Menuju Tegaknya Khilafah dan Syariat Islam (4)




Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma'ruf dan mencegah dari yang munkar[217]; merekalah orang-orang yang beruntung. Q.S. Ali 'Imraan (3): 104.
[217]. Ma'ruf: segala perbuatan yang mendekatkan kita kepada Allah; sedangkan Munkar ialah segala perbuatan yang menjauhkan kita dari pada-Nya.

Jum’at siang, 24.10.2014 -> 30 Dzulhijjah 1435 H, aku liat di depan alun-alun kota Sukabumi ada demo yang sepertinya aksi damai yang dilakukan saudara-saudara Muslim aku dari Hizbut Tahrir (HT) atau Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) yang mengumandangkan penegakkan khilafah. Ngapain demo begitu?

Maaf, maksudnya syukron sudah menginginkan dan mengusahakan tegaknya khilafah Islamiyyah dan ingin menghentikan sistem demokrasi, tapi saat ini bukan begitu caranya karena khilafah sudah mulai muncul dan tegak, kaum Muslimin sudah mempunyai khalifah. Jadi kaum Muslimin tinggal berbai’at kepada khalifah yang sudah ada, Abu Bakar Al Baghdadi, atau minimal mengakui kepemimpinannya. Jika belum berbai’at kepada khalifah atau belum mengakui khalifah yang telah ada maka saat ini jika mau demo, yang baik dilakukan misalnya demo untuk hal yang lebih spesifik seperti menentang ajang kontes kecantikan atau menentang kepemimpinan non Muslim khususnya yang ada di beberapa wilayah Indonesia.

->Aksi untuk menegakkan khilafah sebaiknya dilakukan sesuai tahapan seperti yang sudah aku jelaskan, yakni dengan terlebih dahulu berbai’at/mengakui khalifah yang ada, dan setelah itu silakan mendemo pemerintahan yang tidak sesuai syariat Islam.

-> Di bulan harram diutamakan demo aksi damai, kecuali jika memang diperangi.
Maaf, sebelumnya terjadi kekeliruan, semestinya ditulis sbb: HT inget seseorang, mau nyapa dulu: Mr. and Mrs. HT how are you? Kapan mau masuk Islam? Please, jangan adain/ menyangkan kontes-kontes dan event-event yang tidak sesuai syariat Islam. Terima kasih untuk setiap tayangan atau setiap event yang mendekati atau sesuai syariat Islam. Trims atas perhatiannya.

Kemudian, jika di HTI banyak jam’ah pria yang sama-sama berjuang demi tegaknya khilafah Islamiyah, maka perempuan demo di barisan depan adalah hal keliru, semestinya pria Muslim berada di barisan depan. Tadi sedikit aneh melihat para Muslimah HT mengenakan pakaian warna-warni walaupun tidak mencolok, biasanya aku liat mereka cenderung pake GAMIS warna putih, abu atau warna gelap dengan jaket hitam. Maaf ralat, aku liat via Fb HTI ternyata para perempuan anggota HTI memang mengenakan pakaian Muslim berbagai warna. -> Sekedar mrngingatkan, meskipun saat ini aku belum dapat selalu berpakaian putih dan mengenakan gamis namuan aku selalu berusaha mengingat bahwa sesuai sunnah, model terbaik: gamis; warna terbaik: putih.

Maaf aku ralat kesimpulannya menjadi sebagai berikut: intinya kaum Muslimin jika ingin menuntut penegakkan khilafah harus terlebih dahulu mengakui kepemimpinan khalifah Islam Abu Bakar Al Baghdadi, bersatu di jalan Allah. Syukron atas perhatiannya. Mudah-mudahan kaum Muslimin dapat bersatu di jalan Allah, semoga Allah meridhai kaum Muslimin di dunia dan di akhirat.

Wallahu’alam.
24.10.2014 -> 01 Muharram 1436 H
Revisi:
253031.10.2014 -> 010607 Muharram 1436 H
0102.11.2014 -> 09 Muharram 1435 H





1254. Dari Abu Hurairah ra, dia berkata: “Rasulullah saw bersabda: “Sebaik-baik puasa setelah Ramadhan adalah puasa bulan Muharram, dan sebaik-baik shalat setelah shalat fardhu, adalah shalat malam.” (HR. Muslim) Riyadhus Shalihin Jilid 2 hal 351

1260. Dari Abu Qatadah ra, sesungguhnya Rasulullah saw ditanya tentang puasa Asyura, maka beliau menjawab: “Ia dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu.” (HR. Muslim) Riyadhus Shalihin Jilid 2 hal 355

1261. Dari Ibnu Abbas ra, dia berkata: “Rasulullah saw bersabda: “Jika aku masih hidup sampai tahun depan, niscaya aku akan puasa pada hari kesembilan (Tasu’a).” (HR. Muslim) Ibid

Mohon maaf, dikarenakan khilaf, aku tidak memberitahukan sejak awal memasuki bulan Muharram mengenai sunnah shaum di bulan Muharram. Dengan demikian aku sampaikan bahwa berdasarkan terjemah hadits di atas, kaum Muslimin disunnahkan shaum di bulan Muharram terutama pada tanggal 9 dan 10 Muharram.

->Mengenai shaum di bulan Muharram, aku diingatkan oleh salah satu tayangn di MNC tv, yang sempat sekilas terlihat oleh aku saat aku memindah-mindahkan channel. Saat itu aku hanya fokus pada shaum tanggal 9 dan 10 Muharram padahal jika memungkinkan dan sesuai kesanggupan, shaum sunnah sangat baik dilakukan selama bulan Muharram dan bulan-bulan harram, kecuali di harai nahar (Misal: Ied) dan hari tasyrik (11, 12, 13 Dzulhijjah).

->Astagfirullah, tahun 1436 H ini, aku lupa untuk menunaikan shaum di hari ke-9 Muharram (shaum Ta'sua), hal ini mungkin disebabkan karena aku banyak dosa. Mudah-mudahan kedepannya aku dapat menjadi Muslimah yang lebih baik. Semoga Allah mengampuni dosa-dosa aku, melimpahkan maghfirah dan rahmat-Nya kepada aku dan kaum Muslimin. Aamiin.

Mengenai Tahun Baru Islam, 01 Muharram. Aku memperingati dalam artian mengingat tahun baru Hijriayah tapi tidak merayakan perayaan pergantian tahun baru tersebut, khawatir bid’ah karena hari raya umat islam hanya Idul Fitri dan Idul Adha.

Mengenai tahun baru Hijriyah, Abi aku berpesan hal yang intinya agar tahun baru Islam tidak dibarengi dengan/ diperingati sebagai Hari Santri Nasional karena akan mengacaukan makna tahun baru Islam atau tahun baru Hijriyah. -> Mungkin maksud Abi adalah maknanya jadi tumpang tindih, tidak sesuai dengan hakikat tahun baru Hijriyah yang merupakan penanggalan bagi kaum Muslimin yang diambil dari proses hijrah di masa Rasulullah. Aku pikir memaknai hijrah dengan cara membiasakan dalam keseharian menunaikan berbagai ibadah, termasuk belajar dan berjuang di jalan Allah.

Waktu dulu seinget aku, setaip malem tahun baru Hijriyah, di wilayah aku sepi-sepi aja, sekarang jadi rame malah ada suara petasan segala dan terdengar suara-suara kendaraan. Innalillahi. Semakin dilarang malah menjadi, maksudnya dilarang oleh Rasulullah saw, belaiau melarang mengerjakan bid’ah kemudian aku juga menyampaikan inti sabda Rasulullah yakni untuk menjauhi bid’ah. Jika dirayakan dengan cara demikian apa bedanya sama orang kafir merayakan tahun baru? Anw aku pernah terkesima liat perayaan tahun baru Hijriyah waktu di Jatinangor, Sumedang, peringatannya sederhana, orang-orang berjalan malem-malem bawa obor sambil mengumandangkan kata-kata Islami. Tapi sekarang aku khawatir perayaan tahun baru Islam bagaimanapun bentuknya adalah bid’ah.

Sangat disayangkan bahwa ketua MUI saat ini dari Muhammadiayah tapi mentolerir bahkan mengajak pada bid’ah. Kenapa saat ini banyak orang Muhammadiyah jadi error dengan bersikap longgar terhadap bid’ah?

->Syukron aku ucapkan kepada ketua MUI dan jajarannya yang mengajak kaum Muslimin mengenakan pakaian Muslim putih, hanya mungkin waktunya sebaiknya bukan untuk acara bid’ah tapi untuk melaksanakan sunnah, jika memang mampu, dianjurkan mengenakan pakaian Muslim putih syar’i sesering mungkin.

Aku pikir kaum Muslimin tidak perlu sibuk merayakan tahun baru Hijriyah, lebih baik sibuk bikin kalender yang bener, yang seragam supaya umat Islam melaksanakan –terutama- shaum, Idul Fitri dan Idul Adha bareng, bersatu di jalan Allah untuk meraih ridha Allah. Kemudian, sebaiknya aku dan umat Islam seluruhnya membiasakan menggunakan tanggalan Hijriyah, bila masih sulit mungkin dapat menggunakan dua tanggalan, Masehi dan Hijriyah. Syukron jiddan kepada berbagai pihak yang telah menggunakan penanggalan Hijriyah. Semoga Allah meridhai kaum Muslimin di dunia dan di akhirat. Aamiin.

Wallahu’alam.
24.10.2014 -> 01 Muharram 1436 H
Revisi:
252627.10.2014 -> *010204 Muharram 1436 H
010203.11.2014 -> 0910 Muharram 1435 H
*Mohon maaf apabila aku sempat keliru dalam menuliskan tanggal pada penanggalan Hijriyah di atas.



Oia aku sampaikan permohonan maaf jika beberapa anggota keluarga aku bermain musik seperti di cafe lalu membawakan lagu-lagu galau, aku sudah menasihatkan untuk tidak membawakan lagu galau. Namun pesan Abi intinya lagu galau dibolehkan hanya tidak boleh berlebihan. Hanya saja, aku pribadi akan sangat berterima kasih untuk orang-orang yang menyanyikan lagu semangat berjuang; cinta dan kesetiaaan; -> Kalo cewe setia terhadap 1 suami tapi kalo cowo bisa setia terhadap 4 istri, poligami, terutama yang dilakukan di jalan Allah.
Mohon maaf, sebelumnya terdapat kekeliruan penulisan yang mungkin disebabkan kekurangtelitian aku yang saat ini kekeliruan penulisan tersebut telah aku perbaiki. Syukron atas perhatiannya. Semoga Allah meridhai kaum Muslimin di dunia dan di akhirat. Aamiin.
Wallahu’alam.
24.10.2014 -> 01 Muharram 1436 H
Revisi:
27.10.2014 -> 04 Muharram 1435 H
0102.11.2014 -> 09 Muharram 1435 H



Dan janganlah kamu mendekati zina; sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji. Dan suatu jalan yang buruk. Al Israa’ (17): 32

“44. Fertilisasi in vitro adalah suatu prosedur medis untuk mencampurkan sel telur dan sel sperma di luar tubuh dan kemudian memasukannya ke dalam uterus seorang calon ibu. ;…” Kloning Dalam Persepektif Islam, hal: 39.

Maaf, sepertinya aku baru sempat membahas “in vitro” terkait seorang artis sebut saja Julia Perez. -> Artis yang aku pernah ngerasa “senasib”, susah berhenti mencintai non Muslim, beruntung untuk hal tersebut sepertinya Ka Jupe lebih dulu sadar, alhamdulillah. Sedangkan aku, maaf, sampai tulisan ini dibuat, masih mencintai juga menyayangi pria-pria non Muslim, hal ini karena aku masih ingin berusaha mengajak mereka masuk dan memeluk Islam.

Kembali ke masalah in vitro, alhamdulillah, sudah ada beberapa alim (ulama) yang membahas hal tersebut. Setelah aku membaca berbagai sumber, aku menarik simpulan dan berpendapat yang intinya bahwa in vitro haram jika dilakukan oleh bukan pasangan suami istri sah, hal tersebut masuk kategori zina. Hal ini dikarenakan pandangan mata dengan syahwat terhadap lawan jenis bukan muhrim dapat dikategorikan ke dalam zina, terlebih, mempertemukan sel telur dan sperma, meskipun di luar tubuh, kemudian embrio dimasukan ke dalam tubuh wanita hingga lahirlah anak. Hal tersebut merupkan zina yang harus dihindari.

Kemudian in vitro yang dilakukan oleh pasangan belum menikah akan menghambat pelaksanaan syari’at Islam bernama pernikahan yang merupakan sunnah bagi kaum Muslimin; selain itu, anak hasil in vitro tanpa pernikahan sah dikhawatirkan mengenai ketidakjelasan nasab terutama terkait pemberian nama anak berdasarkan syari’at, karena dalam Islam setiap anak harus diberi nama syar’i yang diikuti dengan nama ayah kandung; kemudian anak hasil in vitro dari pasangan tidak sah akan membuat kerumitan terkait hubungan mahram serta bagi anak perempuan hasil in vitro tanpa pernikahan sah dikhawatirkan mengenai ketidakjelasan tentang orang yang akan menjadi wali nikahnya kelak; selanjutnya sang anak hasil in vitro di luar nikah kemungkinan akan mengalami kendala dalam hal waris.

Selain itu perlu dipertimbangkan pula kondisi psikologis maupun psikososial anak hasil in vitro tanpa pernikahan sah, terutama jika ia telah dewasa, jika mengetahui/ diketahui bahwa ia bukan anak dari hasil pernikahan sah.  

Mengenai in vitro bagi kaum Muslimin, sebelumnya aku menyatakan bahwa in vitro dibolehkan jika terpaksa, misalnya oleh pasangan yang telah lama menikah, dalam ikatan pernikahan sah dan syar’i, namun belum dikaruniai keturunan. Hanya aku khawatir dengan pendapat aku tersebut, aku harus memikirkan kembali lebih lanjut. Mungkin ada baiknya aku menyarankan pasangan menikah yang belum dikaruniai momongan untuk berusaha memohon keturunan kepada Allah dengan cara syar'i seperti lebih banyak mendekatkan diri kepada Allah, memohon kepada Allah keturunan yang shaleh melalui mendirikan shalat tahajjud; kemudian memperbanyak berdo'a memohon keturunan yang shaleh dengan membaca surah dari Al Qur'an surah Ibrahim ayat 40; atau jika mamapu berdo'a di tanah suci Makkah, memohon kepada Allah agar dikaruniai keturunan yang shaleh.
Sebagai upaya memperoleh keturunan, setelah berusaha melalui shalat dan berdo'a memohon keturunan yang shaleh, dapat pula dilanjutkan dengan melakukan upaya menjalani pengobatan tradisional yang syar'i.

Anw aku terinspirasi liat biodata Jupe setelah ada ibu penjual makanan yang pernah mangadress aku dengan sebutan Teteh dan biasanya memanggil aku dengan sebutan Neng, kemudian suatu kali tiba-tiba mengadress aku dengan kata Mba, aku merasa agak aneh, walaupun aku sedikit berdarah Jawa Tengah tapi selama di tanah Sunda jarang orang yang memanggil aku dengan sebutan Mba (maksudnya Mbak). Jadi terpikir untuk mengetahui suku bangsa public figure yang aku maksud dalam part ini supaya aku bisa memberikan sebutan yang tepat.->Sebelumnya, di tulisan ini, aku sapa Jupe dengan kata Mba tapi pas aku liat profilnya di Wikipedia ternyata ia seorang Sunda-Betawi jadi mungkin Teteh atau Kaka (Ka) lebih tepat sebelum aku bisa/terbiasa menyapa ia dengan kata ukhti.

->Ka Jupe lagi sakit ya.. Mudah-mudahan sakit yang diderita menjadi kifarat untuk dosa-dosa Ka Jupe, dan menjadi jalan untuk menjadikan Ka Jupe sebagai Muslimah yang bertaqwa. Semoga Allah memberi kesembuhan kepada Ka Jupe. Aku pernah liat Ka Jupe menganakan busana Muslimah menutup aurat, makasih ya Ka udah pernah menganakan pakaian Muslim. Ka Jupe pake hijab syar’i ya, mudah-mudahan Ka Jupe bisa berhijab syar’i, kemudian istiqomah berhijab syar’i. Semoga Allah mengaruniakan taufiq dan hidayah-Nya kepada aku dan Yuli Rachmawati (Jupe) untuk bertaqwa kepada Allah. Aamiin.

Sumber:
Media elektronik: Berbagai sumber terutama Tv salah satunya Trans 7. Untuk tausiyah mengenai invitro, ada di tayangan tv, namun maaf aku hanya melihat sekilas, tidak terlalu memeperhatikan. Walaupun demikian, aku membaca diantaranya ada artikel dari Republika Online mengenai invitro (Bagian 1), anw (Bagian 2)-nya, bagian akhir/kesimpulannya –dari NU- ngaco, jadi walaupun pada Bagian 1 terdapat penjelasan teknik invitro yang sepertinya kurang tepat, namun khususnya terkait hukum Islam mengenai invitro, aku menyarankan untuk membaca Bagian 1. Berikut linknya: http://www.republika.co.id/berita/dunia-islam/islam-digest/14/10/15/ndgwi1-hukum-donor-sperma-1



 
Buku: 
Kloning Dalam Perspektif Islam. Saleh Partaonan Daulay; Maratua Siregar. Jakarta: Teraju, 2005.
-> Berdasarkan ijtihad yang aku lakukan, kloning menurut pendapat aku adalah hal haram, menggambar makhluk bernyawa saja terlarang terlebih berusaha membuat makhluk bernyawa walaupun pada hakikatnya yang memberikan ruh adalah Allah. 

Walalhu’alam.
24.10.2014 -> 01 Muharram 1436 H
Revisi:
25262730.10.2014 -> *020406 Muharram 1436 H
01020308.11.2014 -> 091015 Muharram 1435 H
*Mohon maaf apabila aku sempat keliru dalam menuliskan tanggal pada penanggalan Hijriyah di atas.




Barakallahu laka wa Baraka ‘alaika wa jama’a bainakuma fi khoir.
“Semoga Allah memberikan berkat kepadamu, semoga Dia memberikan berkat kepadamu dan semoga Dia menyatukan antara kalian berdua di dalam suatu kebaikan.” (HR. Abu Dawud, Ibnu Majah dan At-Tirmidzi) Pedoman Pendidikan Anak dalam Islam 1: P. 521
Bagian ini terkait pernikahan public figure, Raffi Ahmad dan Nagita Slavina. Kabar mengenai pernikahan mereka diberitakan jauh sebelum hari “H”, hanya aku tidak berani terlalu memperhatikan karena saat itu dikabarkan bahwa pernikahan mereka akan berlangsung dengan megah. Aku sedang berusaha untuk hidup sederhana dan belajar mengenai hidup sederhana.
Bermegah-megahan telah melalaikan kamu[1598], [Q.S. At Takasuur (102): 1]
[1598]. Maksudnya: bermegah-megahan dalam soal banyak harta, anak, pengikut, kemuliaan, dan seumpamanya telah melalaikan kamu dari ketaatan.

Saat pernikahan mereka berlangsung aku merasa dilemma karena aku ingin mengucapkan selamat kepada kedua mempelai terlebih Raffi adalah selebritis Muslim yang pernah aku liat secara langsung tapi aku musti menasihatkan mengenai larangan berperilaku bermegah-megah yang sebenarnya sebelumnya telah aku sampaikan di salah satu tulisan aku terkait Raffi, selain itu juga musti mengingatkan mengenai hukum cambuk yang belum ia atau kami jalani. Akhirnya, saat hari pernikahan terutama setelah selesai akad, aku tidak memberikan ucapan selamat dan do’a yang mungkin aku tuliskan di blog untuk Raffi dan Nagita.

Hanya pada malam setelah akad nikah mereka aku memimpikan Raffi juga Nagita. Dalam mimpi aku, dalam suasana yang sepi dan santai, aku lupa ada siapa saja dalam mimpi tersebut, tapi aku melihat Raffi dan Nagita. Saat melihat mereka, aku berniat mengucapkan selamat dan mendo’akan pernikahan mereka. Di mimpi itu, aku bermaksud memberikan ucapan dan do’a langsung kepada Nagita karena kami sesama wanita, kalo ke Raffi aga kagok karena dia pria. Namun saat aku hendak menuju Nagita, tiba-tiba Raffi udah duluan menyampaikan protes dengan menyatakan hal yang intinya “Masa kamu ga tau aku nikah?” (Kenapa ga ngucapin selamat). Tanpa berkata-kata, aku yang memang berniat mengucapkan selamat dan mendoakan mereka langsung menemui Nagita yang terlihat kalem, aku mengucapkan selamat serta mendoakan mereka dengan do’a untuk pengantin sesuai as sunnah seperti yang tertulis di atas. Walaupun aku mengucapkan do’anya dengan tidak terlalu fasih, Raffi yang tadinya aga bete sama aku, ga jadi bete tapi malah menyimak ucapan selamat dan doa aku dengan seksama dan dengan senang. -> Alhamdulillah.

Oia aku sempat menemani salah satu anggota keluarga aku mengobrol, namun anggota keluarga aku tersebut ingin menyaksikan tayangan resepsi pernikahan Raffi dan Nagita, aku ga berniat nonton karena khawatir mengenai larangan bermegah-megahan tapi tetap aja beberapa tayangan terlihat, aku sangat menyayangkan banyak public figure terutama selebritis khususnya selebritis Muslimah yang tidak menutup aurat dengan baik, jauh dari berhijab syar’i, meskipun ada juga yang berusaha berhijab syar’i. Aku tidak melihat acara tersebut secara keseluruhan, setelah selesai menemani salah satu anggota keluarga aku aku pindah ke kamar adik kecil aku dan menonton salah satu station tv yang bersegmentasi menyiarkan program berita.

Dalil mengenai menutup aurat untuk Muslimah termaktub dalam surah Al Ahzab (33): 59 dan An Nur (24): 31.

Oia buat Mama Raffi khususnya, maaf ya waktu aku liat tayangan Mama Raffi pake jilbab dan kerudung, aku tidak menuliskan sambutan baik. Aku berterimakasih waktu itu Mama Rafi sempat mengenakan busana Muslimah. Semoga Mama Raffi, istri Raffi, Nagita, dan para saudara perempuan Raffi, Shahnaz dan Nisa, dapat berhijab syar’i, kemudian istiqomah berhijab syar’i. Aamiin.

->Pesan buat Raffi, Aa Raffi, setelah menikah musti lebih mencintai dan menyayangi Nagita ya, mencintai dan menyayangi Nagita karena Allah.
Pas aku baca lagi bagian di atas, aku sempet nangis, mungkin karena aku sayang sama Raffi sebagai sesama Muslim dan pingin Raffi menjalani hidup di jalan Allah, hidup bahagia dengan Nagita di jalan Allah, meraih kebahagiaan dunia akhirat dalam ridha Allah.

->Raffi dan Nagita, maaf ya, aku mau bilang bahwa waktu tayangan resepsi pernikahan malam itu aku berulangkali do’ain Aa Raffi poligami. Bahkan aku pilihin calonnya: yakni istri pertama itu Nagita; istri kedua sampai keempat adalah para mantan Raffi diantaranya Yuni Shara, Laudia Cinthya Bella dan Velove Vexia (jika para mantan tersebut belum memiliki pasangan), jika para mantan Raffi sudah memiliki pasangan maka pilih mantan pacar Raffi atau para wanita yang belum memiliki pasangan.

->Oia, aku dan salah satu anggota keluarga aku sempet juga membahas dua sahabat Raffi, yakni Irwansyah, sebagai public figure yang pernah sangat aku sukai karena Irwan memang tampan, kemudian ia aku anggap mirip salah satu kecengan aku dulu, orang yang pernah aku cintai. Mohon maaf terutama kepada istri Irwansyah, Zaskia Sungkar, karena saat mengobrol dengan salah satu anggota keluarga aku, aku sempat mengeluarkan kelakar poligami terkait aku dan Irwansyah. -> Aku memang sangat setuju dan sangat menganjurkan poligami tapi sepertinya aku ga bisa sembarangan bicara mengenai pasangan yang aku inginkan untuk melakukan praktek poligami. Semoga Allah mengaruniakan rahmat dan maghfirah-Nya untuk Irwansyah dan keluarga. Aamiin. Kemudian Ka Olga, public figure yang pernah aku kagumi karena suka berdo’a sambil nangis, kami prihatin atas apa yang menimpa Ka Olga. Semoga Allah mengaruniakan kesembuhan, rahmat dan maghfirah-Nya untuk Ka Yoga dan keluarga. Aamiin.

*Kemudian kepada salah satu anggota keluarga aku yang ada saat itu, aku juga sempet cerita mengenai Roger Danuarta, certain apa yang aku rasa terkait aktor tersebut, tapi aku ceritanya aga berat karena Roger non Muslim. Dan tambah berat lagi saat aku musti sebut juga orang yang aku cintai, Tex Saverio, yang juga seorang non Muslim. Salah satu anggota keluarga aku tersebut aga sedih jika aku bercerita mengenai orang yang aku sukai, terlebih orang yang aku cintai jika orang yang aku sukai, sayangi dan atau cintai tersebut adalah non Muslim. Semoga Allah mengaruniakan hidayah iman Islam kepada para non Muslim yang aku maksud. Aamiin.

Anw aku punya kenangan mengenai Raffi yang tertulis di daily planner, bonus dari majalah Gadis, dan di kertas isi organizer. Dulu saat menemani salah satu sahabat aku sebagai pemain figuran, aku sempet merhatiin Raffi di lokasi syuting dari siang sampe larut malam bahkan hampir tengah malem, syutingnya menghabiskan waktu yang lama. Jadi waktu itu, aku bersama salah satu sahabat aku sebagai pemain figuran, pas siang aku merhatiin aktor bernama Roger Danuarta, trus pas lebih siang lagi sampe larut malem, pas aku nemenin salah satu sahabat aku, aku merhatiin Raffi Ahmad. Tentunya aku juga liat rekan-rekan aktor Roger dan juga kawan-kawan Raffi. Btw dulu aku perhatiin Raffi karena dia tokoh utama di salah satu sinetron yang aku datangi lokasi syutingnya; abis gitu, terutama karena usianya, Raffi ngingetin aku sama adik aku hanya adik aku orangnya lebih kalem. Kalo aku liatin Roger, karena dia tokoh utama di sinetron yang aku sempet jadi salah satu pemain figurannya; dia memang good looking, dan Roger karena aku tau Roger non Muslim, dia ngingetin aku sama seorang cowo yang beda agama sama aku, yang aku kecengin saat itu. -> FYI, actually bagi aku, daripada melafalkan Roger, lebih mudah/ ringan untuk melafalkan nama lain dia, Wei. Waktu itu, aku mikirnya Roger itu cocoknya sama Agnes Monica, tapi kenapa ya waktu itu pas aku ga ketemu Roger lagi qo kerasa sakit.

-> Penting disampaikan bahwa sepertinya dulu Raffi ga ngeh sama aku, maklum aku bukan orang terkenal, kalo Roger aku ngga tau, aku juga maklum kalo dia ngga ngeh sama aku. -> Untuk bagian Roger, aku nulisnya sambil nangis.
-> Semestinya aku lebih bisa menjaga pandangan, walaupun aku akui ini adalah hal yang sangat sulit, terlebih semestinya sebagai wanita Muslimah, aku ga sembarang berada di luar rumah.

->Inget hukum cambuk untuk aku terkait konsumsi khamr dan hukum cambuk untuk Roger dan Raffi terkait penyalahgunaan narkotika.


FYI, kolom dalam daily panner terlihat ada yang kosong, ada pula yang berisi catatan, saat itu (tahun 2004) aku baru belajar membiasakan diri mengisi daily planner, memulai untuk berusaha rutin mengisi daily planner atau catatan harian, di bulan-bulan bahkan tahun-tahun berikutnya kebanyakan catatannya lebih jelas bahkan lebih rinci. -> Salah satu aktor China Indonesia itu membawakan inspirasi untuk perubahan yang aku alami, hanya pada hakikatnya yang membuat aku berubah adalah Allah. Selanjutnya aku memohon maaf karena dalam isi organizer di atas terdapat tulisan dengan huruf yang tidak sesuai dengan EYD, aku menuliskan huruf besar dan huruf kecil tidak sesuai dengan aturan, semestinya aku menulis sesuai EYD.  Selain itu dalam daily planner maupun isi organizer aku terdapat frasa " in front" yang aku tuliskan dengan benar di dalam daily planner namun aku tuliskan dengan keliru dalam kertas organizer, aku meminta maaf untuk kekeliruan tersebut.

Btw, di foto daily planner dan kertas isi organizer itu ada tulisan mengenai Ferdy “Element” yang ga sengaja aku ketemu dia dkk pas aku dan saudara-saudara makan di salah satu restoran cepat saji di Bogor. Waktu itu Ferdy dkk duduk di seberang meja aku dan saudara-saudara, kalo ga salah aku diingetin sama adik aku bahwa Ferdy anggota band Element. Menurut pendapat aku, Ferdy lebih cakep aslinya daripada dia di tv. -> FYI, lagu yang sangat mengena di hati aku dari Element adalah lagu “Cinta Sejati”.

*Aku memohon maaf jika selama beberapa hari ini terdapat kesalahpahaman yang dikarenakan aku tidak memberikan penjelasan yang intinya terkait Roger Danuarta, aku pernah menuliskan hal yang intinya adalah bahwa jika aku tidak bersama dengan orang yang aku cintai, Tex Saverio, aku mengharapkan kebersamaan yang abadi dengan Roger Danuarta apabila ia bersedia masuk dan memeluk Islam, kemudian jika ia bersedia untuk menikahi aku karena Allah. Sedangkan terkait Tex Saverio, ia adalah orang yang pernah aku pilih untuk bersama selamanya dalam pernikahan jika ia bersedia masuk dan memeluk Islam, kemudian jika ia bersedia untuk menikahi aku karena Allah. Atas pernyataan-pernyataan aku tersebut, aku harus mempertanggungjawabkannya, atau menyelesaikan dengan baik dan benar, jika bisa dengan syar’i. Aku ngga mau berperkara di akhirat kelak terkait mereka, aku takut kelak diadili oleh Allah. Semoga Allah mengaruniakan taufiq dan hidayah-Nya kepada aku untuk menyelesaikan perkara ini dengan cara yang diridhai-Nya di dunia dan di akhirat. Aamiin.

->Aku tidak meminta maaf untuk mengajak mereka masuk dan memeluk Islam, aku meminta maaf untuk kekeliruan aku terutama perkataan atau perilaku aku yang tidak sesuai syari’at Islam.

Foto daily planner dan isi organizer itu telah mengalami proses pengeditan misalnya sedikit pembiasan (blur) untuk nama bulan yang bukan nama bulan Hijriyah, agar tidak terlalu menarik perhatian; kemudian pembiasan (blur) untuk menghilangkan ciri-ciri makhluk bernyawa; bagian tulisan menganai beberapa perayaan yang tidak sesuai syariat Islam; tanda tangan para sahabat aku; serta nama salah satu mantan orang yang pernah sangat aku cintai. Mohon maaf apabila dalam daily planner dan isi organizer aku terdapat hal yang berentangan dengan syariat Islam. Semoga kedepannya aku dapat menjalani kehidupan dengan lebih baik sesuai syariat Islam. Aamiin.


Btw aku nonton tayangan syukuran bersama anak yatim yang diselenggarakan Raffi dan Nagita. Meskipun waktu itu aku agak bingung dengan acara syukuran tersebut karena merupkan syukuran akan suksesnya acara bermegah-megah, yang aku tidak setujui karena tidak sesuai syari'at Islam. Hanya, aku mau nonton tayangan tersebut karena syukurannya dilakukan bersama anak yatim dan terlihat sederhana, mencintai anak yatim serta kesederhanaan adalah sesuai dengan syri'at Islam. Hanya yang disayangkan adalah dalam tayangan tersebut masih terlihat orang-orang yang belum berbusana Muslim. Semoga yang belum berpakaian Muslim dapat berpakaian Muslim syar'i. Aamiin. Oia mau tanya ke Raffi: "Kenapa pake baju gambar naga, gambar makhluk bernyawa? Masa kamu ga tau aku bakar baju-baju motif naga? (Sebagai salah satu upaya mencontohkan pakaian sesuai syariat Islam.)" -> Tapi aku maklum kalo Raffi ga tau, aku kan bukan siapa-siapa. Setelah tayangan Raffi dengan pakaian naga tersebut, terlihat Raffi mengenakan kaos putih dan Nagita juga mengenakan baju putih. Raffi dan Nagita makasi ya uda pake pakaian warna putih, sesuai sunnah putih adalah warna terbaik bagi umat Islam, sayangnya belum syar'i. Raffi, kenapa waktu itu ga pake baju ala "Umroh bareng saya", gamis/ pakaian Muslim syar'i. -> Aku pernah kirim sms ke beberapa sahabat aku, yang isinya intinya Raffi ganteng banget dengan gamis Muslim tersebut. Tinggal  memelihara janggut dan menggondrongkan rambut sesuai sunnah*.
Nagita di acara syukuran itu udah pake baju sopan tinggal pake kerudung, baiknya pakai hijab syar'i. -> Nagita jangan marah ya sama aku, maafin aku untuk pernyataan-pernyataan yang tidak sesuai syariat Islam.
Anw, di tayangan tersebut aku juga liat para anak yatim laki-laki terlihat bagus dengan pakaian Muslim berwarna putih juga pakaian Muslim berwarna hijau, sedangkan para anak yatim perempuan terlihat bagus dengan kerudung, aku mengapresiasi mereka yang berusaha berpakaian syar'i.

* Mengenai gamis Muslim yang dikenakan Raffi di salah satu iklan, yang akan lebih sempurna jika dilengkapi dengan memelihara janggut dan menggondrongkan rambut sesuai as sunnah aku diinspirasi oleh gaya Deddy Corbuzier dan percakapan Titi Rajo Bintang dengan Rismawanda di salah satu acara, baik disengaja ataupun tidak mereka mengingatkan aku mengenai beberapa pedoman berbusana/ bergaya Muslim syar'i. -> Mba Titi usahakan pake hijab syar'i ya. Mudah-mudahan berbagai acara di Indonesia dapat berjalan sesuai syariat Islam. Semoga Allah mengaruniakan hidayah iman Islam kepada Deddy Corbuzier. Semoga Allah mengaruniakan taufiq dan hidayah-Nya kepada aku dan Titi Rajo Bintang untuk bertaqwa. Aamiin.

Aku mungkin masih terdapat kekurangan dalam berpakaian Muslim syar'i, hanya aku berharap semoga aku dan kaum Muslimin dapat berpakaian Muslim syar'i. Aamiin.

Di bagian ini ada kisah terkait pernikahan, fashion, film, music, majalah dan resto, semoga hal-hal tersebut dan berbagai aspek yang belum berjalan sesuai syariat Islam, kedepannya dapat berjalan sesuai syariat Islam. Sedangkan yang telah sesuai syariat Islam, dapat dipertahankan. Aamiin. Semoga Allah meridhai kaum Muslimin di dunia dan di akhirat. Aamiin.

Wallahu’alam.
3031.10.2014 -> 07 Muharram 1436 H
Revisi:
0102070815.11.2014 -> 0914151622 Muharram 1435 H



Apakah hukum Jahiliyah yang mereka kehendaki, dan (hukum) siapakah yang lebih baik daripada (hukum) Allah bagi orang-orang yang yakin? Al Maa’idah (5): 50

Mengenai pelantikan menteri pada masa kepemimpinan presiden dan wapres terpilih: Meskipun aku masih merasa terpaksa mengakui pemimpin baru Indonesia tapi aku harus mengakui bahwa sepertinya ada perbaikan pada pakaian presiden beserta istri, wapres beserta istri juga para menteri saat pelantikan, baju berwarna putih serta juga batik terlihat lebih sederhana dibanding pemandangan pakaian para pejabat sebelumnya yang biasa berjas, hanya pakain tersebut belum syar’i. Semoga Presiden dan kaum Muslimin dapat berpakaian Muslim syar’i.

Oia mengenai para menteri. Aku pikir, dalam Islam, memimpin para pria baiknya pria maka para menteri sebaiknya adalah para pria Muslim kecuali menteri pemberdayaan wanita boleh seorang Muslimah. Kemudian, untuk menghindari kepemimpinan non Muslim, para non Muslim terlebih jika mereka  ahli atau professional cukup dijadikan staff ahli di bidang masing-masing yang tidak bertentangan dengan syriat Islam, di bawah kepemimpinan para menteri Muslim.  

Kemudian kasus tukang -tsk- sate sempat membuat emosi jiwa, aku dan salah satu anggota keluarga aku sempat sangat kesal. Apalagi saat melihat ibu dari tukang sate tersebut memohon hingga sujud-sujud. -> Diberitahukan bahwa di dalam Islam, tidak dibenarkan bersujud kepada manusia, bersujud hanya kepada Allah. 
Saat memperbincangkan kasus tersebut melalui sms dengan salah satu anggota keluarga aku, aku sempat menyatakan hal yang intinya bahwa kenapa aku sama Ahmad Dhani ga ditangkep aja gara-gara saat kampanya suka protes terhadap -calon- presiden terpilih? -> To Mas Ahmad Dhani: Mas Ahmad Dhani, maaf aku jadi bawa-bawa nama anda saat membahas kasus tersebut. Maafin aku ya. -> Ini keinginan terpendam pengen ketemu Ahmad Dhani gitu ya, salah satunya pengen membahas musik sesuai syariat Islam?

->Hal yang pengen aku ungkapkan aku tujukan kepada Presiden, lalu Abi aku, kemudian Ahmad Dhani dan para pria khususnya pria Muslim adalah mengenai kesetiaan, ga boleh sembarang cerai: perceraian dibenci oleh Allah, haram mengganggu apalagi merebut istri orang, kemestian menjaga dan melindungi para wanita di jalan Allah, dan anjuran melaksanakan poligami di jalan Allah. Kemudian, bagaimana supaya aku dan para Muslimah menjadi Muslimah shalehah, bertaqwa kepada Allah.

Kembali ke kasus tukang -tsk- sate, tambah kesel lagi saat kuasa hukum dari presiden terpilih menyatakan hal yang intinya bahwa penangkapan tukang sate tersebut merupakan bentuk penegakkan hukum. Aku sempet sms Umi aku yang isinya "Umi,trkait kasus tkng tsk sate,kuasa hukum presiden blng hukum harus dtegakkan,kl memang dmikian presiden duluan yg kudu dihukum,dy uda mrugikan rakyat bnyk scr iman kmudian materi dgn mnyisakan pmimpin kafir dan dduga trlibat korupsi bus.Kl ga mnegakkan syariat Islam,musti dikudeta&dipecat itu presiden!". Aku heran, kenapa rakyat kecil ditindak sedemikian rupa tapi para pejabat yang jelas-jelas merugikan rakyat banyak yang tidak ditindak. Jika gambar yang diposting tukang sate kabarnya gambar yang keterlaluan, terkait pornografi, hal tersebut memang perlu ditindak seperti hukuman pengasingan karena telah berbuat hal yang dikategorikan berbuat kerusakan. -> Untuk kasus ini kurungan tidak perlu terlalu lama sampai 12 tahun. Hanya sebelum menegakkan hukum kepada tukang sate baiknya presiden dulu yang dihukum karena telah menyisakan para pemimpin kafir dan diduga terlibat korupsi bus. Atau khususnya untuk kasus korupsi, mungkin aku bareng presiden dan koruptor lainnya duluan dihukum potong tangan.

Anw kabarnya beberapa saat kemudian keluarga tukang sate diberi bantuan oleh pihak presiden? kemudian tukang sate tersebut dibebaskan.

Selain kasus tukang sate, ada lagi kasus rakyat kecil curhat di media sosial saat pilpres terus ditangkep. Dan ternyata, itu terkait masalah penipuan yang merugikan institusi keamanan negara. Terkait situasi dan kondisi yang melatarbelakangi kasus ini, hukum Islam untuk kasus penipuan macam ini apa ya?

Maaf, sebelumnya sepertinya keputusan aku kurang tepat, aku berusaha untuk memperbaiki, sbb: Untuk tukang sate yang kabarnya melakukan pencelaan yang berlebihan kepada presiden dan mantan presiden baiknya meminta maaf, sedangkan untuk tindakan menyebarkan konten pornografi yang termasuk membuat kerusakan di muka bumi, berpotensi merusak moral masyarakat, maka hukumannya adalah diasingkan untuk beberapa waktu, baca Q.S. Al Maa'idah (5): 33; kemudian jika keluarganya tak mampu memang baiknya keluarganya dibantu oleh pemerintah. Sedangkan untuk kasus mencela salah satu mantan capres, baiknya pelaku meminta maaf, sedangkan untuk melakukan pemalsuan identitas yang berpotensi merugikan institusi negara juga dapat meresahkan masyarakat hukumannya adalah dikurung/ dipenjarakan selama beberapa waktu; kemudian seperti kasus di atas, jika keluarganya merupakan orang yang membutuhkan memang baiknya keluarganya dibantu oleh pemerintah. 

-> Anw actually, aku aga ga enak hati kritik presiden terpilih soalnya aku juga punya salah gitu sama dia dan aku belum minta maaf. Aku musti minta maaf untuk salah satu kekeliruan aku, namun tentunya melalui tulisan ini, aku mengingatkan presiden terpilih untuk melarang kepemimpinan kafir terlebih menyerukan penegakkan kalimat tauhid kemudian menyerukan penegakkan syariat Islam.

Ya Allah, karuniakanlah taufiq dan hidayah-Mu kepada aku, presiden terpilih dan kaum Muslimin Indonesia untuk bertaqwa kepada Engkau. Aamiin.

Wallahu'alam.

31.10.2014 -> 07 Muharram 1436 H
Revisi:
081015.11.2014 -> 15161722 Muharram 1435 H





Dari berbagai berita dan informasi yang ada di media elektronik dan media online, aku diingatkan bahwa aku lalai dalam memperhatikan kasus bencana erupsi Gunung Sinabung, kasus Mers dan Ebola, mohon maaf atas kelalaian aku tersebut.
Mengenai erupsi Gunung Sinabung, aku prihatin atas bencana yang menimpa warga sekitar Sinabung. Aku tidak dapat memberikan bantuan materal kepada mereka, tapi aku berdo’a semoga Allah memberikan jalan keluar terbaik untuk mereka. Aku berterima kasih kepada pemerintah Pa SBY juga Pa Jokowi yang telah memberikan perhatian kepada warga di sekitar Gunung Sinabung. -> Pa SBY dan Pa Jokowi bagaimanakah agar syariat Islam tegak? Hanya aku juga prihatin karena sepengetahuan aku, di sekitar Gunung Sinabung termasuk tanah Karo banyak terdapat non Muslim. Salah satu kerabat kake aku, Om Ngamet Surbakti, sepengetahuan aku dulu ia tinggal di tanah Karo. Waktu kecil aku pernah sekali bertemu dengan Om Surbakti saat ia berkunjung ke Sukabumi, sayangnya ia seorang non Muslim. Aku ngga tau paa Om Surbakti ini masih hidup, telah sekian lama keluarga kami tidak saling berkabar. Semoga Allah mengaruniakan hidayah-Nya  kepada para non Muslim di tanah Sumatera dan di seluruh tempat untuk masuk dan memeluk Islam. Semoga Allah mengaruniakan taufiq dan hidayah-Nya kepada kaum Muslimin di tanah Sumatera dan di seluruh tempat untuk bertaqwa kepada-Nya Aamiin. 

31.10.2014 -> 07 Muharram 1436 H


Televisi: Tv One, Trans 7, RCTI, MNC, Global dan Metro. Internet: Google, Republika Online, Wikipedia, Yahoo. Terima kasih aku ucapkan kepada berbagai pihak, Muslim maupun non Muslim, yang telah membawakan inspirasi untuk tulisan ini serta untuk perbaikan tulisan ini. Semoga Allah mengarunikan hidayah kepada para non Muslim untuk masuk dan memeluk Islam. Semoga Allah mengaruniakan taufiq dan hidayah-Nya kepada kaum Muslimin untuk bertaqwa kepada-Nya. Semoga Allah meridhai kaum Muslimin di dunia dan di akhirat. Aamiin.

31.10.2014 -> 07 Muharram 1436 H
Revisi:
0815.11.2014 -> 1622 Muharram 1435 H

 
Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah utusan Allah.

0 komentar: