Hukum Islam untuk Homosexual dan Lesbian



Hukum Islam untuk Homosexual dan Lesbian

Dan (Kami juga telah mengutus) Luth (kepada kaumnya). (Ingatlah) tatkala dia berkata kepada mereka: "Mengapa kamu mengerjakan perbuatan faahisyah itu[551], yang belum pernah dikerjakan oleh seorangpun (di dunia ini) sebelummu?" Sesungguhnya kamu mendatangi lelaki untuk melepaskan nafsumu (kepada mereka), bukan kepada wanita, malah kamu ini adalah kaum yang melampaui batas. Q.S. Al A'raaf (7): 80-81

[551]. Perbuatan faahisyah di sini ialah: homoseksual sebagaimana diterangkan dalam ayat 81 berikut.
19. Ada empat kelompok yang pada pagi dan petang hari dimurkai Allah. Para sahabat lalu bertanya, “Siapakah mereka itu, ya Rasulullah?” Beliau lalu menjawab, “Laki-laki yang menyerupai perempuan, perempuan yang menyerupai laki-laki, orang yang menyetubuhi hewan, dan orang-orang yang homoseks. (HR. Ahmad dan Athabrani). 1100 Hadits Terpilih: Sinar Ajaran Muhammad. Hal.: 133.

Baca pula Q. S. An Nisaa’ (4): 15 mengenai larangan perbuatan lesbi.

Allah dan Rasul-Nya melarang perbuatan homosexual (liwath) maupun lesbi (shihaq), larangan untuk perbuatan homosexual tersebut dijabarkan dalam Al Qur’an maupun Al Hadits, seperti tercantum pada tejemah Al Qur’an dan terjemah Al Hadits di atas. Larangan perbuatan keji homosexual, lesbian dan bersetubuh dengan binatang tersebut berlaku bagi seluruh manusia, khususnya kaum Muslimin.
Bagi umat Yahudi dan Nasrani, larangan perbuatan homosexual, lesbian dan bersetubuh dengan binatang juga terdapat dalam Al Kitab:

Djangan kamu berbaring dengan seorang laki-laki tjara perempuan, karena itulah suatu perkara jang kedji. Dan lagi djangan kamu menadjiskan dirimu oleh berbaring dengan binatang, dan seorang perempuanpun djangan berbaring dengan binatang karena ia itulah suatu perkara jang amat kedji adanja. Imamat Orang Lewi 18: 22-23

Berbagai faktor, baik dari dalam diri maupun dari luar diri, dapat menjadi pemicu orientasi sexual yang tidak semestinya seperti homosex dan lesbi. Menurut pendapat aku, salah satu bibit pemicu homosexual dan lesbian adalah adanya pembiaran pada perilaku yang tidak semestinya seperti banci/ bencong/ transgender juga perempuan tomboy. Menurut hemat aku, kebiasaan berperilaku banci maupun tomboy akan lebih mudah mengarahkan seseorang pada perilaku homosexual maupun lesbi.
Padahal laki-laki yang meniru gaya maupun perilaku perempuan atau perempuan yang meniru gaya maupun perilaku laki-laki dilarang dalam ajaran Islam. Terjemah hadits mengenai hal ini adalah sebagai berikut:  

1639. Dari Ibn ‘Abbas ra, dia berkata: ”Rasulullah saw melaknat orang-orang laki-laki yang menyerupai perempuan 333 dan orang perempuan yang menyerupai laki-laki.”
Dalam satu riwayat: “Rasulullah saw melaknat orang laki-laki yang meniru perempuan dan perempuan yang meniru laki-laki.” (HR. Bukhari) Riyadhus Shalihin jilid 2 hal. 637.
333 مُخٓنّٓثadalah laki-laki yan berlagak banci menyerupai perempuan dalam gerakan dan ucapan-ucapan-nya

[Anw aku pribadi dulu kerap berprilaku tomboy, berdandan seperti cowo. Dulu kalo lagi berambut cepak dengan style boyish aku sempet ada perasaan “I am handsome” yes “gue ganteng”. Astaghfirullah. Sempet juga ada temen aku, cewe, yang ngeliat gaya aku juga sikap aku yang biasanya friendly kalo sama temen-teman, temen cewe aku itu bilang yang intinya kalo aku cowo dia mau jadi pacar aku. Masya Allah. Anw meskipun tomboy aku tetep bukan penyuka sesama jenis, hanya aku cenderung suka sama cowo yang aga feminine. Dulu suka serem kalo ada cewe yang nelfon dengan nada mesra, serem dan geli, karena aku bukan penyuka sesama jenis, aku sukanya sama cowo, terlebih aku ngeh dalam Islam homosex dan lesbi perbuatan yang sangat terlarang, Allah dan Rasul-Nya melarang perbuatan tersebut.
Sekarang aku berusaha untuk ga tomboy, berusaha lebih feminine sesuai syariat Islam. Aku juga suka orang-orang yang menasihatkan atau menginspirasi aku untuk semakin girlie atau semakin feminine, jadi cewe banget di jalan Allah.]

Publik figure yang aku ingat, mereka pernah bahkan ada yang masih berperilaku tidak semestinya, kemayu bahkan menjadi transgender diantaranya:

Aku sebut saja om Dorce Gamalama. Sepengetahuan aku dari berbagai informasi, Om Dorce itu seniman yang suka bicara agama (Islam), juga suka membantu anak yatim hanya sayangnya dia transgender. Bagaimanapun tindakan laki-laki menyerupai perempuan terlebih menjadi transgender tidaklah dibenarkan dalam Islam. Anw aku pernah liat video talkshow Om Dorce diwawancara bareng orang yang aku cintai sebut saja “you know who”. Semoga Allah mengaruniakan hidayah kepada Om Dorce untuk kembali menjadi pria. Aamiin.

Kemudian Ka Sam Brody. Alhamdulillah, ya Allah, terima kasih ada transgender yang insyaf. Sam Brody ini bisa menjadi contoh bagi transgender untuk sadar, insyaf kembali ke jalan yang benar. Semoga Allah memberikan taufiq dan hidayah-Nya kepada Sam Brody untuk istiqomah agar selamanya tetap sebagai pria, berprilaku selayaknya pria, pria yang berakhlak baik. Aamiin.
Lalu Ka Ivan Gunawan. Dulu aku suka serem kalo liat Ka Ivan di tv dandan kayak cewe. Tapi aku pernah liat profil dia di salah satu tabloid, dia yang cowo banget, nampak ganteng dan gagah. Belakangan, aku liat Ka Ivan dandan selayaknya cowo, Ka Ivan keren kalo dandan cowo banget. Oia kayaknya Ka Ivan bisa baca pikiran aku deh, maksudnya aku sependapat sama Ka Ivan yang inti pendapatnya bahwa taman bunga atau bunga serta aksesoris aneh apalagi segede gaban di kerudung itu terlihat aneh, ga bagus, terutamanya tidak syar’i. Trus nampaknya Ka Ivan ini paham pakem membuat pakaian Muslim syar’i, jadi aku harap Ka Ivan membuat busana Muslim syar’i baik untuk pria maupun wanita. Semoga Allah memberikan taufiq dan hidayah-Nya kepada Ivan Gunawan untuk istiqomah agar selamanya tetap sebagai pria, berprilaku selayaknya pria, pria yang berakhlak baik. Aamiin.

Kemudian Ka Yoga Saputra (Olga). Dulu aku ngefan sama Ka Olga karena pernah terlihat berdo’a sambil nangis terus dia pekerja keras. Yup, dulu aku suka Ka Olga bukan karena di suka ketawa tapi karena dia suka nangis, berdoa kepada Allah sambil nangis. Aku dulu sempet pengen banget ketemu Ka Olga, eh yang ketemu Ka Olga malah adik cowo aku, ketemu di event music gitu. Sekarang aku ga pengen ketemu hanya mau doain Ka Olga aja terlebih aku liat di infotainment kalo Ka Olga sakit. Anw aku prihatin dengan musibah berupa sakit yang menimpa Ka Olga, udah aga lama aku sempet liat sakit yang diderita Ka Olga yang sampe meninggalkan noda-noda di kulitnya, seperti sakit yang juga pernah aku derita. Ka Olga kayaknya kita musti banyak-banyak istighfar, bertobat kepada Allah. Kemudian aku juga liat Ka Olga nampak diserang sakit kepala hebat. Oia Ka Olga mungkin baiknya bersikap lebih ramah, ga judes, dan ga kecewe-cewean lagi, lebih cowo. Aku kagum Ka Olga suka sedekah, membantu fakir miskin dan anak yatim, semoga Allah meridhai kemudian memberikan kesembuhan kepada Ka Olga. Semoga Allah memberikan taufiq dan hidayah-Nya kepada Yoga Saputra untuk istiqomah agar selamanya tetap sebagai pria, berprilaku selayaknya pria, pria yang berakhlak baik. Aamiin.

Anw aku khawatir sama para cowo yang  berprilaku kecewe-cewean terutama banyak dari kalangan penata busana (desainer) maupun penata rias wajah dan rambut (make up artist and hair dresser) juga penari (dancer).

Larangan bagi laki-laki menyerupai perempuan dan perempuan menyerupai laki-laki pun berlaku bagi umat Yahudi dan Nasrani:
Bahwa pakaian laki-laki tak boleh dikenakan kepada perempuan dan orang laki-lakipun tak boleh berpakaian perempuan, karena barangsiapa yang berbuat demikian, ia itu kebentjian kepada Tuhan, Allahmu. Ulangan 22: 5

Selanjutnya, Oscar Lawalata. Oscar ini, desainer yang udah lama dikenal oleh masyarakat Indonesia, ciri khas penampilannya adalah rambut panjang tergerai dan terlihat kemayu. Dulu aku ngerasa Oscar itu lebih cantik daripada aku. Sehubungan laki-laki tidak diperbolehkan berpenampilan seperti perempuan, aku bermaksud menghimbau Oscar Lawalata untuk berpenampilan dan bersikap selayaknya pria. Tentunya aku juga bermaksud mengajak Oscar Lawalata untuk masuk dan memeluk Islam, buat Oscar Lawalata: “Maukah kamu masuk dan memeluk Islam?” Semoga Allah mengaruniakan hidayah kepada Oscar Lawalata untuk masuk dan memeluk Islam. Aamiin.  
Selanjutnya, selain pria-pria kemayu, banci, atau transgender aku juga mau bahas mengenai cowo homo atau gay atau mantan gay. Mengenai cowo homo atau gay aku sempet berpikir (kira-kira); ‘Itu para gay takut ga ya sama azab Allah?’ ‘Mereka ga takut dosa apa ya?’, ‘Mereka kaga mau apa ya punya anak kandung?’. 

Sebelumnya aku memang pernah jatuh cinta sama seorang cowo (bukan selebritis) yang dikabarkan gay. Aku sama seseorang yang pernah aku cintai tersebut beda agama. Awalnya aku ga tau seseorang tersebut gay, fisikly dia cowo banget hanya terkadang ada sisi femininnya. Pas aku denger kabar dari temen-temen kalo orang yang saat itu aku cintai tersebut gay, aku kecewa tapi rasa suka yang sangat sama seseorang tersebut ngga tiba-tiba sirna, saat itu aku tetep masih suka bahkan mungkin masih mencintai seseorang tersebut. Dulu aku milih untuk menutup mata dan telinga, pretend ga tau, kalo seseorang yang aku cintai tersebut gay. Aku harap seseorang yang pernah aku cintai tersebut udah insyaf, kalopun belum maka aku menghimbau mantan orang yang aku cintai untuk tidak menjadi seorang gay, be straight, insyaf. Serta tentunya aku menghimbau seseorang yang pernah aku cintai tersebut untuk masuk dan memeluk Islam.   

Kemudian aku juga pernah ngefan sama beberapa cowo (selabritis) yang ternyata dikabarkan gay. -> Aku heran kenapa aku kerap jatuh cinta atau suka sama jenis cowo seperti itu. Masya Allah. Astagfirullah. Mudah-mudahan para gay di dunia ini lenyap, insaf semua. Aamiin.
Kemudian aku mau cerita mengenai salah seorang public figure yang bertaubat dari perilaku dari perilaku gay. Dulu aku suka banget sama public figure tersebut sampe aku gunting satu gambar serupa foto dia dari sebuah tabloid remaja dan foto itu aku simpen di organizer kesayangan aku saat itu, organizer berwarna pink yang sering aku bawa kemanapun aku pergi. Nah, setelah bertahun-tahun berlalu, aku udah ga terlalu mengidolakan dia lagi, kemudian aku liat dan denger pengakuan dia di infotainment bahwa dia adalah mantan seorang gay, dia kini telah bertaubat dan lebih taat dalam agamanya. (Dulu aku suka nonton infotainment, sekarang uda jarang.) Aku sedih pas tau public figure yang pernah sangat aku sukai tersebut sempet jadi cowo gay, tapi aku seneng karena dia telah bertaubat dari perbuatan keji yang pernah dia lakukan dan memilih untuk lebih taat beribadah dalam agamanya. -> Saat itu, aku seneng dan bersyukur banget pas tau dia taubat, membatin (kira-kira): ‘Alhamdulillah, berkurang satu cowo gay di dunia ini.’ Aku juga sempet mikir kira-kira: Wah dia jagoan aku, ga sia-sia dulu aku suka sama dia sampe guntingin gambar dia dari majalah dan gambarnya aku bawa kemana pun aku pergi. Public figure yang aku maksud adalah Jupiter Fotisimo atau Josh Pieter. Berikut gambar dia yang pernah aku gunting dari majalah dan dulu aku bawa kemanapun aku pergi. Hanya saja saat itu dan sampai kapan pun aku tetep sedih jika agama orang yang pernah sangat aku sukai tersebut bukan Islam. Sepengetahuan aku, Jupiter dapat saja dikenai hukuman mati atas perbuatan homosexual, perintah hukuman mati sesuai syariat Islam yang juga hukuman ini termaktub dalam Al Kitab bagi umat Yahudi dan Nasrani. Hanya saja hukuman tersebut dapat dibatalkan apabila ia mau masuk dan memeluk Islam. Jupiter kapan mau masuk dan memeluk Islam?




Selain Jupiter aku juga gunting dari majalah gambar salah satu public figure Muslim dan dulu gambar tersebut aku bawa kemanapun aku pergi. Hanya berhubung public figure tersebut sepertinya seorang straight jadi aku ga akan bahas dia di sini. 




Kemudian aku juga gunting gambar Bertrand Antolin, tapi gambar dia ga aku bawa kemanapun aku pergi, disimpen aja. Anw entah kenapa aku aga khawatir sama Bertrand, khawatir dia terjerumus dunia kelam gay. Pengen bilang sama Bertrand: Bertrand jangan sampe kamu gay, kalopun terjebak dengan dunia gay segera insyaf. Bertrand maukah kamu masuk dan memeluk Islam?

Gambar-gambar sudah diedit, di blur, dihilangkan ciri-ciri makhluk bernyawanya. Ini kalo orang-orangnya tau dulu aku guntingin gambar mereka apalagi gambarnya ada yang sampe dibawa kemanapun aku pergi kayaknya aku pengen malu deh. Astaghfirullahaladzhim.

Selanjutnya tokoh utama tulisan ini, awalnya aku buat tulisan ini pemicunya adalah seseorang ini, sebut saja “you know who” alias Tex Saverio, seorang yang aku cintai. Aku sempet mikir kalo Tex yang seorang desainer itu gay, terlebih setelah aku pernah liat foto aneh di akun Fbnya, foto para aktor Twilight kissing. Terlebih aku pernah baca percakapan mungkin candaan yang menurut aku aneh antara Tex, adiknya sama temen-temennya, pembicaraan nampak terkait gay. Awalnya, I don’t care whether Tex is straight or gay, aku ga peduli dia mau gimana juga aku tetep sangat suka dia. Dulu kayaknya aku kena sindrom “right or wrong is my idol”. -> Sindrom menyesatkan. Astaghfirullah. Oia aku pengen tanya sama Tex: Joe Saverio siapa? Beneran brother apa “Brother dari Hongkong?”maksudnya kaka ketemu gede or whatever it is called. -> Ini aku cemburu. Setau aku brothernya Tex kan dulu namanya Day, masa ganti nama ama ganti orang? Buat Joe: Joe kamu bukan pacarnya Tex kan? Joe, aku ga rela kalo Tex punya kekasih cowo. Oia kalo Joe bukan Muslim aku mau ajak Joe masuk Islam, Joe maukah kamu masuk Islam?

Sekarang tentunya aku menghimbau orang yang aku cintai, Tex Saverio, untuk tidak menjadi gay atau tidak seperti gay, be straight, be a good boy. Even, I hope he would become a good Moslem. Jika orang yang aku cintai ini seorang gay, maka dimungkinkan untuk dia dijatuhi hukuman mati berdasarkan syariat Islam, hukuman mati yang juga tercantum dalam Al Kitab bagi umat Yahudi dan Nasrani. Namun hukuman tersebut dapat saja tidak berlaku apabila ia mau masuk dan memeluk Islam. Masuk dan memeluk Islam berarti termasuk bertaubat dari perilaku gay. Hei, kamu, seorang yang masih aku cintai, kapan mau masuk dan memeluk Islam?

è Btw aku mikirnya memang sudah seharusnya ada cewe-cewe yang menyadarkan cowo-cowo gay, cewe-cewe yang ngasih peringatan sama cowo-cowo gay kalo bisa siy mencintai cowo-cowo itu dengan tulus dan mengajak ke jalan yang lurus sampe cowo-cowo itu kaga kepikiran lagi buat mencintai sesama jenis, bertaubat dan menghentikan perbuatan keji tersebut. Kalo ga mau taubat dari perbuatan gay, bagusnya para gay dibinasakan saja.

Hukum Islam untuk Homosexual dan Lesbian

Dan (terhadap) para wanita yang mengerjakan perbuatan keji [275], hendaklah ada empat orang saksi diantara kamu (yang menyaksikannya). Kemudian apabila mereka telah memberi persaksian, maka kurunglah mereka (wanita-wanita itu) dalam rumah sampai mereka menemui ajalnya, atau sampai Allah memberi jalan lain kepadanya[276]. An Nisaa (4): 15
[275]. Perbuatan keji: menurut jumhur mufassirin yang dimaksud perbuatan keji ialah perbuatan zina, sedang menurut pendapat yang lain ialah segala perbuatan mesum seperti : zina, homo sek dan yang sejenisnya. Menurut pendapat Muslim dan Mujahid yang dimaksud dengan perbuatan keji ialah musahaqah (homosek antara wanita dengan wanita).

[276]. Menurut jumhur mufassirin jalan yang lain itu itu ialah dengan turunnya ayat 2 surat An Nuur.
At-Tirmizi, Abu Daud dan Ibnu Majah meriwayatkan bahwa Rasulullah saw. Bersabda:
“Barang siapa yang kamu dapati melakukan perbuatan kaum Luth, maka bunuhlah si fa’il dan maf’ul bih-nya”.
Al Baihaqi dan lainnya meriwayatkan dari Mifdhal dari Ibnu Juraij dari ‘Ikrimah bahwa Nabi saw. Bersabda:
“Bunuhlah fa’il (yang me-liwath-i) dan maf’ul bih (yang di-liwath-i) dan orang yang berzina dengan binatang.” Pedoman Pendidikan Anak dalam Islam Jilid 1. Hal: 263-264

Perbuatan keji seperti homosexual dan lesbian sudah sedemikian merajalela, ini harus dihentikan. Para pelaku homosexual, terutama mereka pria yang sudah dewasa atau baligh, apabila memang kedapatan melakukan perilku sexual yang tidak semestinya tersebut sudah sepatutnya mendapat hukuman mati sesuai dengan terjemah hadits di atas mengenai hukuman bagi pelaku homosexual.
Sedangkan para wanita yang melakukan perbuatan lesbi, apabila terdapat empat orang saksi, maka para pelaku tersebut dihukum dengan hukuman kurungan di dalam rumah masing-masing seumur hidup mereka. Atau dikenakan hukuman cambuk/hukum dera sebanyak 100 kali. Baca: An Nisaa (4): 15 dan An Nuur (24): 2.

Kemudian, aku prihatin dengan pemberitaan mengenai maraknya kasus homosexual, atau sodomi terlebih yang dilakukan oleh orang dewasa terhadap anak-anak seperti yang terjadi di JIS (Jakarta Internasional School), di Sukabumi dan di tempat lainnya. Aku sampaikan rasa prihatin aku terhadap para korban dan keluarga korban, semoga dapat bersabar menerima musibah tersebut. Sementara untuk korbannya terutama yang masih anak-anak, disarankan agar mereka selalu berada di bawah arahan, bimbingan, pengawasan, perhatian dan kasih sayang terutama dari orang tua atau keluarga terdekat yang dapat dipercaya hingga mereka dewasa bahkan hingga mereka menikah. Baiknya didampingi ahli dalam penanganan anak-anak atau penanganan korban kekerasan sexual. Hal ini dikarenakan pertama khawatir adanya trauma yang diderita oleh anak-anak korban kekerasan sexual tersebut, kedua juga mencegah adanya kemungkinan anak-anak yang merupakan korban tersebut menularkan perbuatan asusila yang mereka alami kepada orang lain. Sepatutnya, apabila anak-anak yang merupakan korban kekerasan sexual tersebut beragama Islam, mereka diberi pendidikan sesuai syariat Islam.

Sedangkan bagi para pelaku perbuatan asusila seperti halnya sodomi sudah sepatutnya dijatuhi hukuman sesuai syariat Islam, yakni hukuman mati. 

Bagi pelaku homosexual yang beragama Yahudi maupun Nasrani, maka dimungkinkan pula untuk dijatuhi hukuman mati, hukuman ini tercantum di dalam Al Kitab: Maka djikalau seorang laki-laki telah berseketiduran dengan seorang laki-laki, ia itu tjara perempuan, maka keduanya telah berbuat suatu perkara jang keji, tak akan djangan ia mati dibunuh dan darahnya tertanggunglah atasnja. Imamat Orang Lewi 20: 13

Semoga Allah mengangkat perbuatan keji seperti homosexual dan lesbian dari muka bumi ini. Aamiin. 

2015/1435 H: Alhamdulillah, terdapat berita yang mengabarkan bahwa MUI menyatakan bahwa pelaku homosexsual dapat dihukum mati: http://khazanah.republika.co.id/berita/dunia-islam/islam-nusantara/15/03/03/nkn1qy-mui-pelaku-homoseksual-bisa-dihukum-mati
Semoga hukum Islam dapat ditegakkan.

Semoga Allah meridhai kaum Muslimin di dunia dan di akhirat. Aamiin.

Wallahu’alam bi showab.

13.12.2012
Dikembangkan:
10111213.06.2014 -> 12131415 Sya’ban 1435 H 
Revisi:
04.07.2014 -> 07 Ramadhan 1435 H 
21.12.2014  -> 28 Shafar 1436 H
05.03.2015 -> 14 Jumadil Awal 1436 H.


Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah utusan Allah.


0 komentar: