Haramnya Babi: Kisah



“Wahai orang-orang yang beriman, makanlah di antara rezki yang baik-baik yang Kami berikan kepadamu dan bersyukurlah kepada Allah, jika kalian hanya menyembah kepada-Nya. Sesungguhnya Allah hanya mengharamkan bagimu bangkai, darah, daging babi, dan (daging) hewan yang disembelih dengan (menyebut nama) selain Allah. Tetapi barangsiapa terpaksa (memakannya), bukan karena menginginkannya dan tidak (pula) melampaui batas, maka tidak ada dosa baginya. Sesungguh, Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang,” (QS. al-Baqarah [2]:172-173).


O ye who believe! Eat of the good things that We have provided for you, and be grateful to God, if it is Him ye worship. He hath only forbidden you dead meat, and blood, and the flesh of swine, and that on which any other name hath been invoked besides that of God. But if one is forced by necessity, without willful disobedience, nor transgressing due limits, then is he guiltless. For God is Oft-forgiving Most Merciful. [2: 172-173] The Glorious Kur’an, 1934, P: 67-68.
-> Penulisan ejaan huruf besar-kecil pada terjemahan ini telah aku revisi, serta aku tidak menyertakan footnotes. Sangat penting diingat bahwa yang dimaksud dengan God adalah Allah, there is no God but Allah.

1096. dari Jabir bin Abdullah r.a., katanya ia mendengar Rasulullah saw. bersabda di Mekkah pada tahun takluk Mekah, sabdanya: “Sesungguhnya Allah dan Rasul-Nya mengharamkan menjual minuman yang memabukkan (khamr), bangkai, babi, dan berhala.”
Lalu ditanyakan orang kepada beliau, “Ya Rasulullah!” bagaimanakah tentang lemak bangkai? Lemak itu gunanya untuk melumuri perahu, untuk meminyaki kulit, dan dijadikan lampu oleh orang banyak.”
Jawab Nabi, “Tidak boleh!” Itu haram!”
Kemudian beliau menambahkan, “Dikutuk Allah kiranya orang Yahudi. Setelah Allah mengharamkan lemaknya, lalu mereka hancurkan, kemudian mereka jual dan setelah itu mereka makan uang harganya.” Terjemah Hadits Shahih Bukhari II Page 290-291.

Berdasarkan terjemah ayat Al Qur’an dan Al Hadits di atas, diketahui bahwa babi merupakan hewan yang dilarang dikonsumsi kecuali dalam keadaan terpaksa, ga ada makanan lagi, kelaparan [lihat Al Maidah (5): 3] dan itu pun tidak boleh berlebihan. Dalam tulisan ini aku akan mengisahkan mengenai hal sehari-hari yang disinyalir berkaitan dengan “ba” atau “minyak ba”. Sedangkan untuk mengetahui hasil penelitian ilmiah mengenai haramnya mengkonsumsi babi bisa membaca tulisan aku (hasil menyalin) yang berjudul “Haramnya Babi II: Penelitian Ilmiah”.

Kita mulai kisahnya: Dulu aku punya temen deket Nasrani, kami suka saling cerita, salah satunya cerita mengenai mengkonsumi babi. Mantan temen deket aku tersebut makan babi juga saksang. Dalam Islam kan babi dan anjing haram dimakan, tapi dulu aku ga bisa larang temen deket aku saat itu untuk ga makan babi juga anjing soalnya waktu itu aku ga tau aturan agama Nasrani mengenai mengkonsumsi hewan-hewan tersebut. Ternyata setelah belakangan ini aku baca Al kitab, dalam agama Nasrani, babi dan beberapa binatang lain juga dilarang dikonsumsi. -> Diinspirasi oleh Abi aku: Jika di Al kitab ada pernyataan yang membolehkan semena-mena mengkonsumsi babi, harus diteliti siapa yang membolehkan, pastinya bukan Allah maupun Nabi Musa a.s. dan Nabi Isa Almasih a.s. yang begitu saja membolehkan mengkonsumsi babi, maka dari itu pembolehan tersebut jangan dijadikan pembenaran untuk mengkonsumsi babi.

Nah, aku pengen bilang sama mantan temen deket aku juga sama banyak umat Nasrani mengenai haramnya mengkonsumsi babi, hal tersebut tertera dalam kitab Imamat 11: 7 juga Ulangan 14: 8.
dan lagi babi, karena sungguhpun kukunja terbelah dua, ia itu bersiratan kukunja, tetapi ia tiada memamah biak, maka haramlah ia kepadamu. Imamat Orang Lewi 11: 7.



Dan lagi babi, karena sungguhpun kukunja terbelah dua, tetapi tiada ia memamah biak, maka haramlah ia kepadamu, djanganlah kamu makan dagingnya dan djangan mendjamah bangkainja. Ulangan 14: 8.

Semoga mantan temen deket aku itu berhenti memakan babi maupun anjing.

Sebagai bukti, aku menyertakan foto kutipan ayat Al kitab versi lama (tahun 1970) karena berdasarkan video debat Mualaf vs Murtadin yang pernah aku tonton, seorang ustad (mualaf) dalam debat tersebut menyatakan bahwa dalam Al kitab versi sekarang terdapat tambahan kata “hutan” pada ayat mengenai larangan mengkonsumsi babi. Jadi menurut Al kitab versi sekarang, yang dilarang dikonsumsi adalah “babi hutan”. Menurut aku, hal tersebut merupakan kesalahan besar. Karena sejatinya babi jenis apa pun dilarang dikonsumsi.
Jika perubahan seperti di atas terjadi, maka telah terjadi pelanggaran fatal karena dalam Al kitab, Surat Amsal Solaiman, umat Nasrani telah diingatkan untuk tidak merubah atau menambahi firman Allah.

Segala firman Allah itu amat sutji adanya, maka Ialah laksana perisai bagi segala orang yang berpaut kepadanja. Djangan apalah engkau menambahi firmannja dengan barang sesuatu , supaya djangan dihukumkannja engkau dan didapatinja akan dikau seorang pembohong. [Surat Amsal Solaiman 30: 5-6]

Alhamdulillah, Al Qur'an dari pertama dicetak dan diterbitkan isinya ga ada yang berubah karena memang dijaga oleh Allah swt.



Bagi aku yang beragama Islam, larangan memakan babi tertulis di dalam Al Qur’an. Berhubung larangan dari Allah tersebut terdapat dalam ajaran agama Islam, tertulis di dalam Al Qur’an, maka bagi aku larangan dan melarang untuk mengkonsumsi babi adalah bukan hal yang sepele.

Bagi umat Kristen, larangan memakan babi tertulis di dalam Al Kitab (seperti yang telah dijelaskan sebelumnya). Jadi kalo ada orang Kristen yang beranggapan bahwa melarang memakan babi merupakan hal sepele, secara tidak langsung orang tersebut menganggap apa yang dilakukan Al Kitab (melarang memakan babi) merupakan hal sepele, apa yang terkandung di dalam Al Kitab merupakan hal sepele.


Beralih topik pembicaraan, aku seneng banget waktu tau seseorang yang sangat aku sukai, sebut saja “you know who” (Tex Saverio maksudnya), seorang Nasrani, suatu kali menyatakan di jejaring sosialnya pernyataan yang intinya bahwa dia ngga makan babi. -> Aslinya aku seneng banget waktu tau seorang Nasrani apalagi seorang Cina ini ngga makan babi. Tapi karena aku “ga kenal” dia dan dia Nasrani (aku banyak baca dan denger info mengenai banyak orang Nasrani jahat dan suka bohong, terutama mengenai keimanan kepada Allah dan Rasul-Nya.), berikut aku emang orangnya suka ngga cepet percaya, jadi aku ga percaya sama apa yang dia nyatakan dan pengen bilang “Seriusan (ga makan ba)?”, “Yang bener (ga makan ba)?”, “Ga boong kan (ga makan ba)?” -> Tapi waktu itu aku ga berani komen gini. Semoga seseorang tersebut memang ngga makan babi.


Berlanjut ke kisahnya berikutnya: Seinget aku, aku belum pernah makan daging babi (mudah-mudahan waktu kecil pas dateng ke pesta orang Cina aku ga pernah salah makan daging). Tapi aku jadi khawatir waktu denger rekaman ceramah seorang mantan misionaris, Bapak Matius (bagusnya namanya diganti dengan nama yang Islami). Ceramah aslinya dalam Bahasa Sunda, kemudian aku terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia yang jika dituliskan kurang lebih sebagian inti ceramah tersebut adalah sebagai berikut:


“Yahudi dan Nasrani mencoba menghancurkan Islam: Islam harus hancur, terutama di Pulau Jawa, khususnya Jawa Barat, suku Sunda. Salah satu cara menghancurkan Islam dan umat Islam ialah melalui makanan. Makanan yang dimakan harus mengandung minyak babi. Mie Indomie dan Supermie mengandung minyak babi dan gelatin (sumsum babi). Makanan tersebut terasa gurih, berminyak dan membuat ketagihan (rasanya enak).”

[Waktu kecil aku dilarang makan mie karena aku suka sakit, paling sesekali dibolehin makan Supermie tanpa bubuk cabai. Udah gede aku dibolehin makan mie, mie yang paling aku suka adalah sbb: Mie Sedap goreng digoreng pake telor (kayak omelet), trus Mie Indomie Empal Gentong dan Indomie Goreng Rendang. Walaupun demikian aku juga coba berbagai merek dan varian mie lainnya seperti ABC, Mie Gelas, Pop Mie, hanya saja asupan mie ke dalam tubuh aku sangat dibatasi sehubungan dengan perut aku yang ga tahan kalo banyak makan mie, mie bisa bikin aku sakit typhus. Tubuh aku sangat sensitive dan rapuh. -> Mungkin punya radar tersendiri untuk makanan tertentu yang membahayakan.

Sampai saat ini aku masih mengkonsumsi mie namun hanya dalam jumlah yang sangat terbatas. Aku menghimbau kepada setiap produsen mie dan makanan agar membuat produk-produk yang benar-benar hallalan thayiban.]

“Waspadai:  
1) Ice Cream.
Es krim mengandung gelatin babi.
Kotoran babi dipakai sbg pupuk. 70% daging babi u makanan konsumsi orang Islam. 30% lipstick, bedak, hand body, odol, sikat gigi, sabun, kapsul, vitamin, campuran makanan, minuman. Makanan yang mengandung babi ini dapat menyebabkan perut gedut, selulit, penyakit darah tinggi, jantung, kolestrol dan maag. Mengenai makanan yang mengandung babi, telah dilakukan penelitian oleh IPB, atas usulan MUI.”



Syawal 1434 H: Mengenai es krim, aku membaca ulang majalah Paras N0. 49/Tahun V/Oktober 2007, P. 89 dan Alhamdulillah menemukan artikel yang menyajikan informasi mengenai bahan es krim. Berikut kutipannya:  

“Dr. Ir. Sugiyono M. App.Sc, dosen Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan, Institut Pertanian Bogor, menjelaskan, “Gelatin banyak dipakai sebagai pengental atau stabilizer/ pembentuk tekstur es krim karena bagus hasilnya. Umumnya bajan gelatin diimpor dari luar negeri dan kebanyakan mereka membuatnya dari bahan babi. Artinya sangat rawan bagi konsumen Muslim.”

Boleh jadi pengolahan es krim dilakukan di tengah masyarakat muslim, namun unsur yang membentuknya berasal dari luar yang terambil dari zat hewan yang diharamkan. “Sebenarnya sudah ada produsen gelatin dari sapi yang mendapat sertifikat halal,” Sugiyono menambahkan. Sementara pendapat lain juga menawarkan pengganti gelatin  dengan bahan nabati yang bias berfungsi sama, yaitu sebagai penstabil.

Namun, di sini teruji lagi komitmen produsen es krim, apakah peduli dengan keamanan religius bagi konsumen yang mayoritas muslim di Negara ini. Nyatanya, kesadaran itu belum optimal, kita masih dihantui dengan tercampurnya bahan makanan atau minuman dengan yang terlarang.” 

[Ice Cream: Waktu kecil, aku suka sedih soalnya aku ga boleh makan atau minum es termasuk es krim karena suka sakit. Beberapa kali dibolehin makan es krim tapi hanya boleh makan sedikit, kalo aku mau es atau es krim, orang tua aku biasanya bilang kira-kira: nanti kalo udah besar. Pas udah besar, aku dibebasin makan es krim, aku seneng banget. Walaupun ga sering beli tapi es krim merupakan makanan yang aku sukai, aku pernah makan berbagai jenis es dari berbagai merek es krim seperti: Woody, Campina, Walls, Indoeskrim Meiji, Haagen Dazs (lupa tulisannya jadi Googling untuk tulisan yang benernya), Gentong, Aneka. Es krim yang dulu biasanya aku beli adalah berbagai produk Walls.  Sekarang aku jarang banget makan es krim, membatasi makan es krim. Anw kadang-kadang aku juga  makan es nong-nong/ es puter pake roti atau pake semprong, kalo es tersebut hallal ga ya?

Kosmetik: Dulu aku pernah pake diantaranya: Putri, Belia, Marks, Pigeon, Kelly, Vaseline, Kluge, Sari Ayu, Mustika Ratu, Ponds, Olay, Wardah, Viva, Avon, Oriflame, La Tulipe, Lancome dan lainnya bahkan merek abal-abal yang aku ngga ngeh namanya pun ada yang pernah aku pake. Aku sempet ga bisa lepas dari make up, ga pede kalo ga pake make up (meskipun make up sering membuat muka aku iritasi).
-> Aku mulai mengenal mengenakan make up saat kecil untuk perform menari, karnaval, drama dan mengikuti beberapa lomba peragaan busana daerah namun mulai ketergantungan pada make up bermula ketika SMU, saat aku masuk sanggar modeling dan sanggar acting. -> Baru-baru ini aku denger ceramah bahwa ajang macam modeling dan kontes kecantikan merupakan kebiasaan zaman Firaun. Masya Allah.
Sehubungan sekarang aku udah ngeh dengan adanya larangan bagi Muslimah untuk berhias selain bagi suaminya, jadi sejak kurang lebih setahun belakangan aku ga lagi pake make up paling cuma pake pelembab ringan untuk bayi atau untuk dewasa, itu pun jarang dipake, yang paling sering dipake cuma bedak bayi atau bedak kesehatan. Anw aku sempet malu sendiri waktu beberapa waktu lalu baca sebuah artikel majalah (Femina) mengenai para suster Nasrani di villa Gedono, mereka semua ga pake make up dan mereka nampak percaya diri, sedangkan aku pernah sangat ga pede kalo ga pake make up. Mudah-mudahan Allah memberi hidayah kepada para suster tersebut untuk memeluk Islam. Amin.
Alasan utama aku berhenti memakai make up memang karena berdasarkan aturan agama yang aku yakini, kemudian alasan berikutnya aku memilih ga pake make up adalah karena kulit aku super sensitive.

Pasta gigi: Pasta gigi yang pernah dan ada pula yang masih aku pake diantaranya: Pepsodent, Ciptadent, Close Up, Sensodyne, Formula.

Minuman: Dari kecil aku kurang suka minuman bersoda tapi aku suka minum susu, susu yang pernah (ada juga yang masih) aku minum diantaranya: Morinaga, SGM, Frisian Flag, Enak, Nona, Dancow, Milo, Ovaltine, Anlene, dan Hi Lo. Aku sesekali minum teh dalam kemasan botol: Sosro, Nu Green Tea atau pernah juga minum Teh Pucuk Harum, sesekali aku juga minum teh kotak, aku cenderung menghindari minuman teh dalam kemasan gelas. Waktu kecil aku suka banget Nutrisari pas kuliah aku addicted sama Pop Ice yang dicampur jelly, cokelat dan keju. Dulu aku cenderung menjauhi kopi karena lambung aku ga kuat, aku hanya sesekali minum kopi seperti Produk Nescafe berikut Krimer, Torabika Capucinno, Indocafe Capucinno, kopi-kopi varian Good Day, pernah juga minum TOP Coffee dan Luwak White Koffie. Namun beberapa waktu lalu aku sempet suka banget kopi produk kelas dua dari Kapal Api: ABC Susu dan ABC White Coffee soalnya lebih kerasa susunya, ga bikin sakit lambung, terlebih karena lebih terasa manisnya. -> Anw aku pernah baca di majalah (Swa) bahwa nama Kapal Api tercipta karena sang pemilik perusahaan terkesan dengan sejarah keluarganya bahwa nenek moyang sang pemilik perusahan yang berasal dari Tiongkok datang ke Indonesia dengan menggunakan Kapal Api. Nah, kayaknya kalo aku bikin merek dagang namanya “Kapal Karam” soalnya aku pernah baca juga di majalah (Noor) bahwa salah satu istri kake moyang aku datang dari Tiongkok terus kapalnya karam gitu di Cirebon. -> Intermezo. * Batik "Kapal Kandas".

* Batik "Kapal Kandas" dikaitkan dengan sejarah salah satu istri kake moyang aku, namun demikian aku ingin menyampaikan bahwa aku tidak menemukan keterangan mengenai "kapal kandas" di dalam buku yang pernah aku baca: "Babad Tanah Sunda/ Babad Cirebon" yang pada prakata buku tersebut terdapat keterangan yang intinya bahwa buku tersebut merupakan terjemahan dari tulisan otentik huruf Arab berbahasa Cirebon.

Oya aku mau protes: Kenapa iklan kopi ABC pake acara gangnam style? mood aku buat beli dan minum kopi itu jadi sangat menurun drastis. -> Aku ga pernah menyengaja nonton video asli tarian orang-orang kurang waras ini (gangnam style), hanya pernah liat sekilas tayangan serta pemberitaanya di tv.-> Melalui tulisan ini, aku hendak meminta maaf kepada semua fihak yang pernah melihat aku, baik secara langsung maupun melalui video, menari apalagi menari seperti orang gila di hadapan khalayak. Aku bertaubat dari perilaku demikian, mudah-mudahan Allah mengampuni aku. Amin.

PS: Buat seseorang. Daripada kamu mengharuskan diri untuk menari gangnam style, serta mengharuskan diri membuat baju tidak menutup aurat, lebih baik kamu mewajibkan diri  untuk memeluk Islam kemudian mewajibkan diri untuk membuat baju-baju menutup aurat sesuai syariat Islam, jika kamu benar-benar paham cara mensyukuri bakat yang telah Allah berikan kepada kamu.
Aku hanya bisa mendoakan seseorang tersebut: Semoga Allah memberikan hidayah kepada seseorang tersebut untuk masuk dan memeluk Islam.

Kira-kira merek-merek yang aku sebut di atas aman dari unsur “ba” ga ya? 100 % hallalan thayiban ga ya?

-> Setelah mendengarkan ceramah tersebut aku jadi ga yakin sama label hallal yang tertera dalam setiap produk, tapi aku ga bisa sembarang men-judge karena aku ga punya bukti atau belum tau pengumuman resmi dari fihak-fihak terkait yang berwenang (BPOM dan MUI) mengenai daftar makanan yang tidak hallal.

Aku menghimbau agar iklan setiap produk dibuat sesuai syariat Islam. Kemudian aku juga menghimbau kepada setiap produsen kosmetik, makanan dan minuman agar membuat produk-produk yang benar-benar hallalan thayiban. Berikut aku menyarankan para produsen kosmetik untuk tidak membuat produk dengan warna mencolok tapi hanya warna natural, sesuai warna kulit. Terlebih aku menghimbau diri sendiri dan para wanita berhias hanya untuk suami.

Poin ke 2 bukan mengenai babi tapi tetap makanan haram:

2) Daging ayam.
Penyuluhan misionaris yang dilakukan ke pasar-pasar: Ayam dipotong 2 ekor 2 ekor, asal potong terus masukin air panas -> bangkai. Untuk itu lebih baik beli ayam hidup lalu di potong di rumah.
Makanan yang diharamkan dalam Islam berdasarkan surah Al Maidah: 3 dan Al Baqarah: 173 diantaranya: bangkai, darah, babi dan binatang yang disembelih bukan atas nama Allah.
Waspadai juga tepung pada ayam goreng tepung seperti Kentucky karena tepungnya dicampur dengan gelatin.”

[Daging Ayam: Btw sejak lama aku membatasi makan ayam negeri karena kulit aku ga tahan, bisa alergi. Walaupun demikian aku masih makan ayam termasuk ayam McD, KFC, CFC hanya saja dalam jumlah yang terbatas dan jarang. Aku menghimbau kepada setiap penjual ayam, para produsen makanan untuk membuat dan menjual produk-produk yang benar-benar hallalan thayiban.]

3) Cokelat
Contoh: Silver Queen, Chacha, Delfi, Van Houten. Baca komposisi: yang menggunakan bahasa Inggris. Lecitin (lemak/minyak) -> minyak babi.
Pa Matius pernah ditangkap polisi dan dipenajarakan karena mengungkap mengenai kandungan minyak babi dalam cokelat. -> Nasrani banyak uang jadi kalo ada yg macem2 bayar polisi u nangkep.
Lesitin Soya (kacang kedelai), lecitin nabati (tumbuh-tumbuhan), vegetable oil (minyak sayur), gelatin untuk campuran minyak dan bikin gurih. -> Padahal mengandung minyak babi.”

[Huaa, cokelat kan camilan favorit aku. Kenapa ada orang tega sejahat itu masukin minyak babi ke makanan favorit aku? -> Ini pertanyaan retoris. -> Jawabannya sudah ada di Al Qur’an (diantaranya Al Baqarah: 120) dan Al Hadits (salah satunya dalil Al Hadits yang aku kutip di awal tulisan ini).

 Itu lagi polisi samanya sama penjahat.

Cokelat: Aku makan berbagai jenis cokelat, aku suka makan Silver Queen including Chunky Bar, Cannon Balls, Cha-Cha, Delfi, Gery, Ichiban, Van Houten, Superman, Better, Top, Beng-Beng, dan masih banyak lagi. Anw aku baru tau dari iklannya kalo Ferrero Rocher itu cokelat tradisi hari raya orang kafir, kalo begitu aku jadi ga mau beli cokelat tersebut (kecuali jika cokelat tersebut 100 % hallal, iklannya sesuai aturan Islam serta tidak meniatkan dan mengaitkan dengan tradisi kemusyrikan dan kekafiran). -> Anw thanks to fihak cokelat tersebut yang udah menyampaikan informasi secara terbuka. Oia dulu aku suka makan cokelat yang berisi wine atau liqueur, tapi sekarang udah ngga lagi, alhamdulillah udah tobat, alcohol haram. Sekarang aku masih makan berbagai macam jenis cokelat hanya dalam jumlah terbatas.



Anw salah satu saudara aku pernah bilang yang intinya bahwa dia nonton tayangan mengenai narasumber perwakilan dari kepolisian, Gories Mere (selanjutnya aku sebut GM), yang menyangkal informasi mengenai adanya minyak babi dalam berbagai produk makanan. -> Maaf, kalo ternyata aku salah menyebut narasumbernya, walaupun demikian aku mau bilang mengenai GM: Aduh kan GM itu Kristen, aku liat data dia dan keluarganya di buku angkatan kepolisian punya salah satu saudara aku. Aku jadi berpikir bahwa dia membela umat Nasrani. Dulu GM ini aku anggap jagoan aku soalnya suka nangkepin terroris, tapi pas dipikir-pikir lagi ternyata yang ditangkepin itu orang Islam, bahkan Muslim yang mencoba menegakkan syariat Islam, astagfirullah. Mudah-mudahan Allah memberi hidayah kepada Gories Mere dan keluarga untuk memeluk Islam. Amin. Sekarang aku mendukung dan mendoakan ustad Abu Bakar Ba’asyir, mudah-mudahan Allah memberikan maghfirah dan rahmat-Nya kepada beliau. Amin.

Aku menghimbau kepada setiap produsen makanan agar membuat produk-produk yang benar-benar hallalan thayiban.]

4) Permen
Permukaan permen licin krn pake lecitin dan gelatin.”
[Permen: Aku cukup suka permen, beberapa merek premen yang pernah aku makan: Benson, Kopiko, Relaxa, Kis, Pagoda, Fox, Ricola, Mintz, Sugus, Yupie, Froz, Fisherman, Alpenlibe, Chupa Cup, berbagai permen karet. Aku menghindari Strepsils yang biasanya bikin lidah atau gusi aku berdarah. -> Akunya sensitive. Permen yang paling aku suka adalah Alpenlibe Eclairs. Aku masih makan permen, hanya dalam jumlah terbatas.
Aku menghimbau kepada setiap produsen makanan agar membuat dan menjual produk-produk yang benar-benar hallalan thayiban.]

Jika aku sakit, aku kerap memohon kesembuhan kepada Allah swt, hanya saja ada sakit berupa kelemahan yang aku syukuri seperti tidak tahan mengkonsumsi mie dan daging ayam negeri dalam jumlah tertentu serta kulit sensitif, aku bersyukur karena kelemahan tersebut membantu aku untuk lebih berhati-hati dan membatasi asupan makanan serta membatasi penggunaan produk lainnya. -> Terlebih setelah aku tahu bahwa di dalam Islam dilarang makan dan minum berlebihan.
 

5) Keju
Gelatin dipakai sebagai campuran keju. Susu dapat bertahan lama hingga menjadi keju karena menggunakan gelatin babi. Terutama keju bola/ keju lilin dari Belanda.”

[Keju: Sejak beberapa generasi kue keju merupakan kue kesukaan dan kue andalan keluarga aku. Selama ini aku ga pernah nge-check label hallal bahan-bahan untuk membuat kue keju namun setelah menyimak ceramah yang sedang aku bahas aku jadi nge-check. Setelah aku check ternyata keju bola/ keju lilin “Finest Selected Dutch Edam Cheese: Victoria” (bergambar ayam jago) tidak terdapat label hallal. Keju tersebut produksi Frieslandcampina: Wolvega, Holland; diimpor dan didistribusikan oleh PT Sukanda Djaya: Ancol Timur, Jakarta. Selain itu mentega H. J. Wijsman & Zonen, Wijken Aalburg, Holland; diimpor dan didistribusikan oleh CV Makmur Abadi: Jakarta.

Sejak mengetahui hal tersebut, aku menghimbau keluarga aku untuk tidak mengkonsumsi keju dan mentega yang tidak berlabel hallal, dan melarang keras penggunaan bahan-bahan tersebut ke dalam kue yang dibuat untuk dijual atau diberikan kepada orang lain. Sampai Syawal 1434 H ini aku menyayangkan masih adanya anggota keluarga aku yang tetap menggunakan keju bola/keju lilin sebagai bahan campuran pembuatan kue keju khususnya kue untuk konsumsi pribadi keluarga aku. Namun demikian aku bersyukur, alhamdulillah, ada anggota keluarga aku yang telah berniat untuk meninggalkan penggunaan keju bola/keju lilin selama keju tersebut belum memiliki label hallal dan menggantikannya dengan keju Kraft yang terlebih dahulu diparut lalu dipanggang di oven. -> Atau mungkin menggunakan jenis keju lain seperti keju bola/keju lilin namun memiliki label hallal.

Aku dan keluarga masih mengkonsumsi keju seperti: Kraft, Natura Young ala Gouda, juga mentega: Blue band. -> Keju dan mentega yang memiliki label hallal.
Aku menghimbau kepada setiap produsen dan distributor makanan agar membuat dan menjual produk-produk yang benar-benar hallalan thayiban.]

6) Dendeng dan bakso
Dendeng dan bakso yang terbuat dari daging babi. -> Kebanyakan pelakunya orang Cina. (Cina atau Tionghoa – pen.)”

[Dendeng dan Bakso: Aku jarang banget makan dendeng; serta walaupun ga sering, aku makan bakso (mudah-mudahan bukan bakso babi).

Aku liat acara di tv One yang menampilkan tester pendeteksi daging babi: terima kasih untuk acaranya yang informatif khususnya berkaitan dengan haramnya babi, salut untuk alat pendeteksi babi yang inovatif, alhamdulillah. Alat pendeteksi tersebut dapat memudahkan para peneliti dan para petugas pengawas makanan dalam meneliti kehallalan makanan. Hanya saja, hal utama yang dibutuhkan aku sebagai masyarakat awam dan kaum Muslimin pada umumnya bukanlah alat pendeteksi tersebut tetapi (informasi) makanan yang memang benar-benar hallal, jadi aku harap pemerintah terutama lembaga-lembaga terkait (khususnya Departeman Kesehatan, BPOM, MUI) dapat memberi informasi yang benar mengenai makanan yang benar-benar hallalan thayiban.-> Menurut aku, sepertinya tidaklah efisien jika suatu produk telah memiliki label hallal, tapi masyarakat umum masih harus mengecek atau meneliti ulang kehallalan makanan yang telah berlabel hallal tersebut.


Masukan aku untuk fihak-fihak terkait adalah sbb: Mengawasi produksi makanan (dan berbagai produk lainnya) dengan ketat. Selain itu sudah seharusnya daftar produk makanan haram (mengandung zat haram, berbahaya atau tidak layak dikonsumsi) diumumkan ke masyarakat, jangan ada yang ditutup-tutupi agar masyarakat tahu dan tidak terjebak untuk mengkonsumsi makanan yang haram atau membahayakan. Selain itu, pemerintah dan lembaga-lembaga terkait menindak tegas para pelaku pelanggaran agar para pelanggar jera dan dapat mengikuti aturan terutama aturan yang sesuai dengan syariat Islam.  

FYI, aku suka baca Republika Online terutama baca berita mengenai Islam dan umat Islam. (03.01.13 malem -> 21 Shafar 1434 H) aku baca artikel mengenai pengawasan kehallalan makanan. -> Aku berterima kasih atas informasi yang baik dan Islami, namun demikian aku menghimbau ROL menyuguhkan informasi baik berupa berita, iklan (apa pun yang dimuat dalam laman tersebut) yang sesuai dengan syariat Islam serta memuat informasi yang mengarahkan pembaca untuk mewujudkan tegaknya syariat Islam.Syukron.

Btw aku juga nonton acara di NHK mengenai pengawasan kehallalan makanan di negeri tetangga, menurut aku acara tersebut bagus dan dapat menjadi masukan untuk pemerintah Indonesia juga untuk para produsen makanan di Indonesia. -> Mudah-mudahan para petugas di Indonesia bisa bekerja sekeras dan secerdas para petugas di negeri tetangga, bahkan lebih baik dari mereka. Mudah-mudahan para pengusaha (khususnya produsen makanan dan minuman) dapat mencontoh perilaku jujur dan benar dari para pengusaha negeri tetangga tersebut, bahkan dapat berperilkau lebih baik dari mereka. Mudah-mudahan pemerintah dan pengusaha negeri jiran dapat mempertahankan bahkan meningkatkan kinerja baik yang telah dilakukan. Mudah-mudahan aku dan umat manusia semuanya dapat berperilaku sesuai syariat Islam. Amin.

-> Kaum Muslimin memang diharuskan berlomba-lomba dalam kebaikan, walaupun demikian kaum Muslimin dimanapun berada (di Indonesia, di negeri jiran dan di seluruh muka bumi) diwajibkan untuk bersatu padu di jalan Allah. Mudah-mudahan Allah mempersatukan kaum Muslimin di muka bumi ini di jalan Allah. Mudah-mudahan Allah meridhai kaum Muslimin di dunia dan di akhirat. Amin.

Emangnya ga ada ya zat macam gelatin dan minyak tapi dari sapi atau domba, supaya hallal?

Syawal 1434 H: Alhamdulillah, pertanyaan ini terjawab saat aku baca ulang majalah Paras N0. 49/Tahun V/Oktober 2007, seperti telah disebutkan pada kutipan di atas bahwa telah ada gelatin sapi yang bersertifikasi halal. Alhamdulillah. Semoga setiap produsen makanan dan minuman menggunakan bahan-bahan hallal untuk setiap produknya. Amin.
  Buat orang-orang Cina yang masih melanggar: Insyaf dong, kalo mau terus buat pelanggaran silakan pulang ke Cina jangan tinggal dan jangan bisnis di Indonesia! 
-> Di Indonesia mayoritas penduduknya Muslim, jadi sudah sewajarnya untuk berbuat atau mencontohkan sesuatu yang baik dan benar sesuai syariat Islam, menaati syariat Islam.

Aku menghimbau kepada setiap produsen dan distributor makanan agar membuat dan menjual produk-produk yang benar-benar hallalan thayiban.]


Dalam ceramah mengenai strategi penghancuran umat Islam ini juga sedikit dibahas menganai sport, film and fashion. -> Maaf aku tidak membahasanya dalam tulisan ini.
Beberapa hal yang sangat penting dari ceramah tersebut diantaranya adalah: bahwa Yesus/ Nabi Isa a.s adalah utusan Allah; kaum Muslimin harus kembali kepada Al Qur’an, yakini Al Qur’an; makmurkanlah mesjid.

Sekali lagi aku ingin menyatakan bahwa sudah sepatutnya umat Islam terutama lembaga-lembaga terkait yang berwenang (Departemen Kesehatan, BPOM, MUI) lebih teliti dalam mengawasi berbagai macam produk termasuk mengawasi setiap pabrik serta lebih tegas dalam menindak para pelanggar. Mudah-mudahan pemerintah dan kaum Muslimin dapat bersatu padu bekerja sama membasmi babi dari muka bumi.
 


[Tulisan ini aku buat untuk memenuhi kewajiban aku sebagai Muslim untuk saling nasihat menasihati di jalan Allah, juga sebagai salah satu upaya pemenuhan janji aku untuk membantu nabi Isa Almasih a.s sesuai kemampuan aku. Mudah-mudahan Allah ridha. Amin.

1090. Dari Abu Hurairah r.a., katanya Rasulullah saw. bersabda: “Demi Allah yang diriku dalam genggaman-Nya! Sesungguhnya akan turun kepadamu Ibnu Maryam menjadi hakim yang adil. Maka dipecahnya salib, dibunuhnya babi, dihapuskannya pajak, dan harta kekayaan akan melimpah ruah, sehingga tidak seorang jua pun yang mau menerima.” (Terjemah Hadits Shahih Bukhari Jilid II. Page: 287)

Melalui tulisan ini, aku juga ingin menyampaikan kepada umat Nasrani bahwa Isa Almasih itu utusan Allah. Isa Almasih selalu menyatakan bahwa beliau adalah utusan Allah, beliau selalu menyeru untuk menyembah hanya kepada Allah. -> Seperti kata Abi aku dan banyak orang lainnya: setiap nabi dan rasul (dari sejak Adam as hingga Muhammad saw) selalu membawa pesan tauhid bahwa tiada Tuhan selain Allah. Dengan demikian, menurut aku, jika ada yang mengaku rasul lalu menyatakan ada tuhan lain selain Allah, maka -walaupun orang itu berjuang dengan gigih dan berani- dapat dipastikan bahwa orang itu adalah rasul palsu.]

Aku memang belum dapat berhenti mengkonsumsi banyak produk yang disinyalir mengandung zat-zat haram seperti yang telah aku sebutkan di atas, namun saat ini aku membatasi asupan makanan pabrikan yang masuk ke tubuh aku. Aku menghimbau diri sendiri dan kaum Muslimin untuk membatasi asupan makanan, jika sanggup dan tidak ada halangan lakukanlah ibadah shaum sunnah Senin-Kamis.

Aku mengajak para pengusaha non-Muslim yang produk-produknya aku sebut di dalam tulisan ini juga para pengusaha non-Muslim yang produk-produknya tidak aku sebut dalam tulisan ini serta para non-Muslim seluruhnya untuk masuk dan memeluk Islam. Maukah kalian masuk dan memeluk Islam?



Kemudian jika mereka mendebat kamu (tentang kebenaran Islam), maka katakanlah: “Aku menyerahkan diriku kepada Allah dan (demikian pula) orang-orang yang mengikutiku.” Dan katakanlah kepada orang-orang yang telah diberi Al Kitab dan kepada orang-orang yang ummi 190): “Apakah kamu (mau) masuk Islam”. Jika mereka memeluk Islam, sesungguhnya mereka telah mendapat petunjuk, dan jika mereka berpaling, maka kewajiban kamu hanyalah menyampaikan (ayat-ayat Allah). Dan Allah Maha Melihat akan hamba-hamba-Nya. [Ali ‘Imran (3): 20]

190). Ummi artinya ialah orang yang tidak tahu tulis baca. Menurut sebagian ahli tafsir yang dimaksud dengan ummi ialah orang musyrik Arab yang tidak tahu tulis baca. Menurut sebagian yang lain ialah orang-orang yang tidak diberi Al Kitab.

  
Wallahu’alam.
Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah utusan Allah.

2011/1432 H
21/11/12 -> 07 Muharram 1434 H
202425/12/12 -> 06101112 Shafar 1434 H
E.A.P:
26293031/12/12 -> 12151617 Shafar 1434 H 
03040712/01/2013 -> 2122242930 Shafar 1434 H 
1431/01/2013 -> 0319 Rabiul Awal 1434 H 
02/02/2013 -> 2122 Rabiul Awal 1434 H 
17/02/2013 -> 07 Rabiul Akhir 1434 H 
15/08/2013 -> 08 Syawal 1434 H 
24/08/2013 -> 17 Syawal 1434 H