Menuju Tegaknya Khilafah dan Syariat Islam (5)



Posting ini berawal dari tulisan di salah satu kolom di blog aku yang isinya dimungkinkan mengalami revisi setiap kali diperlukan.

Kepada masyarakat khususnya tetangga aku yang aku temui hari ini -juga di hari-hari yang lalu bahkan mungkin di hari-hari berikutnya, insya Allah, - khususnya para Muslimah maaf jika aku belum dapat mencontohkan atau menasihatkan untuk berhijab syar’i, misalnya melarang penggunaan legging ketat, menganjurkan kerudung menutupi dada, dan menganjurkan berpakaian yang tidak mencolok (baiknya mengenakan warna gelap/soft atau mengenakan warna putih sebagai warna terbaik). Kemudian maaf pula jika tidak semua dapat aku sapa atau aku tidak sempat mengulang ajakan untuk berhijab syar’i serta maaf apabila terdapat perilaku maupun tutur kata aku yang tidak sesuai syari’at Islam.

Untuk hal terkait belanja sayur mayor atau makanan di warung, mohon maaf jika aku tidak mengecek dengan teliti jumlah harga barang yang aku beli untuk itu aku berterima kasi kepada para pedagang yang menghitung dengan jujur dan teliti. Berdasarkan sabda Rasulullah yang intinya pedagang yang jujur akan bersama para nabi.

Untuk tetangga dan masyarkat yang telah memahami syariat Islam, aku himbau agar kita dapat bersama-sama berusaha menjalankan dan menegakkan syriat Islam. Aku ucapkan syukron jiddan bagi setiap orang yang telah berusaha menjalankan dan menegakkan syriat Islam, semoga Allah meridhai.

Kemudian mengenai wajibnya hijab dan pakaian Muslim syar’i, pendidikan sesuai syariat Islam, perniagaan sesuai syariat Islam dan penerapan syar’at Islam pada seluruh aspek kehidupan sesungguhnya para pemimpin dimulai dari para pemimpin, terutama pria, seperti pemimpin keluarga khususnya Ayah, bila masih ada, atau anak laki-laki yang sudah baligh; kemudian Ketua RT; Ketua RW; Lurah; Camat; Bupati; Walikota; Gubernur; sampai Presiden dibebani tanggung jawab mengenai hal tersebut. Jadi berhati-hatilah anda semua yang memangku tugas maupun jabatan tersebut, karena kelak anda akan diminta pertanggungjawaban oleh Allah, di hari yang sangat berat.
Semoga Allah meridhai kaum Muslimin di dunia dan di akhirat. Aamiin.

Wallahu’alam.
31.10.2014 -> 07 Muharram 1436 H
Revisi:
11.11.2014 -> 18 Muharram 1436 H
27.11.2014 -> 05 Shafar 1436 H


Bumi serambi Makkah, tempat yang merupakan pioneer penegakkan syariat Islam di Indonesia, Aceh, apa kabar pasca banjir?

Terima kasih TNI yang senantiasa sigap dan tanggap khususnya dalam kondisi bencana, mudah-mudahan para anggota TNI terutama yang beragama Islam dapat menjadi para prajurit yang berjuang di jalan Allah, para tentara Allah. Tentara yang menegakkan kalimat tauhid kemudian menegakkan syariat Islam. Aamiin.

->Terkait Aceh telah menegakkan syariat Islam, aku mohon kepada Muslim Aceh dan kaum Muslimin untuk menghindari berbagai bid’ah, mari bersama-sama kembali pada Al Qur’an dan As Sunnah.

Semoga Allah melimpahkan rahmat dan maghfirah-Nya kepada Muslim Aceh dan kaum Muslimin. Semoga Allah meridhai kaum Muslimin di dunia dan di akhirat. Aamiin.

Wallahu’alam.

Sumber: tv One
11.11.2014 -> 18 Muharram 1436 H
Revisi:
14.11.2014 -> 22 Muharram 1436 H


Alhamdulillahirobbil’alamin, Kapolda Bali: Irjen Pol Albertus Julius Benny Mokalu, masuk Islam. Subhanallah, salah satu bentuk syiar Islam di Bali. Syukron jiddan, Pa Kapolda, mudah-mudahan Allah membalas amal ibadah beliau. Oia berhubung mualaf, maka baiknya mengganti nama dengan nama Islam, dengan nama-nama Nabi atau nama syar’i.

Kemudian, aku baru ngeh membaca berita mengenai rencana umroh yang kan dilakukan oleh beliau bersama istri, dalam berita tersebut terdapat informasi bahwa sebelum memeluk Islam, beliau melaksanakan pernikahan beda agama dengan istrinya yang merupakan seorang Muslimah. Sehubungan pernikahan sebelumnya, pernikahan beda agama, tidaklah sah, maka aku sarankan beliau dan istrinya melaksanakan pernikahan ulang, mengulang ijab qobul sesuai syariat Islam agar pernikahan mereka sah, untuk meraih ridha Allah.

Semoga Bapak menjadi Muslim yang kaffah, yang dapat menegakkan kalimat tauhid, kemudian menegakkan syariat Islam di Indonesia khususnya di muka bumi ini umumnya. Aamiin.

Wallahu’alam.

Sumber:



 



 


14.11.2014 -> 21 Muharram 1436 H

Revisi:
1415.11.2014 -> 22 Muharram 1436 H
27.11.2014 -> 05 Shafar 1436 H

Innalillahi wa inna ilaihi roji’un, kabarnya khalifah Abu Bakar Al Baghdadi syahid? Jika memang demikian, semoga Allah menerima amal ibadah serta iman Islam beliau. Aamiin.

->Aku sempet khawatir, tapi Abi aku menyatakan hal yang intinya bahwa akan ada penggantinya karena ISIS sudah terorganisir. Aku kemudian berpikir bahwa khilafah Islamiyah, Islamic State, bukan baru dibentuk dalam satu atau dua hari, nampaknya telah direncanakan dengan penuh pertimbangan, maka mudah-mudahan telah disiapkan khalifah pengganti yang memang layak memimpin kaum Muslimin di jalan Allah, memimpin sesuai Al Qur’an dan As Sunnah. Semoga khalifah pengganti Al Baghdadi adalah seorang yang bertaqwa kepada Allah, yang diridhai Allah di dunia dan di akhirat. Aamiin.

->Sebelum imam Mahdi datang dan Isa Al Masih diturunkan kembali, ada baiknya kaum Muslimin bahu-membahu menegakkan kalimat tauhid, kemudian menegakkan syariat Islam.
Sumber: Republika Online, merdeka.com

Wallahu’alam.
14.11.2014 -> 21 Muharram 1436 H

Revisi:
1415.11.2014 -> 22 Muharram 1436 H


Terkait larangan memilih pemimpin kafir yang termaktub dalam Al Qur’an Q.S. Al Maa’idah (5): 51
Waktu nonton tv, ada judul “Ahok di Ujung Tanduk”, aku menyampaikan kepada Abi aku hal yang intinya aku ga percaya bahwa Ahok akan dengan mudah digeser, politik sering mengecoh dan menipu. -> Untuk tokoh politik non Muslim, aku tentunya tidak setuju, khawatir mereka menjadi pemimpin bagi kaum Muslimin yang hal ini terlarang, kemudian dikhawatirkan mereka membahayakan aqidah dan akhlak umat Islam terlebih memang sepatutnya para non Muslim menjadi Muslim, hanya Islam agama yang diridhai Allah. Untuk para tokoh non Muslim yang telah berbuat baik terhadap umat Islam, terima kasih, kapan anda semua mau masuk dan memeluk Islam? Sedangkan mohon maaf, mungkin ada banyak tokoh politik Muslim yang baik, dan berjuang keras untuk rakyat tapi aku sedikit meragukan mereka semua selama mereka tidak berniat dan tidak berusaha menegakkan kalimat tauhid kemudian menegakkan syariat Islam di Indonesia bahkan di muka bumi ini untuk meraih ridha Allah.
->Saking kesal Gubernur DKI adalah non Muslim, aku sumpahin deh Ahok dapet hidayah iman Islam.

Aku nonton berita yang membuat aku mengetahui kabar yang intinya bahwa Ahok melarang penjualan hewan qurban di jalan-jalan, dan melarang penyembelihan di lapangan masjid dan fasilitas umum lainnya, kemudian dia menginginkan pembubaran FPI, namun aku juga membaca berita bahwa ia menganjurkan perluasan mesjid dan menginginkan anak-anak DKI hatam Al Qur’an. Untuk hal perluasan mesjid yang memang sempit dan menginginkan anak-anak DKI hatam Al Qur’an, itu hal yang baik, aku ucapkan terima kasih namun jika ia memang benar-benar peduli dan tulus dengan kemajuan umat Islam, kenapa ia ga masuk Islam aja? Dan kalo dia nganggap FPI merusak citra Islam, kenapa ngga dia aja yang masuk dan memeluk Islam lalu menegakkan kalimat tauhid, kemudian menegakkan syariat Islam?

Anw, aku tidak mempermasalahkan masuk Islam diawali karena jabatan, cinta, atau urusan dunia lainnya, hal tersebut dibolehkan dalam Islam. Terdapat hadits yang intinya terkait seseorang masuk Islam diawali karena keinginan dunia namun selanjutnya seseorang tersebut menjadi benar-benar mencintai Islam. Hanya, mungkin setelah masuk Islam niatnya diluruskan, musti karena Allah. Yang tidak dibenarkan adalah udah masuk Islam kemudian keluar lagi dari Islam, naudzubillahimindzalik. Jadi, Pa Ahok mau masuk Islam? Masuk dan memeluk Islam ya? Ya? Jawabannya musti IYA (atau ungkapan persetujuan lainnya): boleh, iya dong!; boleh, iya lah!; atau iya lah.. atau boleh juga: iya deh.. (Kepaksa dikit ga apa-apa yang penting masuk Islam dulu, mudah-mudahan nanti’y ber-Islam dengan iklhlas lillahita’ala).

Jika misalkan Ahok masuk Islam, sudah sewajarnya FPI dan forum-forum Islam serta jama’ah Islam lainnya membantu Ahok memimpin Jakarta berdasarkan syariat Islam.
->Intinya non Muslim ga boleh memimpin para Muslim atau kaum Muslimin, pemimpin kaum Muslimin haruslah seorang pria Muslim. Pemimpin Muslim sudah sepatutnya menegakkan kalimat tauhid kemudian menegakkan syariat Islam.

Semoga Allah mengaruniakan hidayah kepada Basuki Tjahaja Purnama untuk masuk dan memeluk Islam. Kalo Ahok ga mau masuk Islam, jika ada Muslim yang berani memerangi Ahok, silakan perangi Ahok, memerangi di jalan Allah, semoga Allah meridhai. Aamiin.

Sumber: tv One; Republika Online

Wallahu’alam.
14.11.2014 -> 22 Muharram 1436 H
Revisi:
151619.11.2014 -> 2223242627 Muharram 1436 H


19.01.2015 -> 28 Robiul Awal 1436 H
  

12. Barangsiapa diserahi kekuasaan urusan manusia lalu menghindar (mengelak) melayani kaum lemah dan orang yang membutuhkannya maka Allah tidak akan mengindahkannya pada hari kiamat. (HR. Ahmad) Buku: 1100 Hadits Terpilih: Sinar Ajaran Muhammad. Hal: 166.

Pa Presiden terpilih, jika anda tidak dapat menurunkan harga BBM, minimal anda tidak menaikkan harga BBM. Syukron.

Terinspirasi pendapat Imam Nawawi dan pendapat yang aku baca di situs Islami terkait pajak. Menurut pendapat aku, kenaikan harga BBM baiknya tidak dilakukan karena sangat membebani rakyat kecil, kenaikan tersebut baru boleh dilakukan jika sangat terpaksa serta setelah melakukan hal-hal sbb:

1. penghapusan pajak dari berbagai sektor, terlebih pajak yang memberatkan;
2. penggantian pajak dengan pengoptimalan pembayaran dan pengelolaan zakat termasuk zakat harta, zakat perniagaan, zakat pertanian, dan zakat peternakan;
-> penghapusan pajak pada bahan/barang sandang, pangan dan papan yang diperjualbelikan dan menggantikannya dengan zakat perniagaan memungkinkan untuk memberikan sumbangsih yang besar untuk pembayaran zakat yang dapat dipergunakan untuk kemaslahatan umat.
3. memaksimalkan pengelolaan sumber daya alam, termasuk pengelolaan potensi agraris maupun maritim, yang dilakukan sesuai syariat Islam;
4. para pejabat dan pegawai pemerintah, pegawai negeri , tidak menggunakan berbagai fasilitas mewah termasuk kendaraan mewah, mempergunakan kendaraan dinas maupun pribadi yang sederhana seperti mobil biasa atau lebih baik jika dapat menggunakan sepeda atau motor biasa/ sederhana.

FYI aku nonton tayangan pengumuman kenaikan BBM yang disampaikan presiden beserta jajarannya. Aku liat kebanyakan mereka mengenakan baju putih, bagus, terlihat sopan dan sederhana meskipun belum sepenuhnya syar’i. Kemudian ada menteri perempuan yang telah mengenakan pakaian Muslimah, alhamdulillah, baiknya beliau juga mengenakan pakaian Muslim putih syar’i, sayangnya siasanya masih perlu diingatkan untuk berhijab secara syar’i. Mudah-mudahan para pejabat dapat berpakaian Muslim syar’i, mencontohkan pakaian Muslim syar’i kepada umat. Oia background rangkaian bunga terutama bunga putihnya sangat menarik perhatian, terlihat indah. Bagusnya, rangkaian bunga seindah itu dipajang di event pengumuman penurunan BBM. Semoga para pejabat non Muslim mendapat hidayah iman Islam. Semoga para pejabat Muslim mendapat hidayah untuk bertaqwa. Aamiin.

->Hal yang sangat mengecewakan adalah ketika setelah pengumuman kenaikan BBM. Tepat sesaat setelah pengumuman tersebut, aku yang saat itu berada di rumah sederhana tempat kediaman salah satu orang tua aku yang bukan merupakan simpatisan partai merah, beliau pendukung partai orange, Gerindra, tapi beliau bertempat tinggal di wilayah yang sejauh ini merupakan basis PDI-P, di tempat itu, aku, adik dan salah satu orang tua aku mendengar suara dentuman petasan, ramai riuh rendah menggelegar di angkasa, bak merayakan peristiwa kenaikan BBM. Esoknya, saat aku dan adik pulang ke rumah sederhana milik orang tua aku yang merupakan pendukung partai biru tapi sedikit bersimpati terhadap partai merah namun beliau tinggal di wilayah yang saat ini merupakan basis Gerindra, di tempat yang terbilang tidak terlalu jauh dengan tempat orang tua aku yang aku ceritakan sebelumnya; di tempat ini terdapat pula tempat tinggal saudara-saudara aku, salah satu saudara aku yang beberapa waktu lalu bersama aku sempat memilih partai hijau, menceritakan hal yang intinya serupa mengenai terdengarnya suara dentuman petasan pasca pengumuman kenaikan BBM. Keriuhan yang aku maksud tersebut membuat aku juga salah satu anggota keluarga dan saudara aku tidak nyaman, hal ini intinya dikarenakan di saat banyak rakyat yang kecewa, bingung bahkan “menjerit” dengan naiknya harga BBM, ternyata ada pihak-pihak yang seolah-olah bergembira di atas penderitaan rakyat kecil. Benar-benar kejam, biadab. ->Astagfirullah.

->Mohon maaf, aku hendak menyatakan bahwa kedua orang tua aku tidak bersama lagi, jadi mereka tinggal berpisah. Tidak bersama lagi bukan gara-gara partai ya. Khususnya untuk para anak, bersyukurlah anda semua yang tinggal walaupun di satu rumah kecil tapi orang tua anda masih bersama dan hidup bahagia, di jalan Allah. Apa yang menimpa keluarga aku membuat aku berusaha menanamkan kepada diri sendiri, dan berharap dapat saling mengingatkan khususnya kepada kaum Muslimin bahwa perceraian pasangan Muslim adalah hal dibolehkan tapi dibenci Allah, maka seyogianya tetap bersama di jalan Allah.

[Di hati terdalam aku tidak setuju dengan adanya partai karena memecah belah umat Islam, aku berharap umat Islam dapat bersatu dalam khilafah Islamiyyah, bersatu di jalan Allah untuk meraih ridha Allah di dunia dan di akhirat.]

Waktu tanggal 18.11.2014 -> 25 Muharram 1436 H, aku liat tayangan dan running text tv One yang inti beritanya bahwa Malaysia menurunkan harga BBM-nya terkait harga minyak dunia sedang turun. Jika berita tersebut benar, aku pikir hal tersebut merupakan langkah yang tepat, mudah-mudahan sesuai syariat Islam.

Oia dikarenakan aku suka kritik pemerintah, aku ditegur oleh presiden, raja tepatnya khalifah di rumah aku, Abi aku, beliau menyatakanyang intinya bahwa tak perlu terlalu banyak mengkritik pemerintah, sesekali saja mengkritik, yang terpenting aku dan rakyat Indonesia khususnya Muslim Indonesia mau mempelajari, memahami, Bahasa Inggris dan Bahasa Arab supaya rakyat Indonesia cerdas dan bangsa Indonesia maju. Petugas, pejabat, pemimpin pemerintah berasal dari rakyat, jika rakyat cerdas maka akan menghasilkan petugas, pejabat dan pemimpin pemerintahan yang cerdas dan bangsa yang maju.

-> Aku ditegur juga dikarenakan aku masih suka malas belajar, belum rajin belajar Bahasa Inggris dan Bahasa Arab. Aku juga musti memohon maaf kepada berbagai pihak jika ada saran atau masukan aku ada yang belum sesuai syariat Islam.

Aku setuju dengan pendapat abi aku tersebut, hanya aku ingin menambahkan bahwa mempelajari Bahasa Inggris dan Bahasa Arab dengan bertujuan meraih rahmat dan ridha Allah swt. Bahasa Arab dipelajari untuk memahami Al Qur’an dan As Sunnah sedangkan Bahasa Inggris dipergunakan untuk mensyiarkan arti dan makna dari kandungan Al Qur’an dan As sunnah ke seluruh dunia sehingga bangsa Indonesia dapat menjadi bangsa yang cerdas dan maju sesuai syariat Islam, terlebih dapat menegakkan kalimat tauhid dan syariat Islam. Semoga Muslim Indonesia dan kaum Muslimin menjadi umat yang cerdas dan maju dalam berkah, rahmat dan ridha Allah di dunia dan di akhirat. Aamiin.

-> Pa Presiden RI, aku mohon agar pajak dihapuskan, digantikan dengan pengoptimalan pembayaran dan pengelolaan ZAKAT. Bersihkan pemerintah dari para pemimpin non Muslim, copot para pemimpin kafir, kecuali jika para pemimpin tersebut mau masuk dan memeluk Islam. Aku himbau anda untuk menegakkan syariat Islam.


Terkait Kartu Indonesia Sehat (KIS) dan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan
Mohon maaf pembaca, aku menghapus pendapat aku yang aku rasa keliru terkait KIS dan BPJS Kesehatan. Aku juga memohon maaf kepada presiden terpilih atas pernyataan aku sebelumnya yang tidak adil terkait penolakan aku terhadap program KIS dan persetujuan aku untuk program BPJS Kesehatan. Hal tersebut terkait belum lama ini, keluarga aku yang juga mengikutsertakan aku, mengikuti program BPJS Kesehatan dengan memilih pembayaran premi terendah. Hal ini untuk memudahkan perolehan pelayanan kesehatan terlebih untuk bergotong royong bersama pemerintah dan rakyat Indonesia terkait pelayanan kesehatan. ->Sejauh ini aku masih syak dengan program kesehatan tersebut, kemudian jikapun harus tetap mengikuti program pemerintah tersebut aku berharap pembayaran BPJS Kesehatan dapat dilakukan melalui bank syariah.
Selama ini aku memang memikirkan dengan seksama perihal program-program pemerintah terkait pelayanan kesehatan khususnya bagi rakyat kecil dari kalangan kaum Muslimin, dan yang aku pikirkan secara mendalam adalah kesesuaian antara program kesehatan yang diselenggarakan pemerintah dengan syariat Islam. Aku berpikir bahwa program-program kesehatan tersebut belumlah tepat sesuai syariat Islam. Namun demikian, kepada pemerintah dan rakyat Indonesia yang telah bergotong royong saling tolong menolong dalam bidang kesehatan, aku mengucapkan terima kasih. Semoga kelak aspek pelayanan kesehatan dapat berjalan sesuai syariat Islam.
Setelah berdiskusi dengan Abi terkait program kesehatan untuk rakyat, aku bermaksud menyampaikan hal berikut: Mustinya pembayaran ZAKAT ditegakkan, jadi rakyat mendapatkan fasilitas kesehatan murah bahkan gratis dari anggaran zakat yang dialokasikan untuk dana kesehatan rakyat umumnya khususnya kaum Muslimin.

Seperti telah aku sampaikan sebelumnya, langkah penting yang perlu dilakukan pemerintah yakni: penghapusan pajak dari berbagai sektor, terlebih pajak yang memberatkan; penggantian pajak dengan pengoptimalan pembayaran dan pengelolaan zakat termasuk zakat harta, zakat perniagaan, zakat pertanian, dan zakat peternakan; dan memaksimalkan pengelolaan sumber daya alam, termasuk memaksimalkan pengelolaan potensi agraris maupun maritim.
Disamping penghapusan pajak dan pengoptimalan pembayaran zakat, hal yang sepatutnya dilakukan rakyat Indonesia khususnya Muslim Indonesia adalah meningkatkan pemberian infaq dan sedekah termasuk pemberian infaq dan sedekah yang pengelolaannya dilakukan oleh pemerintah untuk kemaslahatan umat di jalan Allah.

->Menurut pendapat aku, jika pajak dihapuskan, mantan para pegawai pajak dapat bersinergi dengan para petugas lembaga pengelola zakat, infaq dan sedekah untuk mengatur pengelolaan zakat, infaq serta sedekah.
->Pa Presiden RI, tegakkanlah syariat Islam.





Januari 2015/ Robiul Awal 1436 H: Alhamdulillah. Ternyata Presiden Joko Widodo menurunkan harga BBM, sebanyak 2 kali. Meskipun sebenarnya per tengah Januari 2015/ akhir Robiul Awal 1436 H tetap terjadi kenaikan harga BBM: Rp. 100,-, di saat harga minyak dunia anjlok, namun ada pula kabar lain yang menyatakan bahwa, entah di daerah mana pastinya, harga BBM turun Rp. 100,- . Intinya aku tetap berterima kasih kepada Presiden atas pengertian dan kepeduliannya terhadap rakyat kecil dengan kesediaan beliau menurunkan harga BBM. Mohon harga berbagai barang dan jasa dipantau dan sedapat mungkin harganya dapat turun seiring turunnya harga BBM. Pa Presiden, syukron. Mudah-mudahan harga BBM ga dinaikkan lagi. Aamiin.

Pas pengumuman penurunan harga BBM, aku ngga ngeliat bunga-bunga indah, apa akunya yang kurang perhatian? Atau memang penghematan anggaran pemerintah? Berikut, foto kebun ada bunganya, bunganya indah tapi aku ambil fotonya tidak dengan teknik yang indah.


 -> Seinget aku, foto bunga anggrek ini dibuat saat aku jatuh cinta sama seseorang yang dulu intinya aku sebut sebagai seorang yang aku cintai, TS, sekarang aku sebut "that person". Sayangnya, ternyata dikarenakan beberapa hal, bunga anggrek adakalanya ngingetin aku sama seseorang yang dulu aku sebut seorang yang aku sayangi, RD, sekarang aku sebut "this person". Mereka non-Muslim. Semoga Allah mengaruniakan kepada mereka hidayah iman-Islam. Aamiin.

[Yang harus selalu aku inget adalah Sang Pencipta bunga anggrek tersebut, Allah swt.]

Kepada kaum Muslimin, maaf, bukan aku bermaksud untuk percobaan melobi/ merayu pemerintah untuk menurunkan berbagai harga barang dan jasa, aku muat foto di atas mungkin ekspresi seneng dan terima kasih aku karena pemerintah mau mendengar suara rakyat kecil.

Tanpa perlu dilobi pemerintah sepatutnya memiliki kesadaran sendiri/ inisiatif untuk menurunkan berbagai harga barang dan jasa tentunya termasuk harga kebutuhan pokok.


-> Maaf, aku ulangi: Pa Presiden RI, aku mohon agar pajak dihapuskan, digantikan dengan pengoptimalan pembayaran dan pengelolaan ZAKAT. Bersihkan pemerintah dari para pemimpin non Muslim, copot para pemimpin kafir, kecuali jika para pemimpin tersebut mau masuk dan memeluk Islam. Aku himbau anda untuk menegakkan syariat Islam.

Semoga Allah meridhai kaum Muslimin di dunia dan di akhirat. Aamiin.

Wallahu’alam.


Sumber:

Televisi: tv one, MNC group
Buku:
Fiqih Wanita
Internet:

Mohon maaf, beberapa link tidak aku sertakan.

Wallahu’alam.

16.11.2014 -> 23 Muharram 1436 H

Revisi:
17192021.11.2014 -> 24262728 Muharram 1436 H
27.11.2014 -> 05 Shafar 1436 H

1920.01.2015 -> 2829 Robiul Awal 1436 H


27.02.2015 -> 0809 Jumadil Awal 1435 H.
 
 

Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah utusan Allah.

0 komentar: