Menuju Musik Sesuai Syariat Islam



Menuju Musik Sesuai Syariat Islam

Terkait foto-foto kaset yang beberapa waktu lalu aku share di Fb, aku mau menuliskan beberapa hal berikut:

Terjemah hadits:

Dalil terkait musik
…, diriwayatkan Ibnu ‘Asakir dalam Tarikh-nya, Ibnu Shashari dalam ‘Amali-nya dari Anas bin Malik ra. ia berkata:
“Barang siapa duduk mendengarkan penyanyi wanita, pada hari kiamat Allah akan menuangkan ke telinganya timah yang mendidih”. Pedoman Pendidikan Anak dalam Islam jilid 2. Hal: 324.

-> Aku sempat mendiskusikan hadits di atas bersama Abi, dalam hadits aslinya dalam bahasa Arab, berdasarkan dalil terkait musik khususnya nyanyian wanita tersebut diketahui bahwa Rasulullah Muhammad saw tidak mengatakan “man sami’a” (barang siapa mendengarkan) tetapi beliau menyatakan “man yastami’u”, fi’il mudhore = sedang /akan, atau mungkin dalam riwayat  lain “man istama’a”, fi’il madhi = telah,  yang maksudnya adalah mendengarkan secara taat/ berlebihan. Dengan demikian, dibolehkan mendengarkan suara nyanyian wanita selama tidak mendengarkan secara berlebihan, dibatasi. Tentunya nyanyiannya/ lagunya dan berbagai aspek lainnya semestinya sesuai syariat Islam.

                Dari Amir bin Sa’ad Radhiyallahu Anhu, ia menceritakan: “Aku pernah mendatangi Qurdhah bin Ka’ab dan Ubay Mas’ud Al-Anshari dalam suatu pesta pernikahan, di mana ada beberapa orang budak perempuan menyanyi. Lalu aku bertanya kepada mereka berdua: “Kalian adalah sahabat Rasulullah, siapa Ahlul Badar yang mengerjakan ini di tempat kalian? Keduanya menjawab: Jika mau, engkau boleh bergabung dengan kami mendengarkannya dan jika tidak, maka boleh juga engkau pergi. Karena, Rasulullah telah memberikan keringanan kepada kita untuk mengadakan permainan dalam pesta pernikahan.” (HR. An-Nasa’I, Al Hakim dan ia mengshahihkan hadits ini). Fiqih Wanita Edisi Lengkap. Hal: 431-432.
->Saat utama memainkan musik adalah pada saat pesta pernikahan.
1558. Dari Aisyah r.a.: Abu Bakar datang kepadanya sedang Nabi s.a.w. di dekatnya pada hari raya Fitri atau Adha. Dan di dekat Aisyah ada dua orang biduanita yang mennyanyikan lagu orang Anshar di hari Bu’ats (hari atau tempat yang dirayakan sebelum Islam). Abu Bakar berkata: “Bunyi-bunyian syeitan”. Dikatakannya dua kali. Sabda Nabi: “Biarkanlah keduanya (keduanya melagu dan memetik gitar) hai Abu Bakar! Tiap-tiap kaum ada hari rayanya. Dan hari raya kita hari ini.” Sahih Bukhari III. Hal: 239-240.         

->Saat utama lainnya untuk bermain musik, selain saat pesta pernikahan adalah saat hari raya Idul Fitri dan Idul Adha.
Info: Sampai saat ini, aku dan keluarga aku sampai saat ini memainkan dan mendengarkan music di luar-saat sat utama tersebut.

Ralat:

Di Fb, aku sempat menuliskan comment sbb:
“Hari ini lagi ga mood buat cerita tapi tetep mau berdo’a: Semoga Allah mengaruniakan hidayah-Nya  kepada para non Muslim terkait posting-posting aku di hari ini untuk masuk dan memeluk Islam. Aamiin.”


Semestinya aku menuliskannya sbb:

“Hari ini aku lagi ga mood buat cerita tapi aku tetep mau berdo’a: Semoga Allah mengaruniakan hidayah-Nya  kepada para non Muslim terkait posting-posting aku di hari ini untuk masuk dan memeluk Islam. Aamiin.”


Kemudian keterangan foto, dari kanan ke kiri: Kaset Keith Martin album Love of My Life. -> Edited, penghilangan ciri-ciri makhluk bernyawa. Di kaset tersebut terdapat keterangan hanya untuk dijual di Indonesia.; Kaset Ada Band album The Best of Ada Band: Discography.

Cerita/kisah:
Tulisan yang berhubungan dengan musik ini belum menceritakan berbagai jenis lagu dan genre musik yang aku suka secara spesifik. Serta belum memuat penjelasan yang lengkap mengenai hukum Islam untuk musik.

Dulu, Abi aku membatasi aku dan keluarga aku dalam hal mendengarkan musik. Waktu aku kecil, musik yang boleh aku dengarkan adalah lagu anak-anak dan musik yang seringnya diputar oleh keluarga aku seperti “lagu-lagu nostalgia”, “evergreen songs” dan lagu-lagu Jazz. Ketika aku beranjak lebih besar, Abi aku aga sedikit membolehkan aku untuk mendengarkan lagu yang aku suka, lagu-lagu umumnya bergenre pop yang sedang populer pada masa tsb.

Aku tergolong sangat jarang membeli kaset atau CD, dulu biasanya aku mendengarkan musik dari kaset dan CD lagu-lagu milik saudara aku yang memang sering mengoleksi kaset maupun CD. Hanya saja, ada dua kaset yang sangat berkesan, yang aku beli atas keinginan sendiri karena ada lagu-lagu yang sangat aku suka di kaset-kaset tsb, lagu Ada Band dan Keith Martin. Kaset-kaset tersebut , disamping kaset-kaset Jazz dan beberapa CD lagu, aku bawa kemanapun aku tinggal, menetap, saat berpindah kost (saat kuliah) maupun saat di rumah.

Lagu Ada Band yang dulu berhasil membuat aku sangat ingin membeli kasetnya sekaligus lagu yang sempat menjadi lagu yang paling sering aku dengarkan, lagu yang membuat aku tidak ingin terlalu memperhatikan lagu-lagu lainnya di album tsb, adalah lagu “Masih”. Sampai saat ini, aku masih suka lagu tersebut. Terkait Ada Band, di luar lagu-lagu di album “Discography” ada lagu Ada Band yang menurut aku menarik yakni lagu “Yang Terbaik Bagimu”, yang dinyanyikan oleh Ada Band bareng Gita Gutawa. Menuurt pendapat aku, lagu tersebut bagus, mendidik, mengingatkan untuk berbakti kepada ayah. Kemudian aku suka kata-kata berikut di salah satu lagu Ada Band yang berjudul “Karena Wanita”, liriknya adalah “Karena wanita ingin dimengerti lewat tutur lembut dan laku agung.” -> Waktu denger kata-kata ini rasanya terdengar tepat, pria sepatutnya memperlakukan wanita dengan baik, terutama dengan cara yang syar’i. Oia dalam Islam, tidak dibenarkan semena-mena menceritakan keindahan tubuh wanita, dan hindari menceritakan hal tersebut termasuk dalam lagu, namun mungkin dibenarkan menceritakan kebaikan akhlak, seperti setia, baik hati, suka menolong, patuh terhadap suami dan kebaikan lainnya, terutama kebaikan yang dilakukan di jalan Allah. Oia aku ga terlalu suka lagu sedih, lagu bingung dan lagu galau, aku suka lagu yang menyemangati untuk terus setia, saling mencintai, dan saling percaya, dan kebaikan-kebaikan lainnya terutama yang dilakukan di jalan Allah.

Sedangkan dalam album Keith Martin yang aku beli, dulu menurut pendapat aku, ada dua lagu yang sangat menarik, yakni lagu “Love of My Life” dan satu lagu yang membuat aku sangat ingin membeli kaset tersebut sekaligus lagu yang paling sering aku dengarkan, yakni lagu “Because of You”. Dulu aku suka lagu-lagu Keith Martin karena kesan yang aku tangkap dari lagu-lagu cintanya itu adalah mengenai kesetiaan, tekad mempertahankan cinta. -> Keith Martin ati-ati kalo pindah ke Indonesia, jangan sampe anda menyanyikan lagu galau seperti yang dibawakan/ dinyanyikan banyak orang Indonesia. Astagfirullah, istighfar aku liat banyak orang Indonesia nyanyiin lagu galau. Mudah-mudahan kelak ada perubahan sesuai syariat Islam. Aamiin.

Lagu “Because of You” ini pernah aku tujukan buat seseorang, orang yang pernah sangat aku cintai, seorang Muslim. Dulu kedekatan aku dan seorang ini terjadi ga lama setelah aku menjadi lebih pemberani yakni setelah aku bertemu seorang aktor yang belakangan ada kalanya aku menyebut dia dengan nama Wei. Selain setelah ketemu aktor tersebut juga sambil disemangatin sama salah satu lagu milik musisi Ahmad Dhani. Waktu itu, aku berpikir buat menujukkan lagu “Because of You” untuk seorang yang aku maksud karena dulu aku orangnya cuek banget, it seemed that “cuek” was my middle name, sahabat-sahabat aku saat itu aku juga bilang yang intinya bahwa aku orangnya sangat cuek. Namun semenjak aku mengenal seorang tersebut, aku banyak berubah, ia banyak memberi aku nasihat juga perhatian, hingga aku menjadi cukup perhatian terhadap orang lain dan lingkungan. Alhamdulillah. Dulu aku memutuskan untuk mengenal lebih dekat seorang ini karena aku sangat ingin dapat bersama dengan orang yang telah cukup lama aku sukai, sahabat seorang tersebut, yang saat itu merupakan seorang non Muslim. Kabarnya sekarang seorang non Muslim yang pernah sangat aku sukai bahkan cintai tersebut telah masuk Islam. Alhamdulillah.
Sekarang, aku berusaha ga seperti dulu yang deket sama cowo dengan cara semacam pacaran, pacaran terlarang dalam Islam, yang dibolehkan dalam Islam adalah ta’aruf. Buat Abang and Aa (sepertinya bisa dipanggil Koko): maafin aku. Semoga Allah senantiasa merahmati dan melindungi para mantan orang yang pernah sangat aku cintai yang beragama Islam.

FYI, belakangan setelah aku denger ulang, di lagu “Because of You” ada line lirik yang aku suka yakni “thank you for the love and the joy you bring”, sayangnya ada lirik yang cukup menggangu, yakni bagian lirik yang berbunyi “the magic in your eyes”. -> Cukup sampai frasa tersebut. Bagian yang membuat tidak nyaman adalah kata magic, aku sekarang ga setuju magic soalnya dalam Islam magic atau sihir itu terlarang; kemudian aku jadi inget kisah menyeramkan sihir zaman Firaun; abis gitu aku juga jadi inget Deddy Corbuzier, zaman dia bawain acara yang ada kata-kata “tatap mata saya”. Aku dulu suka nonton acaranya dan suatu kali walaupun dari jarak yang berjauhan, Deddy and I did something that I thought it was amazing. Ia sekarang menjadi host acara talk show, aku lebih suka ia jadi host, apalagi jika guest starnya berpakaian syar’i dan tema perbincangannya juga sesuai syariat Islam. Harapannya semoga Deddy Corbuzier menjadi seorang Muslim yang memandu berbagai acara syar’i. Aamiin.

Oia, aku kaget waktu liat akun-akun jejaring sosial atas nama seorang yang pernah aku cintai, sebut saja Roger Danuarta (Wei), mengupload foto dia sama Keith Martin berikut ada keterangan frasa “Because of You”. Orang yang pernah sangat aku sukai bersama penyanyi yang pernah sangat aku favoritkan berikut lagu yang pernah sangat aku gandrungi. Anyway, waktu dulu aku sedih ga bisa ketemu lagi aktor yang dimaksud tapi aku ga tau harus cari dia kemana, Jakarta kan luas, -> ngetik bagian ini sambil nangis, aku ngga tau informasi tentang aktor ini: alamat dia, agency dia, berikut aku tinggal di Sukabumi. Ditambah, dulu (11 tahun lalu) penggunaan internet belum seperti sekarang ini. Beserta saat itu aktifitas aku aga dibatasi karena akan menghadapi Ujian Akhir Nasional. Terlebih saat itu ada beberapa cowo yang aku suka. Diperparah dengan perasaan, rasanya ga masuk akal / berlebihan untuk jatuh cinta sama seorang artis, aku kan orang biasa. Sekarang, aktor ini kabarnya sedang berada di salah satu tempat yang masih termasuk wilayah Sukabumi, tapi aku tetep ga bisa nemunin dia, sampe saat ini orang tua aku ngelarang aku buat menemui aktor ini terutama karena aku dan dia beda agama.

-> Anw aku sempet heran, beberapa hal yang paling berkesan bagi aku dari mulai lagu, gambar (lukisan), salah satu jenis makanan, dan pengalaman berkesan tergambar dengan jelas di beberapa account atas nama seseorang tersebut. Untuk lagu dan lukisan sempet bikin aku berulangkali nangis. Astaghfirullah.

 -> Dengan berbagai keanehan yang ada, aku sempet mikir seperti ‘Ini orang-orang kafir dan musuh-musuh Allah ngerjain aku: bajak komputer, tanya qorin, intai via satelit dll.’, ‘Ini si Iblis pasti ikut campur.’, ‘Licik banget sih si Iblis, dia udah tau sepak terjang manusia, idupnya udah lama sebelum Nabi Adam, sedangkan aku baru lahir 28/29 tahun yang lalu’. Tapi aku musti inget bahwa semua yang terjadi adalah atas izin Allah, tinggal bagaimana aku menyikapinya di jalan Allah, semoga Allah melindungi dan meridhai aku di dunia dan di akhirat. Aamiin.

Kembali mengenai lagu Keith Martin, dalam lagu “Love of My Life”, setelah belakangan aku dengakan kembali, bagian lirik yang paling aku suka adalah “I promise you fidelity in me you’ll find security. Bicara mengenai “security”, entah kenapa dulu waktu ketemu Roger aku ngerasa aman ada di sekitar dia, maksudnya dulu aku ngerasa dia bukan orang yang bakal semena-mena menyakiti aku maupun orang lain, di mata aku dia terlihat sebagai orang yang penuh kasih. Kalo sekarang, aku khawatir menyayangi dia yang seorang pria non Muslim dapat mengganggu aqidah aku, dalam konteks kasih sayang secara khusus bukan secara umun, aku yang sorang Muslim sepantasnya mencintai atau menyayangi sesama Muslim. Lanjut lagi mengenai lirik, dalam lirik lagu “Love of My Life” tersebut  ada kata-kata yang menurut aku aga riskan buat aku sebagai Muslim, yakni pada lirik “all my heart and soul I give to you”. Aku pikir bukanlah hal yang syar’I memberikan seluruh hati dan jiwa kepada sesama manusia. Mungkin bisa digunakan kata seperti mencintai setulus hati atau memberikan cinta setulus hati. Namun demikian, lirik tersebut membawakan inspirasi bagi aku untuk berusaha menanamkan kata-kata sbb ke dalam benak aku “all my heart and soul I give to Allah.”
Aku pribadi berpikir, tidak mengapa seorang pria menyanyikan lagu cinta untuk setia pada satu kekasih, hanya aku pikir hal tersebut kurang pas karena dalam ajaran Islam pria boleh memiliki empat cinta dengan cara yang sah dalam waktu yang bersamaan. Lagu hanya memiliki satu cinta cocoknya dinyanyikan oleh para wanita.

Kalimat “I promise you fidelity in me you’ll find security” membuat aku berpikir bahwa Yang Maha Menepati Janji, Yang Mahabenar, Yang Maha Setia, dan Yang Maha Melindungi adalah Allah swt.
Beralih Topik Pembicaraan (BTP), yang pengen aku bilang buat orang yang aku cintai, Tex Saverio: Selama apa yang aku atau kita mulai belum berakhir, kalo ada “apa-apa” antara aku sama cowo lain, aku berusaha bilang sama kamu, no cheating. Aku juga mau kamu tau bahwa, sejak aku mencintai kamu, aku banyak berubah, aku berusaha untuk lebih mengenal dan mempelajari agama aku, Islam*. Kemudian aku mau kamu tau bahwa sampai saat ini Roger sangat berarti buat aku. Jika Allah tidak mempertemukan aku sama dia, Roger, mungkin dulu aku ga berani menjalin kebersamaan dengan cowo-cowo non Muslim, termasuk juga mungkin aku ngga akan berani minta kenalan dan mencintai kamu, Tex. Namun harus aku akui bahwa orang yang ngingetin aku mengenai Roger dan bikin aku ngeh bahwa ternyata aku sempat mencintai Roger adalah kamu, Tex Saverio.
Belakangan aku baru menyadari esensi mengenal para cowo non Muslim adalah mengajak mereka untuk masuk dan memeluk Islam.

-> Orang yang kita sayangi atau cintai bisa jadi menjadi perantara atau pembawa motivasi perubahan diri, namun pada hakikatnya Allah lah yang memberi petunjuk kepada seseorang untuk menjadi baik, sedangkan perubahan diri ke arah yang buruk disebabkan kelalaian diri sendiri. Semoga Allah menunjukki para non Muslim ke jalan Islam. Semoga Allah menunjukki aku dan kaum Muslimin ke jalan yang diridhai-Nya di dunia dan di akhirat. Aamiin.

*Walaupun aku mencintai orang yang beda agama sama aku, aku ingin tetap dalam Islam: hidup, mati dan dibangkitkan dalam keadaan Islam. Kemudian aku berharap orang yang aku cintai juga orang-orang yang pernah aku cintai atau sayangi dari kalangan non Muslim bersedia memeluk Islam.

->Buat orang yang aku cintai, Tex, dan juga para non Muslim, yang pernah aku cintai atau sayangi, kalo misalkan ngambek atau ga suka  sama aku jangan bikin aneh-aneh seperti misalnya semakin sengaja upload foto-foto, gambar-gambar atau apa pun yang tidak sesuai syariat Islam. Jika ada kesalahan aku dalam menyebarkan Islam, itu kesalahan pribadi aku, bukan kesalahan agama aku, Islam, Islam dirancang oleh Allah dengan sempurna.

->Kembali aku nyatakan hal yang intinya bahwa siapa pun pria non Muslim yang memerangi Islam dan umat Islam kemudian tidak mau bertaubat, meskipun ia orang yang aku cintai/sayangi, atau orang yang pernah aku cintai/ sayangi, bagusnya mati aja.

Buat Roger and Tex, kapan kalian mau masuk dan memeluk Islam? Semoga Allah mengaruniakan hidayah kepada Roger Danuarta dan Tex Saverio untuk masuk dan memeluk Islam. Aamiin.
Btw, buat aku kesamaan selera music antara aku dan pasangan aku adalah hal penting, sedikit berbeda tak mengapa, tapi musti lebih banyak samanya. Musik bisa jadi salah satu sarana untuk lebih saling mencintai, memperhatikan, mengingatkan dan mungkin menasihati. Sejauh ini aku cenderung “ngeberantemin” kekasih aku, atau cowo yang aku cintai atau cowo yang aku sayangi kalo selera musik kami jauh berbeda atau ada hal yang menurut aku “ngga gue banget” atau “ngga banget”. Rasanya ada beberapa cowo yang pernah aku sayangi atau pernah maupun masih aku cintai yang pernah aku “berantemin” gara-gara musik. Dalam kasus ini, aku ga mau lagi berantem sama kekasih aku apalagi suami aku kelak gara-gara selera musik kami yang berbeda.
Seperti yang sudah aku nyatakan sebelumnya bahwa aku ga terlalu suka lagu sedih, lagu bingung dan lagu galau. Aku juga ga suka lagu yang lagunya seperti dinyanyikan oleh orang yang sedang ngeganja/madat: slow, mendayu, tidak bersemangat. -> Sepertinya aku pernah ngadat sama orang yang aku sayang gara-gara lagu seperti ini. Berikut aku juga ga suka lagu berikut perilaku penyanyinya yang membuat tabiat aku semakin liar, angkuh, tak terkendali serta tabiat buruk lainnya. 

-> Nampaknya aku pernah naik pitam dengan diketahui oleh orang yang aku cintai gara-gara lagu seperti ini.  Aku suka lagu yang menyemangati untuk terus setia, saling mencintai, saling mengasihi, dan saling percaya, saling menjaga, saling melindungi, dan kebaikan-kebaikan lainnya terutama yang dilakukan di jalan Allah.

Kepada berbagai pihak terutama orang yang pernah aku cintai, Roger Danuarta dan orang yang masih aku cintai, Tex Saverio, beberapa hari belakangan ini aku membuat sesuatu yang berpotensi menimbulkan kesalahpahaman, upload foto-foto lalu nge-tag tanpa memberi penjelasan, *maafin ya..
Aku juga kepikiran perasaan kekasihnya Roger maupun kekasihnya Tex dengan perilaku aku semacam ini, khawatirnya mereka punya kekasih, cewe, dan aga sedih atau mungkin aga terganggu dengan perilaku aku ini. Aku ga bermaksud merebut kekasih orang, seinget aku sejauh ini aku ga pernah meminta orang yang aku cintai atau sayangi meninggalkan kekasihnya. Aku biasanya pengen kekasih aku mencintai kekasihnya juga mencintai aku. Sebenernya ini khusus untuk pria Muslim, aku pengen pria tau bahwa mereka benar-benar berhak untuk mencintai dan memiliki serta dicintai dan dimiliki oleh empat orang wanita yang menjadi istrinya. Aku bersyukur dan bangga jika ada pria yang dapat berusaha terlebih mewujudkan hal tersebut di jalan Allah.

-> Kecuali jika kekasih dari kekasih aku itu pria, atau mungkin jika kekasih dari kekasih aku adalah seorang wanita tetapi agamanya bukan Yahudi, Nasrani maupun Islam lalu wanita tersebut tidak mau pindah agama ke dalam 3 agama yang aku maksud terutama Islam, maka aku akan meminta kekasih aku meninggalkan kekasihnya tersebut.
*Aku tidak minta maaf untuk melarang kemusyrikan, kekafiran, maksiat dan kemungkaran lainnya, aku meminta maaf untuk setiap perilaku aku yang tidak sesuai syariat Islam.

Saran:

Aku belum membahas secara rinci mengenai hukum Islam terkait music, namun demikian mengingat besarnya efektifitas musik dalam mempengaruhi manusia, aku mengingatkan diri sendiri, keluarga aku dan saudara-saudara aku yang suka bermusik juga para musisi termasuk penyanyi, untuk tidak membuat terlebih menyanyikan lagu perselingkuhan, meninggalkan kekasih dan perceraian apalagi tanpa alasan yang dibenarkan, pornografi dan hal-hal negatif lainnya. Jika ada perselingkuhan, ga perlu dibuat lagu, tetapi pelakunya dinasihati. Lalu, jika seorang pria punya 2 sampai 4 kekasih, ga perlu bikin lagu bingung punya kekasih banyak, jalananin aja tapi musti jujur sama setiap kekasihnya, dan nikahi keempatnya sesuai syariat Islam, ada yang berani dan bisa? Lalu, dihimbau untuk tidak membuat lagu mengenai wanita memiliki kekasih lebih dari satu, mendua, mentiga dsb, buat lagu mengenai wanita cukup memiliki satu kekasih. -> Yang terakhir ini panahnya khususnya untuk diri aku sendiri.

Lebih baik diam daripada menyanyikan lagu-lagu yang memperburuk moral atau akhlak manusia atau merusak lingkungan.
Terima kasih aku ucapkan kepada para musisi juga penyanyi yang telah membuat dan atau menyanyikan lagu atau syair bertemakan pujian terhadap Allah Swt, lalu pengingat terhadap Rasulullah saw, kemudian kesetiaan terhadap pasangan terutama kesetiaan di jalan Allah, cinta abadi terutama yang dilakukan di jalan Allah, anjuran POLIGAMI di jalan Allah, hal-hal baik lainnya yang ditunaikan di jalan Allah, serta ber-JIHAD di jalan Allah.

Aku menghimbau agar berbagai hal terkait musik, dari mulai nada, lirik, lagu, klip, gaya, busana, dan berbagai aspek lainnya mestilah syar’i.

Semoga Allah mengaruniakan hidayah-Nya kepada para musisi yang beragama non Muslim dan para non Muslim untuk masuk dan memeluk Islam. Semoga Allah mengaruniakan taufiq dan hidayah-Nya kepada aku, para musisi Muslim dan kaum Muslimin untuk bertaqwa kepada Allah. Aamiin.
Saat ini karya-karya aku mungkin banyak yang melampaui batas, namun aku berharap suatu saat aku dapat membatasi diri dan karya-karya aku, karena Allah tidak suka makhluk-Nya melakukan hal yang melampaui batas yang ditetapkan oleh Allah dan Rasul-Nya.

Source:
Buku: Pedoman Pendidikan Anak dalam Islam, Fiqih Wanita Edisi Lengkap, Sahih Bukhari.
Internet: Google, Wikipedia, Keith Martin community.musicxmatch.com, site terkait beberapa lirik lagu Ada Band. Twitter Fan base Tex Saverio. Acara Hitam Putih.

Wallahu’alam.

111213141516171921.08.14 -> 1718192021222526 Syawal 1435 H

Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah utusan Allah.

0 komentar: