Pileg: PAN dan PPP


Sehubungan menurut Abi aku ulama melarang kaum Muslimin untuk golput karena khawatir parlemen dikuasai kafir (non Muslim), untuk itu kaum Muslimin dihimbau untuk bersatu. Dengan demikian, aku mendiskusikan bersama keluarga aku mengenai partai yang akan dipilih, dengan tidak lupa memohon petunjuk Allah swt. 

Dari hasil diskusi, ditarik simpulan bahwa khususnya untuk pileg ini, walaupun Abi aku tidak mengenal para caleg dari partai yang akan beliau dukung, Abi aku bermaksud mendukung Partai Amanat Nasional (PAN). Salah satu saudara aku pun mendukung partai tersebut. Sedangkan aku, adik aku dan saudara aku lainnya, walaupun kami tidak mengenal para caleg dari partai yang ingin kami dukung, kami bermaksud memilih –caleg dari- partai dengan bendera hijau berlambang ka’bah, Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Insya Allah.

-> Aku share tulisan ini di hari H pileg, secara hukum positif, mungkin dianggap melakukan pelanggaran seperti halnya "serangan fajar" pemilu. Namun aku berpikir bahwa berdasarkan berbagai literatur, tindakan yang aku lakukan tersebut tidak melanggar syariat Islam, insya Allah. Tindakan aku ini merujuk pada masa pemilihan khalifah Islam, dukungan kepada para calon pemimpin disampaikan oleh kaum Muslimin secara langsung dan terbuka di hari H pemilihan.

Kali ini, aku pribadi memilih dengan niat mematuhi nasihat Abi, nasihat yang kabarnya berdasarkan pendapat para ulama yakni larangan golput untuk persatuan umat Islam. Mudah-mudahan umat Islam bersatu di jalan Allah. Semoga Allah meridhai aku, keluarga aku dan kaum Muslimin di dunia dan di akhirat. Aamiin.

Ramadhan 1435 H: Aku membaca komentar seseorang yang sayang sekali aku tidak ingat namanya, maaf,  seseorang tersebut berkomentar di salah satu media online yang isi komentarnya intinya pemilihan khalifah itu dapat dilakukan dengan berbagai macam cara, selain tunjuk langsung ada juga dengan cara musyawarah. Aku berterima kasih atas komentar tersebut. Untuk itu, sejak menyadari hal tersebut, aku berpikir bahwa selain memilih langsung di hari H pemilihan, aku juga menggunakan metode musyawarah. Dalam hal pemilihan pilpres khususnya terkait pilpres 2014/ 1435 H, aku menggunakan metode musyawarah tersebut, musyawarah yang aku lakukan baik dalam forum tertutup maupun forum terbuka. Semoga langkah yang aku tempuh sesuai syariat Islam. Semoga Allah meridhai aku dan kaum Muslimin di dunia dan di akhirat. Aamiin.

Wallahu’alam.

Revisi:
2630.04.14 -> 2630 Jumadil Akhir 1435 H.
09.07.14 -> 12 Ramadhan 1435 H

Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah utusan Allah.

0 komentar: