Syiar Fashion Islami di Panggung Dunia



Syiar Fashion Islami di Panggung Dunia



Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: "Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya[1232] ke seluruh tubuh mereka". Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. [Al Ahzab (33): 59]
[1232]. Jilbab ialah sejenis baju kurung yang lapang yang dapat menutup kepala, muka dan dada.




Ket. gambar: Busana Muslim karya Ida Royani dalam Jakarta fashion Week 2013. -> Maaf, aku copy dan aku edit fotonya. Baju Muslimnya bagus, tinggal kerudungnya menutupi dada dan memakai kaus kaki.

Busana Muslim alhamdulillah sudah mulai diminati oleh khalayak, langkah selanjutnya adalah memperkenalkan busana Muslim secara lebih intens pada dunia. Salah satu desainer Muslim yang setau aku telah berusaha memperkenalkan fashion Muslim ke kancah dunia adalah Dian Pelangi. Dian pelangi membuat baju Muslim modern. Hanya saja, aku berharap pakaian Muslim tetap dalam pakem syariat Islam.

Oia aku pernah liat koleksi Dian Pelangi, koleksi pakaian Muslim berwarna putih, bagus dan terlihat menutup aurat secara syar'i.


Mengenai  syiar pakaian syar'i, kemungkinannya sangat kecil jika SAAT INI (2014/ 1435 H) memperkenalkan fashion Islami, sesuai syariat Islam, di Paris atau di Milan dengan model mengenakan gamis/ jubah dan burqa syar’i karena dikhawatirkan orang-orang “bule” di sana, terlebih para fashionista, mengalami culture shock atau culture lag bahkan Islamophobia. Walaupun pada dasarnya, dalam ajaran Yahudi maupun Nasrani terdapat contoh untuk mengenakan jilbab bahkan penutup muka. Di dalam Al Kitab hal ini disebutkan dalam kitab Kejadian (Genesis) pasal 20 ayat 63-65, berikut kutipannya:

Maka Ishakpun telah keluar ke padang hendak berdjalan-djalan pada ketika petang hari, maka diangkatnja matanja tiba-tiba dilihatnja bahwasanja adalah beberapa unta datang.
Maka Ribkahpun mengangkatlah matanja, serta terlihatlah ia akan Ishak, maka turunlah ia dari atas unta.
Lalu katanja kepada hamba itu: Siapakah orang laki-laki jang berjalan di padang ini datang mendapatkan kita? Maka sahut hamba itu: Ia itulah tuan hamba. Sebab itu diambil oleh Ribkah akan tudung muka, lalu ditudungnja dirinja. Kejadian 20: 63-65. 

Dikarenaka dalam hal ini, saat ini, masyarakat Eropa banyak yang sudah tidak lagi mengamalkan ajaran agamanya terkait menutupkan pakaian ke seluruh tubuh serta mengenakan penutup muka, maka menurut hemat aku, untuk saat ini fashion Islami di Eropa musti diperkenalkan dengan cara yang lebih dapat diterima oleh masyarakat Eropa, fashion Islami diperkenalkan secara bertahap.



Sebagai contoh untuk pakaian menutup aurat, selain pakaian yang fotonya telah aku pajang di atas, aku juga bermaksud memberi gambaran mengenai pakaian yang dikategorikan menutup aurat. Aku akui berikut ini merupakan hasil pekerjaan aku yang paling tidak kreatif, hanya merubah karya orang lain. Tapi, aku berharap, pakaian semacam ini dapat MEMPERKENALKAN busana yang menutup aurat secara syar’i di panggung fashion dunia. 

Aku memang ngga terlalu mengerti mengenai desain termasuk teknik dan bahan, aku juga ngga paham soal harga, hanya saja yang aku menghimbau, terutama kepada seorang yang aku cintai untuk ga bikin baju sembarangan, dan ngga ga sembarang (maaf) “menelanjangi” anak orang (tentunya juga anak sendiri). Maksudnya agar ia tidak mendesain atau membuat pakaian yang membuat para wanita berpakaian tapi seperti tidak berpakaian, atau hanya setengah berpakaian, tidak menutup aurat dengan semestinya sesuai ajaran agama apalagi mendesain atau membuat pakaian untuk menentang Islam.

Aku bersama adik aku mengedit beberapa foto milik Tex Saverio menjadi seperti berikut ini:

 
Cocok tidaknya penggabungan stlye di atas perkara belakangan, yang penting adalah pakaiannnya dapat menutup aurat terlebih secara syar’i. Selain mengenai pakaian yang menutup aurat juga harus dipertimbangkan harga pakaian, harga tidak boleh berlebihan, jauhi kapitalisme.


Aku minta maaf sama Tex karena udah copy foto-fotonya tanpa izin dan udah mengedit beberapa foto miliknya.
-> Aku ga minta maaf untuk melarang kemaksiatan, kekafiran dan kemusyrikan.



Tulisan ini dibuat terkait kabar yang aku liat di jejaring sosial milik Tex saverio, terdapat informasi mengenai akan kembalinya Tex untuk menggelar karyanya di Paris. Untuk itu, sehubungan Tex adalah non Muslim, aku menghimbau Tex dapat mendesain dan membuat baju yang menutupi aurat seperti yang telah dicontohkan dalam Al Kitab, terutama contoh yang dibenarkan pula dalam syariat Islam. 



Semoga Allah memberikan hidayah kepada Tex untuk masuk dan memeluk Islam. Aamiin. -> Hanya Islam agama yang diridhai Allah.

[Aku pribadi,  selain mengenakan gamis, aku kerap mengenakan rok dan atasan, serta sesekali mengenakan celana panjang longgar dan tunik. Kemudian warna yang kerap aku kenakan adalah warna hitam, cokelat, putih dan sesekali hijau tua.]

Namun demikian dalam tulisan ini aku tetap akan menginformasikan mengenai intisari pakem pakaian Muslim sesuai syariat Islam. Gambar berikut telah mengalami revisi:





Walaupun mungkin saat ini syiar fashion syar’i di Eropa belumlah menjadi hal yang mudah, namun aku yakin syiar fashion syar’i mungkin terjadi apabila ada izin dan pertolongan Allah. Semoga Allah mengizinkan dan menolong syi’ar fashion Islami di dunia.
  
Wallahu'alam.

Sumber:



Al Qur’an dan Terjemahnya. Versi 1.1. Freeware © Hak Cipta Milik Allah Swt. Rajab 1424 (September 2003) Website http://geocities.com/alquran_indo E-mail alquran_indo@yahoo.com

Al Kitab. Lembaga Alkitab Indonesia: Djakarta. 1970. 

http://agama.kompasiana.com/2010/08/12/hijab-pardah-jilbab-dan-kerudung-diakui-eksistensinya-dalam -kebudayaan-yahudi-kristen-dan-islam/
-> Mohon maaf, waktu itu aku tidak meng-copy paste linknya tapi aku catat lalu aku ketik ulang sehingga mungkin saja aku melakukan kekeliruan penulisan sehingga alamat link ini tidak dapat mengakses artikel yang aku maksud, atau mungkin telah ada perubahan dari pihak situs ybs. Semoga para non-Muslim yang mengelola Kompas maupun Kompasiana mendapat hidayah untuk masuk dan memeluk Islam. Aamiin.

Website Jakarta Fashion Week
https://www.facebook.com/officialtexsaverio

Salah satu episode talk show Hitam Putih.

Kemudian mohon maaf, sebelumnya terjadi kekeliruan penulisan penanggalan khususnya penulisan tahun Hijriyah, saat ini telah diperbaiki:

17.02.14 -> 17 Rabiul Akhir 1435 H

Revisi:
21242526.02.14 -> 21242526 Rabiul Akhir 1435 H

030507.03.14 -> 010305 Jumadil Awal 1435 H
30.04.14 -> 30 Jumadil Akhir 1435 H
13.12.2015 -> 01 Robiul Awal 1437 H
 


Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah utusan Allah.



0 komentar: