Beramal Shalih pada 10 Hari Awal di Bulan Dzulhijjah



1257. Dari Ibnu Abbas ra, dia berkata: “Rasulullah saw bersabda: “Tidak ada hari, di mana amal shalih di dalamnya lebih dicintai oleh Allah selain dari pada hari-hari ini –maksudnya adalah sepuluh hari pertama bulan dzulhijjah-.”  Mereka berkata: “Wahai Rasulullah saw, walaupun jihad fi sabilillah?” Beliau menjawab: “Walaupun jihad fisabilillah, kecuali seorang yang keluar dengan jiwa dan hartanya (untuk jihad) kemudian tidak membawa pulang dari itu semua.” (HR. al- Bukhari) Imam Nawawi, 354.

1258. Dari Abu Qatadah ra, dia berkata: “Rasulullah saw ditanya tentang puasa hari Arafah? Beliau menjawab: “Ia dapat menghapuskan dosa pada tahun lalu dan tahun berikutnya.” (HR. Muslim) Ibid.

Tulisan ini dibuat sebagai pengingat untuk aku dan kaum Muslimin mengenai keutamaan shaum dan atau beramal shaleh lainnya di 10 hari  awal bulan Dzulhijjah. Jika sanggup dan kondisi memungkinkan, Muslim dapat shaum pada hari ke-1 hingga hari ke-9 bulan Dzulhijjah.

Kemudian berdasarkan keterangan yang pernah aku dengar dari salah satu ustad, didapat keterangan yang intinya bahwa kaum Muslimin dapat pula shaum pada tanggal 8 dan 9 Dzulhijjah.  

Atau disunnahkan untuk shaum pada hari Arafah, hari ke-9 Dzulhijjah, yang keutamaannya telah dijelaskan dalam terjemah hadits di atas, yakni dapat menghapuskan dosa pada tahun yang lalu dan tahun yang berikutnya.

Semoga Allah meridhai kaum Muslimin di dunia dan di akhirat. Amin.

Wallahu’alam. 

Tarjamah Riyadhus Shalihin Jilid 2. Imam Nawawi.  Takhrij: Syaikh M. Nashiruddin Al-Albani. Riyadh: Darrussalam. Duta Ilmu: Surabaya. 2006. 

070811.10.2013  -> 0306 Dzulhijjah 1434 H.

Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah utusan Allah


0 komentar: