowo miskin. Kalo aku pribadi sejauh ini ga masalah bersama sama cowo miskin dan ga terkenal tapi aku musti suka, atau mencintai cowo tersebut dan sedapat mungkin cowonya juga mencintai aku, saling mencintai karena Allah. Untuk pernikahan tentunya musti seagama, sama-sama Muslim.
Untungnya dalam Islam, orang tua memang dianjurkan untuk memilihkan pasangan yang baik untuk anaknya, hanya anak wanita diberi keleluasaan untuk mencari pasangan yang disukai, orang tua tidak dibenarkan mengintervensi berlebihan, pernikahan harus atas kemauan dan persetujuan sang anak wanita. -> Pernikahan musti seagama, sama-sama Muslim.

Kemudian aku tau karakter orang tua aku, sama yang beda agama aja lama-lama bisa dikasih lampu hijau, selama aku dan pria yang aku cintai terlebih jika pria tersebut juga mencintai aku dan kekeuh untuk tetap bersama aku, tentunya jika pria yang aku cintai juga mencintai aku tersebut bersedia pindah agama, masuk dan memeluk Islam. -> Pernikahan musti seagama, sama-sama Muslim. Terlebih jika dengan sesama Muslim yang aku cintai dan yang mencintai aku, izin dari orang tua aku mungkin akan lebih mudah.

*Melukis

1691. Dari Ibnu Mas’ud ra, ia berkata: “Aku mendengar Rasulullah saw bersabda: “Sesungguhnya manusia yang paling berat siksanya nanti di hari kiamat adalah para tukang gambar.” (HR. Bukhari-Muslim) Tarjamah Riyadhus Shalihin Jilid 2. Hal: 665.
1689. Dari Ibnu Abbas ra, ia berkata: “Aku mendengar Rasulullah saw bersabda: “Setiap tukang gambar berada di neraka, setiap gambarnya akan diberi nafas (jiwa), sehingga ia menyiksanya di neraka Jahannam.” Ibnu Abbas berkata: “Jika memang kamu harus menggambar, maka gambarlah pepohonan, dan apa yang tidak mempunyai ruh (nyawa).” (HR. Bukhari – Muslim) Ibid. Hal: 664.

Beberapa waktu lalu aku share foto-foto lukisan, lukisannya terdiri dari lukisan bunga karya orang lain yang lukisan karya aku yang inspirasinya dibawakan oleh lukisan bunga yang aku tidak mendapatkan informasi mengenai pelukisnya. Bahasa tegasnya aku meniru salah satu lukisan. Berikut gambar lukisannya:


Keterangan gambar (dari kanan ke kiri):

Lukisan asli karya: Anonim, Media: Kanvas dan Cat Minyak ?; Lukisan tiruan karya: Nyi Raden Siti Rohana Hana [Siti Ruhana binti R. Muhammad Syarif H. D.], Media: Kertas Gambar A3 dan Cat Air.

Ada cerita di balik lukisan-lukisan tersebut. Aku meniru lukisan bunga yang aku maksud saat masih SMP tujuannya untuk sekedar latihan melukis. Waktu itu entah kenapa aku kasih variasi merah ke bunga putih di lukisan aku. Kemudian entah kenapa saat itu aku ngga bisa membuat dasar atau latar gambar aku tersebut dengan rapi, dan ga bisa membaurkan warna hingga tercipta kesan “nge-blend” padahal aku udah berusaha keras, beserta bukan baru kali itu aku melukis, aku sudah belajar menggambar sejak sebelum TK dan belajar melukis sejak TK, belajar melukis dengan cat air sejak awal SD, biasanya aku membuat dasar dengan lancar meskipun tidak sempurna. Dikarenakan waktu itu aku ga bisa meratakan warna dan membuat warnanya ‘nge-blend’ aku sampe a lil bit frustrated, pengen nangis. Akhirnya selama bertahun-tahun aku membiarkan lukisan tersebut.
Tapi beberapa waktu lalu, saat setelah aku sama Abi bicara mengenai Baim Wong dan terpikir oleh aku untuk menulis tulisan mengenai Baim, terpikir juga oleh aku untuk memuat lukisan yang pernah aku buat saat SMP tersebut di tulisan aku mengenai Baim. Dengan niat menyematkan lukisan tersebut di tulisan mengenai Baim, terlebih dahulu aku berusaha memperbaiki background atau dasar lukisan aku tersebut, dan setelah bertahun-tahun ternyata aku bisa memperbaiki lukisan itu. Atas izin Allah. Alhamdulillah.

Aku berpikir bahwa lukisan tersebut menggambarkan aku juga Baim dan kaum Muslimin. “Iya A, lukisan tersebut menggambarkan kebanyakan dari kita saat ini.” Menurut pendapat aku, pengibaratan kaum Muslimin belakangan ini adalah, kebanyakan dari kaum Muslimin yang semestinya berwujud bunga putih bersih nan indah, saat ini berwujud bunga putih yang terkena noda, noda-noda zaman, kaum Muslimin yang menjalani kehidupan jauh dari syariat Islam. Walaupun mungkin masih ada golongan Muslim yang mukmin, atau yang mukshin yang berupa bunga putih indah bahkan wangi semerbak, golongan Muslim yang hidup sesuai syariat Islam.

->Di lukisan aslinya bunga putihnya nodanya ga terlalu parah, tapi di lukisan aku, nodanya ekstrim.

Oia berhubung aku ngga tega nge-tag dan menujukan lukisan bunga putih indah namun ternoda dengan parah tersebut ke kaum Muslimin, karena aku masih tetep berharap kaum Muslimin mewujud ibarat bunga putih nan indah dan harum semerbak, maka aku tag bunga putih indah namun ternoda dengan parah itu ke profil orang yang aku cintai dan orang yang aku sayangi, yang mereka adalah para non Muslim.


Abi aku lebih suka lukisan di atas, belum dirapikan, karena terlihat aristik, warna dan goresan ketidakrapihannya membuat terlihat artistik.

Aku tag lukisan bunga yang pertama kali aku buat saat SMP ke accont Fb atas nama Tex Saverio, orang yang selama ini aku cintai. Mengenai lukisan tersebut, menurut pendapat aku, penampakan bunga terkesan aga kering dan gersang. Dasar lukisan terkesan acak-acakan, tarikan garis kuasnya tidak jelas antara vertikal dan horizontal tapi cenderung miring, tarikan kuasnya mencerminkan kegusaran, teknik pewarnaan keluar dari pakem namun kaya warna, terlihat warna-warna feminin, warna lebih cerah ceria, lebih imajinatif. Oia lukisan itu disimpan dalam jangka waktu lama dan kena noda karat clip kertas. Foto lukisan diambil dia atas meja kaca berwarna hitam, sekitar tahun 2012 (1433 H). Anw aku tag profil Fb Tex di lukisan tersebut karena aku pikir cukup sesuai untuk mengagambarkan karakter Tex, berikut aku ga suka agama Tex yang bukan Islam kemudian aku masih kesel sama dia soal busana-busana yang membuka aurat wanita yang dia buat. Meskipun aku akui ada pula pakaian-pakaian yang sopan tertutup meski tidak menutup aurat secara syar’i. -> Demi Allah, aku bersumpah ga akan maafin Tex seumur hidup aku, kecuali jika dia masuk dan memeluk Islam kemudian membuat pakaian syar’i.

-> Adakalanya aku baru dapat memahami makna dari gambar/lukisan yang aku buat setelah beberapa tahun sejak pembuatan gambar/lukisan yang aku maksud. Rencananya gambar tersebut akan aku share di tulisan aku mengenai gambar dan lukisan. Lukisan di atas dapat juga yang menggambarkan karakter aku misalnya pribadi aku yang ngga “putih” bersih, karakter dan karya aku yang adakalanya kacau.

Sayangnya lukisan di atas sekarang tinggal kenangan karena udah aku renovasi menjadi lukisan berikut:


Aku tag lukisan yang sudah aku recycle tersebut di account Fb yang mengacu pada nama aktor Roger Danuarta. Menurut pendapat aku, tampilan bunga terlihat lebih segar dan subur. Dasar lukisan tampak lebih rapi dari dasar lukisan sebelumnya tapi terkesan umum, pewarnaan nampak meniru lukisan aslinya, tidak terlalu keluar dari pakem, penggunaan warna yang terbatas namun cenderung memberikan kesan lebih tenang, sedikit gloomy, maskulin, dan aga “nge blend”. Foto lukisan diambil di atas meja kayu berwarna hitam yang dilapisi kain putih. Aku tag di profil Fb Roger karena aku pikir mungkin lukisan tersebut cukup sesuai untuk menggambarkan karakter Roger. Sejauh ini aku ga ada kesel sama Roger kecuali karena agamanya yang bukan Islam, kemudian sedikit kecewa soal kasus yang menimpa dia, aku juga inget hukuman cambuk yang semestinya dijalani oleh kami. Hanya aku suka dia minta maaf kepada khalayak. ->Mungkin, hukuman cambuk untuk kasusnya yang lalu ga perlu dia jalani jika dia masuk dan memeluk Islam. Lalu, paling aku ngga suka di berbagai akun media sosial atas nama Roger terdapat banyak posting berupa statement maupun foto/ gambar yang tidak sesuai syariat Islam. 

-> Sepertinya karakter pribadi aku yang ngga putih bersih serta aga gloomy tergambar dalam lukisan tersebut.



Oia bunga krisan yang jadi background waktu pengumuman kenaikan BBM, ngingetin aku sama lukisan di atas. -> Alhamdulillah, kemudian harga BBM-nya diturunkan kembali walaupun tidak tepat seperti harga semula.
 
Aku juga mau cerita mengenai lukisan asli, lukisan yang aku tiru. Lukisan tersebut merupakan hadiah pernikahan untuk pasangan mempelai saudara aku beberapa puluh tahun lalu, aku tidak paham lukisan itu hadiah dari siapa. Saudara aku ini saudara dekat aku, terlebih ketika dahulu, saudara aku yang pria sudah seperti ayah aku sedangkan saudara aku yang wanita layaknya ibu aku. Bagi aku, lukisan tersebut merupakan saksi  atau lambang untuk mempertahankan pernikahan di tengah berbagai badai dan gelombang ujian juga cobaan. Bagi saudara aku yang pria, pernikahannya memang merupakan pernikahan yang kedua namun pasangan saudara aku tersebut bersama sebagai pasangan menikah hingga ajal menjemput salah satu dari mereka, bersama hingga maut menjemput. Saat ini lukisan tersebut telah diberikan kepada assistant dari saudara aku tersebut.

Oia, yang menarik adalah pasangan saudara aku tersebut sang pria, suami, ketika masih hidup, ia mempelajari Bahasa Inggris, Jerman dan Mandarin sedangkan sang wanita, istri, mempelajari Bahasa Inggris, Prancis dan sempat juga mempelajari Bahasa Mandarin. Aku pernah menyatakan hal yang ditujukan khususnya kepada Roger Danuarta dengan maksud diketahui pula oleh Tex Saverio, hal tersebut intinya bahwa aku ngga bisa bahasa China/ Mandarin, aku memang tidak bisa berbahasa China tapi sudah sejak beberapa waktu beberapa buku Bahasa China/Mandarin dititipkan kepada aku.
->Terkait sangat pentingnya Bahasa Arab maka disamping foto buku-buku bahasa Mandarin, aku menyertakan foto buku-buku Bahasa Arab, berikut foto-fotonya:


Aku tidak anti Bahasa China/ Bahasa Mandarin, hanya saja sejauh ini aku lebih memilih untuk mempelajari Bahasa Inggris dan bahasa agama aku, Islam, Bahasa Arab. Tata bahasa Arab dipelajari untuk memahami Al Qur’an dan As Sunnah sehingga dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dengan tujuan untuk meraih ridha Allah swt di dunia dan di akhirat.






Maaf pula, images sebelumnya telah aku remove lalu aku ganti dengan satu image berikut:






-> Aku berusaha menghindari memajang foto-foto makhluk bernyawa, namun aku khawatir jika misalkan Baim yang seorang Muslim sedang bingung terkait menentukan pasangan trus aku tambah pula penderitaannya dengan aku pajang foto muka lempeng berikut aku menyatakan kata-kata yang tidak seharusnya seperti lempar-lempar apalah, jadi aku mau kasih senyum dan support buat dia supaya jangan sedih, supaya terus berusaha insyaf, hidup di jalan Allah. [Aku juga musti terus berusaha untuk insyaf, hidup di jalan Allah.] Aku berencana pajang foto tersebut di posting ini hanya untuk beberapa waktu saja, insya Allah.
 


Aa Baim, aku harap kita dan kaum Muslimin dapat bersama-sama menegakkan hukum/ syariat Islam.

Apakah hukum Jahiliyah yang mereka kehendaki, dan (hukum) siapakah yang lebih baik daripada (hukum) Allah bagi orang-orang yang yakin? Al Maa’idah (5): 50

Oia tulisan ini bukan untuk gangguin/ godain Baim Wong. Mudah-mudahan Aa baim cepet nikah ya…

Aku juga ga berniat memepermainkan Roger dan Tex, aku masih mau ngajak mereka berdua masuk dan mememluk Islam.


Aku berusaha publish tulisan ini di hari Jumat, 28.11.2014 -> 05 Shafar 1436 H, sebelum Ashar, tapi aku pikir ada sedikit gangguan yang membuat aku aga terkendala dalam mempublish tulisan ini. Kemudian ketika tanggal 28 malam posting ini aku edit, tulisannya malah terpublish dengan tertanggal sehari setelah tanggal 28, yakni tanggal 29.11.2014 -> 06 Shafar 1436 H. Oleh karena itu aku publish ulang posting ini pada tanggal 01.12.2014 -> 08 Shafar 1436 H.

Maaf, ucapan terima kasih kepada berbagai pihak belum sempat aku sampaikan.

Bersambung… Insya Allah, dilanjutkan kembali.

Sumber:

TRANS7,RCTI. Berbagai acara yang membawakan inspirasi atau mengingatkan aku.
en.wikipedia.org/wiki/Baim_Wong
id.wikipedia.org/.../Baim_Wong

https://twitter.com/_baimwong beserta beberapa artikel di dalam account tersebut. -> Aku harap berbagai artikel yang ada dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya, terlebih semoga kedepannya berbagai berita dan artikel dapat dibuat sesuai dengan syariat Islam.


Wallahu’alam.

2122.11.2014 -> 2829 Muharram 1436 H
25262728.11.2014 -> 0203040506 Shafar 1436 H
Revisi:
2930.11.2014 -> 0607 Shafar 1436 H


01020508091011121516171821.12.2014 -> 0809101214151617181922242528 Shafar 1436 H*
091119.01.2015 -> 182128 Robiul Awal 1436 H
031118.02.2015 -> 13212228 Robiul Akhir 1436 H
2526.02.2015 -> 07 Jumadil Awal 1436 H.

*Maaf, adakalanya revisi termasuk penulisan tanggal revisi mengalami kendala teknis di luar kendali aku. 

 

0 komentar: